Followers

Senin, 26 April 2010

Bandara Tertinggi di Dunia


Pada awal tahun 2010 ini, kita mendengar bahwa pemerintah China akan membangun bandara tertinggi di dunia, Nagqu Dagring Airport di Nagqu, Tibet. Bandara yg diproyeksikan selesai pada 2014 ini akan dibangun di ketinggian 4,436 m.

Nah, untuk yg sekarang, di manakah bandara tertinggi di dunia?



Bandara tertinggi di dunia saat ini terletak di Tibet juga, tepatnya di Qamdo Prefecture.

Spoiler for Qamdo:









Qamdo Bangda Airport terletak di ketinggian 4,334 m. Bandara ini berjarak 2,5 jam perjalanan darat (137 km) dari pusat kota Qamdo. Jauhnya jarak dari pusat kota ini disebabkan sulitnya menemukan area datar yang memungkinkan untuk dibangun sebuah bandara.

Spoiler for Qamdo Bangda Airport:












Qamdo Bangda Airport juga memiliki landasan pacu (runway) terpanjang dunia. Panjangnya adalah 5,500 m. Ini dimungkinkan karena kondisi alam dan geografis Qamdo membuat pesawat membutuhkan landasan pacu yg lebih panjang.

Spoiler for Runway:








Setiap pengunjung yg mendarat di bandara ini selalu diingatkan untuk turun perlahan-lahan dari pesawat, karena kebanyakan dari mereka akan merasakan pusing dan mual akibat langsung menghirup oksigen yg tipis.

Satu-satunya maskapai yg beroperasi di Qamdo Bangda Airport adalah Air China, dengan destinasi Lhasa (Tibet) dan Chengdu (China).


Sumber: Xinhua, Wikipedia, Google

Ada yg mau coba ke sana?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments