Followers

Sabtu, 02 Januari 2010

DPR Siapkan Sanksi Bagi Kementerian Dengan Serapan Anggaran Rendah

Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang menyiapkan sanksi bagi Kementerian/Lembaga (KL) dengan serapan anggaran yang rendah di tahun 2010 nanti. Salah satu sanksinya adalah pengurangan nilai anggaran yang diminta.

Menurut Ketua Badan Anggaran sekaligus anggota Komisi XI DPR-RI Harry Azhar Azis, pihaknya akan menelusuri penyebab rendahnya penyerapan anggaran tersebut, apakah di tingkat atas atau di tingkat bawah.

"Kalau (penyerapan) rendah kan bisa banyak faktor penyebabnya. Nanti kita telusuri siapa yang bikin enggak jalan atau tersendat," katanya ketika dihubungi detikFinance , Sabtu (2/1/2010).

Menurutnya, selain sanksi, DPR juga akan menyiapkan reward jika anggaran yang disediakan bisa terserap habis. Ia mengaku, pihaknya masih akan membahas sanksi dan penghargaan tersebut.

Salah satu sanksi yang bisa diberikan kepada KL tersebut adalah dikuranginya jumlah anggaran yang diberikan untuk tahun berikutnya. "Kalau terus-terusan tidak terserap kan berarti ada yang salah dengan departemen itu, apakah menterinya tidak kerja atau memang staffnya. Lebih baik dikurangi saja," jelasnya.

Tidak hanya di tingkat KL, pihaknya juga akan memeriksa serapan anggaran hingga ke tingkat pemerintah daerah, bahkan kabupaten/kota. Menurutnya, justru di tingkat daerahlah pemberian anggaran belum merata.

Sebagian daerah mendapat jatah banyak namun realisasi minim, sedangkan sebagian lagi diberi jatah minim dengan kebutuhan yang cukup banyak.


sumber:detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments