Followers

Kamis, 15 April 2010

Danau Yang Bisa Membunuh Orang dan Hewan dalam Sekejap

Danau Nyos / Lake Nyos, adalah kawah berisi air yang terletak di ketinggian gunung berapi tidak aktif di Northwest Province, Cameroon.

Lake Nyos Pics (BWK) :


Spoiler for nyos:



Sekilas tidak ada yang salah dengan danau ini. Tapi pada tahun 1986 terjadi sebuah bencana yang menimbulkan korban sekitar 1700 orang dan 3500 ekor ternak , dan tentu saja pelaku utamanya Lake Nyos ini.

Spoiler for victims:



Note: saya tidak memasukkan gambar korban manusia karena terlalu mengenaskan
Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Quote:
Limnic eruption atau biasa disebut Lake overturn adalah kejadian dimana gas CO2 yang berada di dalam danau bergerak keluar melalui permukaan danau. Peneliti menduga tanah longsor menyebabkan gas CO2 keluar dan menghasilkan ledakan.

Ibaratnya seperti botol soda yang setelah dikocok kemudian dibuka tutupnya. Terdengar suara ledakan dan gas didalam botol akan merembet keluar.

Kemudian Lake Nyos menghasilkan kabut CO2 yang 1,6 juta tonnes (1 tonne = 1000 kilograms ) secara tiba-tiba dan menuruni lembah dengan kecepatan 100km/jam, menyebabkan penduduk dan ternak mati lemas. Korban ditemukan mengalami luka bakar hebat disertai nanah. Bayangkan tiba-tiba anda melihat kabut kemudian anda tewas dalam sekejap karena tidak bisa bernafas. Seperti itulah gambaran situasi pada saat musibah terjadi.
Solusinya?

Para peneliti menukan cara agar bencana ini tidak terulangi lagi. Yaitu dengan memompa air yang mengandung CO2 dari bawah danau keluar, sehingga perubahan tekanan pada air yang dipompa menyebabkan gas CO2 keluar secara perlahan-lahan.

Spoiler for degassing:


sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments