Followers

Rabu, 28 April 2010

12 Pasar Legendaris dan Unik di Jakarta

1. Pasar Ikan Muara Angke
Pic :



Jl. Raya Muara ANgke dekat Pantai Indah Kapuk dan Muara karang (buka 24 jam)

Ada bursa kerang, sentra pusat produksi otak-otak dari ikan tenggiri, ikaan awetan (jambal roti, peda tongkol, cumi telor asin, pari kipas dll) sampai ikan basah dari berbagai perairan (Babel, Natuna, Buton, Wakatobi)

Datang sore hari sampai malam biar ga tersengat bau laut. Pakai sepatu karet. Ada juga resto pengolah hidangan ikan yang baru dibeli. Harga biasanya lebih murah 60% dari harga dipasar lain.

2. PASAR BARU
Pic :



Jl. Pasar Bau, Jak Pus (buka jam 9 - 22)

Dibangun dari tahun 1820. Produk utama : sepatu dan sandal kulit, tekstil impor dan jas pria, grosir peralatan dan produk untuk perawatan salon. Di hari kerja, harga relatif lebih rendah daripada libur/wiken.

3. PASAR KUE SUBUH
Pic :



Pelataran parkir pusat perdagangan Senen (dari jam 3 - 6 pagi)

Semua jajan pasar dan berbagai jenis kue, cake dan pastry. Harga makin murah kalau beli dalam jumlah besar. Makin pagi datangnya, makin banyak pilihan tersedia, jam 5 udah tinggal sisa2

4. PASAR EMAS CIKINI
Pic :



Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat (Senin - Sabtu jam 9 - 17)

Berbagai produk emas tersedia. Harga mengacu pada standar harga bursa nasional yang ada di koran / internet. Jangan jual atau blei emas waktu hari Minggu karena kisaran harga tidak pasti.

Toko Emas sekarang terletak diantara kios buah2an dan pakaian

5. PASAR BURUNG PRAMUKA
Pic :




Jl Pramuka setelah perlintasan KA Jatinegara - Senen, arah Pulo Gadung
(jam buka 6 - 17 sore, paling ramai kalau sabtu minggu)

Aneka burung berbagai jenis dijual dan tersedia di sana. Merupakan pasar burung terbesar di Asia. Jangan lupa pakai topi kalau kesana agar tidak jadi sasaran kotoran burun dari sangkar2 yang di gantung. Ada juga yang menjual aneka hewan piaraan dari hamster sampai ular.

6. PASAR INDUK BERAS CIPINANG
Pic :



Jl Raya Cipinang (buka Senin - Sabtu dari jam 7 - 17)

Merupakan pusat perdagangan beras terbesar di Indonesia. Kualitas beras yang diual adalah beras lokal dan kualitas medium. Harus membeli dalam jumlah besar, alias per karung goni 60 kg. Harga beras relatif lebih murah daripada yang dijual di supermarket. Pastikan dulu isi beras itu sesuai dengan kantong pembungkusnya, suka ada yang curang. Pembayarannya : tunai

7. PASAR BATU AKIK RAWA BENING
Pic :



Jl. Bekasi Barat Raya, depan stasiun Jatinegara (buka setiap hari jam 9 - 17)

Beraneka ragam batu berharga dijual di pasar sumpek ini. Dari saphire, ruby, mata kucing, topaz dll. Juga ada batu permata berkadar 80% dari bangkok dan india. Paling banyak : batu akik. Bahan batu akik berasal dari sukabumi, palembang, sri lanka, kolombia dan persia. harga jual dihitung per 200mg. Bila batu jernih dan mengeluarkan cahaya ketika kena sinar, harganya makin tinggi. Gunakan tas dengan kancing tertutup dan hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan saat berbelanja di sini.

8. PASAR MAINAN PRUMPUNG
Pic :



Jl. Jend. Basuki Rahmat, Jakarta TImur (Senin - Sabtu dari jam 10 - 4 sore, minggu bisa tutup satu jam lebih lama)

Pusat grosir mainan anak-anak terbesar di Jawa, baik dari CIna, Korea, Jepang dan Indonesia. Ada yang tak kalah kualitas dibanding yagn ada di mall. Lorong pasarnya sempit jadi jangan bawa anak kecil dan tas yang besar. Kalau mau dapat harga tawaran yang bagus, datang di hari kerja.

9. PASAR INDUK KRAMAT JATI
Pic :



Jl. Raya Bogor, jakarta Tmur

Pasar tradisional terbesar se Asia Tenggara. Ada 5500 kios di sini. Belanja sayur mayur dan buah-buahan dalam jumlah besar, datang menjelang subuh, harga masih miring - bisa 50% lebih murah dari harga di pasar dekat rumah. Tidak perlu kuatir kualitas buah dan sayur rusak, karena ada gudang pendingin di pasar itu. Kalau barang rusak, karena ga bisa dicek - dos ga bisa dibuka waktu beli, catat nomor hp penjualnya untuk antisipasi.

10. PASAR BARANG BEKAS TAMAN PURING
Pic :



Taman Puring, Mayestik Kebayoran (jam 9 - 6 sore)

Dari barang elektronik, sepatu, jaket kulit, alat olahraga sampai kristal, barang antik, keris.....ada di sini. kamera antik sampai kamera paling modern juga ada. Makin langka suatu barang, makin tinggi harganya. Pasar ini jarang didatangi wanita, jadi kalo mo datang bawa teman pria. Jangan pakai perhiasan atau pakaian yang mencolok.

11. PASAR BUNGA RAWABELONG
Pic :



Jl. Sulaiman, Rawabelong - Palmerah (buka 24 jam)

Pusat bursa bunga potong yang dipasok dari CIpanas, Lembang, Dieng, Malang. Tulip Belanda juga ada. Tempat membuat kembar mayang buat pengantin juga karena ada jual daun janur. Paling baik datang jam 5 - 7 pagi pas mobil2 delivery baru datang.

12. PASAR IKAN HIAS SUMENEP
Pic :



Jl. Sumenep, Menteng, Jakarta (buka jam 9 - 5 sore)

Jual berbagai ikan dari air laut maupun air tawar dan keperluan obat2an untuk ikan dan akuarium, pakan ikan, karang dan lain sebagainya, termasuk perawatan ikan sakit. Jangan sembarangan memasukkan tangan anda ke dalam akuarium yang dijaja, siapa tau ada ikan piranha atau ikan listrik.

1 komentar:

  1. wah kren kren atuh maz..? pliss add me cacing_edan212@yahoo.co.id atau di wawan_ki@yahoo.com bisa juga di www_dermawan@ymail.com atauuuuuu di kampungindiesumatera@gmail.com kita sharing yukkk /

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments