Followers

Selasa, 27 April 2010

Game Psikologi Penggali Potensi

Info tentang kokologi..

Spoiler for kokologi:
Kokologi berasal dari gabungan bahasa Jepang (kokoro yang berarti pikiran, semangat, perasaan) dan bahasa Yunani (logia yang berarti ilmu). Dapat diartikan Kokologi adalah seri permainan psikologi untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang. Fokus utama Kokologi adalah menganalisis psikis terdalam seseorang dengan menggabungkan dua teori psikologi kenamaan, Freud dan Jung. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam Kokologi biasanya mengharuskan kita untuk mengkhayal, berfantasi.

Siapkan alat tulis atau handphone atau sebagainya untuk mencatat jawaban anda..
Kita mulai permainannya

1. Ketika anda jalan-jalan mengitari perumahan, anda melewati jalan yang tidak pernah anda lalui sebelumnya. Di samping jalan, anda melihat sebuah rumah yang menurut anda salah satu rumah impian yang selalu anda inginkan. Sesaat sebelum anda mengagumi rumah itu, anda mengamati bahwa pintu rumah itu setengah terbuka. Mengapa pintu itu terbuka?
1. Rumah itu kemalingan
2. Pemiliknya lupa menguncinya
3. Pemiliknya ada di dalam rumah

2. Suatu hari seekor burung berwarna biru masuk ke kamar anda melalui jendela dan terperangkap di dalam. Somehow, anda tertarik untuk memelihara buku ini sehingga anda pun memutuskan untuk memeliharanya. Akan tetapi esok hari anda terkejut karena burung itu berubah warna menjadi kuning! Pun lusa berubah lagi menjadi merah terang, dan di hari ketiga berubah menjadi hitam. Akan berubah menjadi warna apa burung ini ketika anda bangun di hari kelima?

1. Burung tidak berubah warna, tetap hitam
2. Burung berubah kembali menjadi biru
3. Burung berubah menjadi putih
4. Burung berubah menjadi emas

3. Sebuah mug berwarna putih polos diserahkan pada anda bersama kuas berwarna biru untuk diberi pola. Kira-kira pola apakah yang akan anda lukis di mug tersebut?
1. Garis-garis
2. Titik-titik yang menari bersaling-silang
3. Centang
4. Garis-garis yang berombak

4. Pertama bayangkan diri anda memandang hamparan biru langit yang membuat anda begitu bersemangat. Lalu alihkan mata pikiran anda untuk melihat pemandangan lain. Manakah yang membuat anda merasa paling tenang dan santai?
1. Dataran penuh salju putih
2. Lautan biru
3. Gunung yang hijau
4. Padang yang penuh dengan bunga matahari

5. Anda baru saja membeli majalah mingguan populer dan membawanya pulang untuk dibaca. Bagaimana cara anda membaca isi majalah tersebut?
1. Membaca seluruh majalah secara urut dari awal sampai akhir
2. Langsung membaca artikel yang menarik dan hanya membaca itu
3. Membuka secara acak dan membaca apa saja yang menarik
4. Membaca majalah dengan urutan yang selalu sama

Jika sudah selesai memilih, tulislah jawaban anda di selembar kertas kemudian jika sudah yakin tidak akan mengubahnya, anda bisa mendapatkan penjelasannya di bawah..

Jawaban

Spoiler for Pertanyaan 1:
1. Rumah itu kemalingan
Kamu selalu mengira yang terburuk dalam banyak situasi. Oleh sebab sifat mudah panik, kamu tidak fokus terhadap krisis yang terjadi. Lain kali ketika sebuah muncul, penting bagimu untuk berpikir jernih dan mengambil nafas panjang berkali-kali.
2. Pemiliknya lupa menguncinya
Kamu bukan orang yang gampang terbawa terhadap sebuah krisis. Kebalikannya, kamu justru cenderung cuek dan mengatakan tidak ada krisis sama sekali. Dan hal ini akan berakibat buruk untuk kamu maupun lingkungan di sekitarmu.
3. Pemiliknya ada di dalam
Kamu tipe orang yang santai tetapi tetap waspada. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang matang. Tentu saja kamu masih memiliki kelemahan sebagai manusia biasa, tetapi kamu tidak menampilkannya di depan orang.

Spoiler for Pertanyaan 2:
1. Mereka yang mengatakan burung tetap hitam memiliki pandangan pesimis.
Anda cenderung untuk percaya bahwa sekali situasi menjadi buruk, maka ia tidak akan kembali normal. Ingatlah bahwa tidak ada hujan yang tak berhenti, tidak ada malam yang terus menerus.
2. Mereka yang berkata burung berubah biru kembali adalah orang yang optimis
Anda percaya bahwa kehidupan adalah campuran baik dan buruk. Tidak ada gunanya melawan kenyataan. Anda menerima kemalangan dengan tenang dan membiarkan segala sesuatunya berjalan sesuai jalur tanpa stres dan kekuatiran.

3. Mereka yang mengatakan burung menjadi berwarna putih adalah orang yang tenang dan tegas di bawah tekanan.
Anda tidak menghabiskan waktu untuk bersedih ketika masalah itu timbul. Jika situasi memburuk, anda akan merasa lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru untuk mencapai sasaran. Pendekatan proaktif seperti ini berarti segala sesuatu secara alami berjalan sesuai keinginan.
4. Mereka yang mengatakan burung berubah menjadi emas adalah orang yang tidak memiliki rasa takut.
Anda tidak mengenal tekanan. Bagi anda setiap krisis adalah kesempatan! Tapi berhati-hatilah untuk tidak over confidence. Ada batas tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi buta.

Spoiler for pertanyaan 3:
1. Garis-garis
Kamu memilih pendekatan yang langsung dan terarah, membuatmu menjadi pembuat keputusan yang baik untuk menyelesaikan masalah dan pandai mewujudkan sebuah rencana dalam waktu yang singkat. Secara alami orang akan memilihmu sebagai pemimpin dan pegangan saat menghadapi situasi sulit.
2. Titik-titik yang menari bersaling-silang
Kamu bersifat adaptif dan berjiwa seni. Ini menyebabkan kamu kadang-kadang terlihat keluar jalur atau eksentrik, tetapi kamu membuat kontribusi yang nyata sebagai kreator yang handal dengan v isi yang unik.
3. Centang
Kamu terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari, tetapi membuatmu terlihat seperti orang kebanyakan. Sedikit orang yang mampu untuk mengatur hidupnya dengan sangat efisien dan hasilnya adalah kamu selalu terlihat memiliki waktu, kesejahteraan, dan kehangatan yang orang lain butuhkan.
4. Garis-garis yang berombak
Bakatmu adalah membangun atmosfir atau situasi di mana orang akan mudah merasakan dan mengekspresikan cinta. Ini tidak berarti kamu membutuhkan perhatian, tetapi secara alami orang-orang akan merasa nyaman untuk memperhatikan dan mensuportmu. Tanyakan mereka yang mengenal dan mencintaimu-- dunia akan menjadi lebih baik dengan kehadiranmu.

Spoiler for Pertanyaan 4:
1. Dataran penuh salju putih
Kamu dberkati dengan sensitivitas khusus yang membuat anda mengerti situasi dengan pandangan sekilas dan menguraikan masalah rumit tanpa membutuhkan bukti atau penjelasan. Anda memiliki kemampuan menjadi pembuat keputusan dan bahkan seoran visioner. Percayailah intuisi anda yang pertama: mereka akan menuntun anda dengan baik.
2. Lautan biru
Anda memiliki bakat dalam hubungan inter-personal. Orang menghormati kemampuan anda berkomunikasi dengan orang lain dan cara anda membantu bermacam kelompok bersama-sama. Hanya dengan kehadiran anda, orang-orang akan bekerja lebih lancar dan efisien.
3. Gunung yang hijau
Bakat anda adalah berkomunikasi yang ekspresif. Anda selalu menemukan kata yang tepat untuk mengekspresikan apa yang dirasakan. Orang-orang segera menyadari juga bahwa itu sama persis dengan yang mereka rasakan. Anda akan selalu nampak dapat menolong orang lain menemukan sisi yang benar dari komunikasi.
4. Padang yang penuh dengan bunga matahari
Anda adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan gagasan dan potensi yang hampir tak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri dengan perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi.

Spoiler for pertanyaan 5:
1. Membaca seluruh majalah secara urut dari halaman pertama sampai terakhir
Anda adalah tipe orang yang tahu ke mana setiap sen uang Anda dan digunakan untuk apa. Bukan karena khawatir terhadap anggaran dan perencanaan keuangan, Anda hanya merasa lebih nyaman ketika Anda mengetahui dengan jelas posisi segala sesuatu. Anda tidak suka kehilangan kendali.
2. Langsung membaca artikel yang menurutmu menarik dan hanya membaca itu saja
Uang membuat lubang dalam saku Anda. Jika memilikinya, Anda menggunakannya untuk membeli apa pun yang menarik.
3. Membuka secara acak dan membaca apa saja yang menarik
Anda berkata diri Anda ekonomis. Beberapa orang menyebutnya kikir. Kenyataannya Anda tidak menggunakan sumber daya Anda dengan sembrono. Anda lebih suka menyimpannya untuk keperluan di masa datang.
4. Selama formatnya tidak berubah, kamu membaca majalah dengan urutan yang selalu sama
Anda terus menghabiskan uang sesuai dengan kebiasaan tanpa mempedulikan perubahan yang terjadi dalam hidup. Anda terlalu bersikeras dengan pilihan anda. Anda tidak kuatir dengan nasib di masa depan. Padahal merupakan gagasan yang baik jika menyerahkan urusan keuangan kepada sahabat atau kekasih anda.

6 komentar:

  1. wow
    menarik juga

    BalasHapus
  2. menarik... thanks

    BalasHapus
  3. it's my characters.. yeah really, many test I following but I get the same judge

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments