Followers

Selasa, 27 April 2010

jangan sepelekan sakit leher, bisa-bisa anda terkena kelainan kelenjar tiroid

Spoiler for inti permasalahan:
Ada sebuah organ penting terdapat di bagian leher yang disebut tiroid. Kelenjar ini terletak di dasar leher tepat di depan batang tenggorokan. Karena tempatnya sangat tersembunyi, organ ini tak dapat dilihat dari luar atau dirasakan ketika sedang menelan sesuatu. Namun satu hal yang pasti organ ini amat penting pengaruhnya bagi fungsi seluruh organ tubuh. Jika terjadi gagal tiroid, pengaruhnya buruk bagi kesehatan.

Spoiler for pic:
, ,

Spoiler for pembahasan lebih lanjut:
Dari survei terakhir terkumpul adanya 13 juta wanita di Amerika menderita gagal tiroid atau hypothyroidism. Gejala yang diderita umumnya tubuh lelah, lemah, sering lupa disertai kenaikan berat tubuh. Karena itu mereka kerap menduga sedang mengalami depresi.

Sedangkan para penderita tiroid yang fungsinya terlalu aktif (hyperthy roidism) cenderung gelisah, gugup, jantung berdetak cepat, sulit tidur dan berat badan turun. Pada diagnosa awal, biasanya mereka diduga menderita stres. Tentu saja, kondisi yang terbolak-balik ini akan merugikan.

Jika dibiarkan, penyakit ini bisa merongrong seumur hidup dan merusak kesuburan (ferlititas). Secara drastis, hypothyroidism memicu kenaikan kolesterol dan akhirnya mengarah ke depresi yang sebenarnya. Sedangkan hyperthyroidism berpotensi menyebabkan kelainan detak jantung (arrhytmia), lemah tulang dan otot. Anda harus berhati hati jika dalam silsilah keluarga terdapat kelainan tiroid,kata janet Amico, M.D., direktur Center for Thyroid Disorders di University of Pittsburgh Medical Center.

Fungsi kelenjar tiroid menghasilkan hormon-hormon yang memantau setiap organ agar berfungsi dengan semestinya. Kerja hormon tiroksin (T4) dan triodotironin (T3) sangat kompleks. Mulai dan mengatur detak jantung, suhu tubuh, pembakaran kalori, kekuatan otot sampai mempengaruhi selera, mood, fungsi otak, juga kehalusan tekstur kulit dan rambut. Jika ada kelainan yang menyebabkan kurangnya produksi T4 dan T3, maka pencemaan makanan menjadi lambat, lemah jantung, rambut dan kulit menjadi kering.

Kasus hypothyroidism yang dialami Zilfani Shanti membuatnya tidak mampu untuk mandi sendiri dan dalam tempo tiga tahun ia mengalami kegemukan. Umur saya baru 30 tahun tetapi hidup terasa begitu berat, keluhnya memelas. Di pihak lain, penderita hyper thyroidism seperti Ananda Rini bercerita, Tidur bagi saya adalah barang mahal. Saat tidur, jantung saya berdegup kencang seperti baru lari jauh. Selain itu tangannya selalu gemetar dan perut yang melilit. Produksi hormon T3 dan T4 yang berlebihan menyebabkan semua sistem tubuh bekerja sangat cepat. Penderita juga sulit bernafas dan mudah sekali kehilangan berat badan. Secara tidak sengaja, Ananda memeriksakan dirinya ke dokter karena sakit tenggorokan yang berhasil mendeteksi adanya pembengkakan tiroid.

Untunglah sebuah terobosan baru telah ditemukan dengan cara sederhana melalui tes darah. Tes yang sangat teliti ini bisa menangkap kenaikan dan penurunan kadar normal dan stimulasi hormon tiroid (thyroid stimulating hormone - TSH) sekecil apa pun. Biasanya sesudah di diagnosa dan diobati, kondisi penderita akan membaik. Zilfani Shanti akhirnya sembuh setelah memperoleh hormon sintetis pengganti T4. Denyut jantung, tekanan darah dan haid saya kembali normal dibarengi peningkatan konsentrasi ingatan. Berat tubuh saya juga sudah turun 20 kg, ungkap Zilfani lagi.

Ananda juga memperoleh pengobatan yang menghentikan kelebihan produksi hormon T3 dan T4. Malangnya, dua tahun kemudian ia mengalami hal yang sama. Karena itu dokternya menggunakan iodine radioaktif agar menghentikan produksi hormon. Semua wanita yang pernah mengalami kelainan tiroid ini harus menjalani pengobatan seumur hidup dengan pemantauan kadar hormon yang ketat. Bagi Ziffani dan Ananda hal ini tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah memperoleh kembali kehidupan yang tenang sehat-walafiat.

Spoiler for kesimpulan:
Sakit pada leher bisa diakibatkan gagal tiroid. Risikonya cukup besar jika dibiarkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments