Followers

Rabu, 14 April 2010

10 Hal Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Prosesor

Spoiler for Buka Dulu:
Tahu prosessor ? pasti !

Karena pada setiap unit electrnic pada dasarnya memiliki prosessor. Tetapi kita lebih cenderung memahaminya prosessor hanya dimiliki oleh komputer.

Dan kebetulan yang kita bahas pada hari ini, memang hanya berkenaan dengan prosessor yang yang digunakan pada komputer.

Kamus online terbesar didunia memberikan deskripsi sebagai berikut :

The Central Processing Unit (CPU) or the processor is the portion of a computer system that carries out the instructions of a computer program, and is the primary element carrying out the computer’s functions. This term has been in use in the computer industry at least since the early 1960s [1]. The form, design and implementation of CPUs have changed dramatically since the earliest examples, but their fundamental operation remains much the same.


1. Suhu prosesor lebih panas dari kompor

Benarkah ? lihat fakta berikut : Thermal Power loss prosessor panasnya mencapai 125 watt per cm kuadrat yang kemudian menghasilkan panas. Sementara kompor listrik biasanya hanya berkisar 7 sampai 10 wattt per cm kuadrat.

2. Prosesor Pertama

Intel 4004 adalah micoprosesor pertama, yang dijual dipasaran seharga US$ 200 pada tahun 1971 dan hanya terdapat 2.300 transistor, bandingkan dengan prosessor intel Core i7 yang sudah menggunakan teknologi 45 nmyang memiliki 731.000.000 transistor.

3. Kelanggkaan silikon tidak nyata

Saat ini prosesor sebagian terbuat dari silikon, dan paling banyak digunakan dimuka bumi setelah oksigen. Manusia juga membutuhkan silikon minimal 30 mg perhari. Dan sumber wikipedia menyebutkan bahwa sumber silikon yang baik berasal dari Beer.

4. Satu kepala = satu miliyar transistor

Data yang diperoleh dari SIA menyebutkan bahwa pada tahun 2010 ini akan diproduksi 1 miliyar transistor untuk setiap penduduk dunia.

5. Sang Pionir

Jack Kilby telah dinobatkan sebagai Bapak Prosessor. Ini bermula ketika pada tahun 1958 Jack Kilby membuat sebuah integrated circuit pertama. Dan hasil jerih payahnya ini Jack Kilby mendapat Hadiah Nobel untuk bidang Fisika pada tahun 2000 silam.

6. CPU tercepat didunia

Mungkin banyak yang berfikir bahwa CPU intel yang paling cepat pada saat ini. Tapi pada kenyataannya justu “Venus” yang merupakan prosesor tercepat didunia pada saat ini. Prosesor prototype dari fujitsu ini dapat menyelesaikan 128 milyar operasi komputer perdetik. Dan ini 2.5 kali lebih cepat dari CPU keluaran Intel yang terbaru.

7. CPU buatan sendiri


Steve Chamblin, membangun sebuah CPU dengan menggungkan logic-module dan menggunakan 2.500 kabel untuk proyek yang dinamakannya “Big Mess of Wires”, kecepatannya hanya 2 MHz.

8. Prosessor Alien

Pernah nontofon Film ET (Extra Teresterial ) ?, pada film tersebut alien membangun komunikasi antar planet, dan core yang digunakan adalah TMC 2018, buatan Texs Instruments dan merupakan prosessor synthesizer pertama.

9. Error Inside

Pada tahun 1994, intel mengeluarkan prosessor kelas pentium pertama tetapi sayang tidak berfungsi normal mulai angka 5 desimal. Dan akibatnya intel harus mengeluarkan 475 Juta dollar untuk mengatasi masalah klaim.

10. Lemah Tapi Mahal

Silicon berbentuk bulat dan hanya 4 bagian yang dapat digunakan untuk membuat chip. Dan karenya inilah harga silikon menjadi mahal

1 komentar:

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments