Followers

Kamis, 15 April 2010

4 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Pemimpin Bangsa

Spoiler for satu:
1. Makan makanan bergizi

yang dimaksud bergizi adalah makanan yang memenuhi unsur "4 sehat 5 sempurna". Unsur-unsur pembentuk "4 sehat 5 sempurna" adalah:

A. Makanan pokok (sumber karbohidrat dan energi)
makanan utama yang berfungsi sebagai sumber sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya: Nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

B. Lauk-pauk (sumber protein)
lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya: Tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

C. Sayur-mayur (sumber mineral)
sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh: Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan sebagainya.

D. Buah-buahan (sumber vitamin)
mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya: Apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan sejenisnya.

E. Susu (untuk pembentukan tulang dan gigi)
susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

Dengan makan makanan bergizi secara teratur, senantiasa agan-agan akan sehat selalu karena zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh agan-agan sudah terpenuhi.

Spoiler for 4 sehat 5 sempurna:







Spoiler for dua:
2. Olahraga yang teratur

berikut ini beberapa manfaat penting olahraga bagi tubuh:

akal yang sehat
olahraga itu penting bagi tubuh dan akal secara bersamaan. Sebab olahraga memperbagus fungsi akal serta membantu sampainya oksigen ke bagian otak dan menjalankan tugasnya dengan efektif.

memperkuat ingatan
berdasarkan hasil riset-riset amerika, orang-orang yang melakukan olahraga secara teratur dapat melalui ujian-ujian kecerdasan dengan sukses yang jauh melebihi orang-orang yang tidak melakukan olahraga. Ini merupakan bukti bahwa olahraga dapat berfungsi memperkuat ingatan, dan ini tentunya dapat mencegah terserang penyakit ketuaan, sebab di saat melakukan latihan olahraga, darah dan oksigen terpompa ke bagian otak.

fisik yang kuat
jika anda ingin kuat sepanjang hidup, anda harus menjaga bobot tubuh secara teliti. Demikian juga anda harus menjaga pola gizi kesehatan anda dan melakukan latihan-latihan secara teratur untuk mengaktifkan proses metabolisme.
Namun jika anda tidak melakukan olahraga, maka anda akan menderita kelemahan pada usia 30 sampai 70.tahun disebabkan kelemahan serat-serat otot. Anda harus selalu ingat bahwa otot-otot memiliki fungsi yang penting dalam proses metabolisme. Karena ketika otot-otot bergerak, maka hal itu akan menambah pembakaran lemak dan kalori.

menurunkan tekanan darah tinggi
selain itu faktor-faktor yang juga menyebabkan mengapa olahraga penting dilakukan adalah untuk menstabilkan tekanan darah tinggi di dalarn tubuh. Maka tidak melakukan olahraga dan pola gizi yang buruk dapat membantu naiknya tekanan darah.

terbebas dari kolesterol
sudah dimaklumi bahwa kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan terserang penyakit tbc, penyakit*penyakit jantung dan paru-paru. Melakukan olahraga sebanyak tiga kah dalarn seminggu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalarn darah, tentunya di samping memperhatikan pola-pola makan yang sehat.

perasaan fit dan bugar
sebagian besar penelitian modern telah membuktikan bahwa olahraga ringan dapat menjauhkan rasa capek dan memperbaiki emosional serta menjaga kelangsingan. Badan. Yang dimaksud dengan olahraga ringan adalah berjalan kaki di taman-taman umum, berenang, senam-senam yoga dan senam-senam aerobik ringan

rileks dan tidur
olahraga dapat membantu proses rileksasi dan tidur pulas dengan mudah, dan mencegah penyakit susah tidur (insomania). Karena olahraga meningkatkan produksi adrenalin yang dapat membantu proses rileksasi begitu lampu dipadamkan. Oleh karena itu, harus tersedia waktu khusus untuk melakukan olahraga guna meringankan stres dan membantu proses rileksasi dan tidur yang cukup.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dianjurkan melakukan hal-hal berikut:
- menghindari latihan-latihan berat dan mulai melakukan latihan-latihan ringan.
- menyusun target-target yang realistic merupakan motivasi untuk terus melakukan olahraga.
- mulai melakukan olahraga selama 20 menit sehari sebanyak tiga kali dalam seminggu.
- menambah waktu latihan secara bertahap hingga sampai satu jam sehari selama lima hari dalarn seminggu.
- bagi yang perokok, sah-sah saja untuk merokok. Tetapi harus diimbangi dengan olahraga yang cukup dan pola makan yang sehat.

Tips dari dosen ane:
Untuk laki-laki, disarankan berjalan kaki sejauh 8 km per hari. Sedangkan untuk perempuan, 6 km per hari.

Spoiler for olahraga teratur:





Spoiler for tiga:
3. Istirahat yang cukup

tidur merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan.

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.

Dengan waktu tidur yang cukup maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam.

Kegunaan dari tidur yang cukup :
- regenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru.
- memperlancar produksi hormon pertumbuhan tubuh.
- mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian.
- meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.
- menambah konsentrasi dan kemampuan fisik.

Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

Ane punya tips dari dosen ane gan:
Jika kita mengantuk saat siang hari, lebih baik kita melakukan tidur selama beberapa menit (disarankan ±7 menit saja) dengan posisi badan lurus menghadap ke atas, dan buka lebar-lebar tangan kita lalu letakkan di bawah paha.
Beliau mengatakan bahwa ini lebih baik daripada tidur siang selama mungkin.

Hal ini dikuatkan dengan artikel di bawah ini gan:
http://planetcaang.blogspot.com/2010...dur-siang.html
http://ouwch.multiply.com/journal/it...at_tidur_siang

Spoiler for istirahat yang cukup:



Spoiler for empat:
4. Mengerjakan pekerjaan yang bermanfaat

pekerjaan yang bermanfaat itu relatif. Apa yang menurut kita bermanfaat, belum tentu menurut orang lain itu bermanfaat. Oleh karena itu, lakukanlah pekerjaan yang bermanfaat menurut agan-agan sendiri dengan baik. diharapkan bermanfaat juga bagi orang lain.

kalo dosen ane sih ngasih contohnya menulis buku harian.

Spoiler for perkerjaan bermanfaat:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments