Followers

Sabtu, 24 April 2010

Bahaya Meniup Minuman Panas

disini saya cuma mau share aja bukan bermaksud untuk sok tau atau sok ilmiah jadi kalau misalkan ada kesalahan mohon dikoreksi oleh agan" semua, ane yakin agan" di kaskus banyak yang labih pinter dari ane.

jadi begini gan singkat cerita pas semalem ane ngopi dan kebetulan kopi ane itu panas ane teringet waktu SMA, waktu itu guru kimia ane pernah bilang kalo minuman panas jangan ditiup karena nanti struktur molekul dalam air akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan.

jadi mungkin begini penjelasan ilmiahnya


Spoiler for Air:

seperti yang kita ketahui air memiliki nama ilmiah H20.
ini berarti didalam air terdapat 2 buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen dimana 2 atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen.
lalu bagaimana bisa meniup minuman panas membahayakan kesehatan ??

telah kita ketahui pula jika kita bernafas maka kita akan menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2).

Spoiler for Nafas:


dalam kasus ini yang menjadi masalah adalah bila kita meniup minuman panas tersebut, karena air akan bersenyawa dengan karbon dioksida yang kita hembuskan.
hal ini dapat dijelaskan dengan rumus sebagai berikut :
H20 + CO2 = H2CO3
H2CO3 adalah senyawa asam karbonat, atau dengan nama lain karbon dioksida dalam air.
zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita.
senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh
tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.

jadi gan saran dari ane adalah kalo agan minum minuman yang panas sebaiknya ditunggu dulu agar minuman itu dingin secara alami, atau kalau agan tidak sabar menunggu bisa dikipas agar minuman itu cepat dingin.

2 komentar:

  1. Jd keinget salah 1 hadis Nabi Muhammad SAW (sy lupa teksnya bagaimana) yg beliau melarang meniup minuman yg masih panas, kemudian bbrapa ulama menghukumi makruh... :)

    Thanks for all post... :)

    BalasHapus
  2. posting yg sangat berguna mas (^_^)...trs kalau meniup makanan panas ada efek negatifnya gk ya mas.???ditunggu balasannya

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments