Followers

Minggu, 07 Maret 2010

dibalik rencana kedatangan obama ke indonesia




Presiden AS Barack Obama dan keluarganya akhirnya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Obama akan datang ke Indonesia pada pertengahan bulan Maret. Tujuan kunjungan Obama ke Indonesia tidak hanya akan melakukan kunjungan kenegaraan, tetapi akan lebih dari itu, rumah masa kecilnya di kawasan Menteng dan menikmati nasi goreng nampaknya juga akan menjadi agenda Obama dalam kunjungannya ke Indonesia. Sebelumnya rencana kunjungan Obama ke Indonesia pada tahun lalu dibatalkan.

Dalam kunjungan Obama ke Indonesia bulan Maret mendatang, Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan secara resmi meluncurkan US-Indonesia Comprehensive Partnership, sebuah inisiatif di mana Amerika Serikat akan memperluas dan memperkuat hubungan dengan Indonesia untuk menangani isu-isu regional dan global.

“Ada diskusi tentang penyusunan isi kemitraan komprehensif yang akan diluncurkan,” kata Jurubicara Presiden, Dino Patti Djalal. “Makna dari kunjungan adalah untuk mengintensifkan hubungan Indonesia-Amerika untuk beradaptasi dengan tantangan abad ke-21.” Dino mengatakan hubungan itu tidak memiliki keseimbangan dalam masa lalu, dengan fokus terutama pada catatan Indonesia pada demokrasi, hak asasi manusia dan Timor Timur. “Kami ingin ini menjadi hubungan yang lebih komprehensif, yang meliputi bidang-bidang seperti energi, lingkungan, kesehatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, perdagangan, investasi, orang-ke-orang kontak dan banyak lainnya,” katanya. “Trade volume pada tahun 2008 adalah $ 20 miliar. Pada tahun 2009, itu menurun karena krisis ekonomi. Investasi masih belum mencapai potensi penuh, jadi ada banyak aspek perdagangan yang masih dapat dikembangkan.” Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia dapat memainkan peran dalam memecahkan masalah-masalah dunia, termasuk perubahan iklim dan ekstremisme, katanya.

Tanggal yang tepat kunjungan Barack Obama ke Indonesia masih belum diketahui karena alasan keamanan. Gedung Putih mengatakan pada hari Senin lalu, bahwa Obama akan mengunjungi Indonesia dan Australia pada paruh kedua bulan Maret, namun Dino mengatakan dia mengharapkan Obama datang ke Indonesia di minggu kedua bulan Maret. Obama, yang tinggal di Jakarta selama hampir empat tahun sebagai seorang anak, akan didampingi oleh Michelle Obama dan anak perempuan mereka Malia dan Sasha. “Ketika pertama kali Ibu Ani bertemu dengan Michelle Obama di London, Michelle mengatakan ia sudah ingin berkunjung ke Indonesia, tetapi mereka ingin membawa serta anak perempuan mereka agar ayah mereka dapat menunjukkan kepada mereka di mana dia tinggal,” kata Dino

Dalam kunjungan delegasi Presiden AS Barack Obama pada akhir Maret 2010 nanti akan disepakati setidaknya 6 bidang kerjasama antara Indonesia dan AS. Hal ini disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (23/2/2010). “Akan ada 6 agreement (perjanjian),” kata Hatta. Keenam sektor dalam kerjasama tersebut antara lain bidang investasi, pendidikan, kehutanan, pertanian, migas, dan lainnya. Sayangnya Hatta tidak merinci kesepakatan apa saja dari keenam sektor tersebut. “Mereka menyediakan investasi yang cukup besar,” katanya.

Ia mengungkapkan di bidang investasi tren minat investasi di Indonesia pasca krisis terus menunjukan tren yang meningkat dari banyak negara termasuk dari AS. Menurutnya yang paling penting saat ini Indonesia harus mengambil peluang tersebut. “Investasi memang bukan hanya minatnya saja, tapi realisasi bisa didorong,” katanya.

Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, ke Indonesia dipastikan akan meningkatkan status hubungan bilateral. Pasalnya, dalam kunjungannya yang akan dilakukan Maret mendatang, Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhyono kemungkinan akan mengumumkan Perjanjian Kemitraan Komprehensif (Comprehensive Partnership Agreement/CPA) Indonesia – AS.

Demikian menurut pejabat Amerika dan Indonesia. Juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, mengungkapkan bahwa selama kunjungan ke Jakarta, Obama akan meresmikan Kemitraan Komprehesif AS-Indonesia. “Itu merupakan inisiatif baru untuk memperkuat hubungan antara AS dan Indonesia dalam menangani isu-isu regional dan global,” kata Gibbs.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, mengungkapkan bahwa pembicaraan CPA sudah dimatangkan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton akhir Januari lalu. “Di sela-sela pertemuan internasional mengenai Afganistan di London, Inggris, kedua menteri telah menyiapkan agenda-agenda pembicaraan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Salah satunya adalah mematangkan perjanjian CPA,” kata Faizasyah, Selasa (2/2). Menurut Faizasyah, CPA itu akan memuat kerjasama bilateral multi-sektor. “Ini akan menjadi payung kerja sama bilateral yang akan membawa hubungan kedua negara menjadi lebih erat di berbagai sektor, mulai dari kerjasama ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain,” kata Faizasyah.

Presiden Obama dijadwalkan berada di Indonesia pada 20-22 Maret mendatang. Di tempat masa kecilnya ini, Obama dan keluarga berencana mengunjungi sejumlah tempat di antaranya Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jaksel dan Candi Borobudur di Yogyakarta. Tak ketinggalan, pria berkulit hitam ini akan menengok bekas rumah dan SDN 01 Menteng, tempatnya menimba ilmu. Jadwal paling penting adalah pertemuan Obama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-44 ini akan dijamu dengan pemerintah Indonesia termasuk diberi kesempatan menyampaikan pidato di hadapan jajaran pejabat negara juga tamu undangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments