Followers

Kamis, 11 Februari 2010

GM dan NASA Kembangkan Robot Canggih Robonaut 2



BARU-BARU ini General Motors (GM) mengumumkan kerjasamanya dengan Lembaga Antariksa Amerika Serikat NASA untuk membangun obot humanoid baru yang dinamai Robonaut 2. GM NASA Robonaut 2 akan bekerja berdampingan dengan manusia dan membantu astronot selama misi ruang angkasa berbahaya. GM berharap petualangan angkasa luar ini akan membantu mereka dalam membuat mobil yang lebih aman.

Melalui perjanjian Space Act Agreement, para insinyur dan ilmuwan dari NASA dan GM tengah bekerja sama di Johnson Space Center di Houston untuk membuat Robonaut 2, memanfaatkan teknologi kendali, sensor dan visi terkini.

Lewat bantuan dari Oceaneering Space System dari Houston, kedua organisasi ini mengembangkan dan membangun robot generasi lanjutan Robonaut 1. Dengan teknologi yang lebih maju, Robonaut 2 atau R2 bisa lebih cepat dan lebih tangkas.

R2 dapat menggunakan tangannya untuk melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh humanoid sebelumnya. R2 dapat dipastikan dapat bekerja bersama manusia secara aman saat di bumi maupun di luar angkasa.

"Robot berteknologi canggih ini sangat menjanjikan tidak hanya bagi NASA, tapi juga untuk bangsa," ujar Doug Cooke sebagai penanggung jawab di bagian Exploration Systems Mission Directorate, saat ia berada di kantor pusat NASA di Washington AS.

"Saya sangat gembira atas pengembangan robot serbaguna yang mampu menawarkan berbagai aplikasi luas ini," tambah Cooke.

"Bagi GM, ini tentang mobil-mobil dan pabrik-pabrik yang aman," kata vice president for global research & development GM Alan Taub.

"Jika diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan di masa depan, kecanggihannya dalam teknologi pengendalian, sensor dan visi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sistem keselamatan kendaraan yang lebih maju lagi," papar Taub.

Sejatinya, ide menggunakan robot mirip manusia yang mampu menggunakan tangannya untuk pekerjaan yang rumit bukanlah hal yang baru di industri penerbangan. Robonaut awal, aslinya merupakan robot humanoid yang dirancang untuk perjalanan angkasa, dibuat oleh divisi perangkat lunak, robotika dan simulasi di Johnson dalam sebuah upaya kerjasama dengan Defense Advanced Research Project Agency 10 tahun lalu.

Pengalaman inilah yang membuat kemampuan NASA kian terasah dalam membangun teknologi robot untuk aplikasi ruang angkasa. Kemampuan robot ini akan membantu NASA meluncurkan era baru dalam mengekplorasi ruang angkasa.

"Tantangan kita saat ini untuk membangun mesin yang dapat membantu manusia mengeksplorasi ruang angkasa. Bekerja berdampingan dengan manusia, atau digunakan di mana risiko terlalu besar bagi manusia. Mesin seperti Robonaut akan memperluas kemampuan kita dibidang ilmu pengetahuan dan penemuan " kata direktur Johnson center Mike Coats.

NASA dan GM memiliki sejarah panjang dalam bekerjasama dalam pengembangan teknologi utama. Sejak 1960-an keduanya telah mengembangkan sistem navigasi untuk misi Apollo. GM juga memainkan peran penting dalam pengembangan Lunar Rover Vehicle, kendaraan pertama yang digunakan di bulan.

1 komentar:

  1. The Abercrombie and Fitch style has lived much longer than Abercrombie its counterparts from the 1980s; Abercrombie Sale it may be because of its relatively Cheap Abercrombie inoffensive style or Abercrombie outlet because people just love animals, abercrombie Jeans but it's less frowned upon.Today you can find high quality blanket and sheet sets in a cheetah print. Abercrombie Pants These are common enough that you could Abercrombie Tees even go to a department store and find them, so you should have no problem finding cheetah printed sheets Abercrombie Shorts and blankets if they are what you are looking for. Abercrombie Sweaters These can be a great accent to a more contemporary home theme, though obviously are not great for homes that are more conservatively or classically decorated. Curtains that have this type of pattern are more difficult to come by. You may have to go to interior design specialty stores, or look online order to find curtains with cheetah spots printed on them. However, in most cases if you can find them, they are usually not very expensive.

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments