Followers

Selasa, 13 April 2010

Fosil Dinosaurus 'Gesit' Ditemukan di Cina

Fosil salah satu jenis dinosaurus paling gesit telah ditemukan di Cina. Dinosaurus yang ditemukan tim ilmuwan itu termasuk salah satu dinosaurus terkecil.

Spoiler for gambarnya gan..:


Dengan panjang hanya setengah meter, dinosaurus jenis Xixianykus zhangi itu mungkin menggunakan cakar besar untuk menggali dan menemukan semut dan rayap.

Binatang purba itu menggunakan kecepatannya untuk melakukan gerakan di antara gundukan tanah sarang semut dan menghindari perhatian pemangsa yang lebih besar. Rincian penemuan ini dipublikasikan dalam Jurnal Zootaxa.

"Proporsi tungkai Xixianykus termasuk salah satu yang paling ekstrim yang pernah dicatat untuk dinosaurus theropoda," ujar Dr Corwin Sullivan, ahli paleontologi Kanada yang bertugas di Akademi Ilmu Pengetahuan Cina di Beijing dan ikut menyusun laporan penelitian tersebut, Kamis (1/4).

Misalnya, kata Sullivan, bagian kaki atas theropoda yang berukuran kecil, atau femur atau tulang paha, sangat kecil, jika dibandingkan dengan kaki bawah. Pola serupa terlihat pada banyak binatang yang bisa berlari cepat dan hidup sekarang ini.

Suatu tim peneliti internasional menemukan dinosaurus itu menjadi fosil di Formasi Majiacun Kretaseus Atas, di kawasan Xixia di Provinsi Henan, Cina.

Ini kali pertama dinosaurus jenis itu ditemukan di Cina. Beberapa fragmen kerabatnya pernah ditemukan di Mongolia Dalam.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Dr Xing Xu dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, menemukan kerangka tak lengkap Xixianykus. Beberapa ciri-ciri kerangka tersebut memperkuat anggapan bahwa Xixianykus adalah pelari yang sangat cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments