Followers

Selasa, 13 April 2010

Oresund Bridge - Jembatan penghubung Swedia dan Denmark yg keren abis

Mungkin banyak yg belum ngeh, jadi keistimewaannya adalah jembatan ini terhenti di sisi Denmark pada sebuah pulau buatan, namanya Peberholm. Di pulau ini, jalan raya dan rel kereta apinya masuk ke terowongan bawah tanah dan bawah laut, untuk kemudian "nongol" di daratan Copenhagen

Update Info:
Alasan utama dibuat Peberholm dan terowongannya adalah agar tidak mengganggu lalu lintas pesawat di sekitar Oresund (Copenhagen Airport terletak tidak jauh dari situ). Selain itu, kapal yg melintasi selat Oresund tidak akan terhalangi oleh jembatan ini meskipun mungkin banyak yg berpikiran untuk membangun jembatan buka-tutup (kenyataannya kondisi geografis Oresund tidak memungkinkan untuk itu).




Oresund Bridge adalah jembatan yg menghubungkan dua negara Skandinavia (Swedia dan Denmark) di selat Oresund (lebih jauh lagi antara Eropa Daratan dengan Skandinavia). Oresund Bridge yg diresmikan pada 2 Juli 2000 ini menghubungkan dua area metropolitan, yaitu Malmo (Swedia) dan Copenhagen (Denmark). Jembatan ini mempunyai 4 lajur jalan raya dan 2 lajur rel kereta api dan merupakan yg terpanjang di Eropa (untuk kategori jembatan yg mengkombinasikan jalan raya dan rel kereta api).

Spoiler for Map:






Lalu apa yg keren? Apa yg "top banget" dari jembatan ini?

Jawabannya adalah:

1. Di ujung jembatan ini di sisi Denmark, dibuat pulau buatan, Peberholm. Jadi ujung jembatan ini di Denmark terhenti di Peberholm. Pulau ini mempunyai panjang dan lebar kurang lebih 4000 x 500 meter persegi.

Spoiler for Peberholm:






2. Di Peberholm, jalan raya dan rel kereta api-nya akan masuk ke Drogden Tunnel, terowongan yg nantinya menembus daratan dan lautan ke Copenhagen. Terowongan ini terbentang sepanjang 4050 m.

Spoiler for Drogden Tunnel:






Panorama Oresund Bridge yg lain

Spoiler for Oresund Bridge:












Info menarik lainnya

Spoiler for Info:

1. Oresund Bridge mempunyai panjang 7845 m dan lebar 23,5 m
2. Berdasarkan Schengen Agreement, tidak ada pemeriksaan pasport di jembatan ini (meskipun ada pemeriksaan bea cukai untuk arus masuk Swedia secara berkala).
3. Jembatan mulai dibangun pada 1995 dan selesai pada 14 Agustus 1999. Putra Mahkota Pangeran Frederik (Denmark) dan Putri Mahkota Swedia, Victoria, meresmikan jembatan (inaugurasi resmi sebenarnya baru dilakukan pada 1 Juli 2000).
4. Nama Peberholm dalam bahasa Denmark berarti Pepper Islet (pulau Lada) yg diberikan kepada pulau buatan di Oresund. Hal ini dianggap sebagai humor/lelucon bagi orang Denmark karena pulau di utara jembatan ini bernama Saltholm atau Salt Islet (pulau Garam)
5. Peberholm juga digunakan sebagai reservasi alam. Hanya ilmuwan dan ahli biologi saja yg boleh menginjakan kaki di luar area jalan raya dan rel kereta api di pulau ini. Pada Juni 2007, sudah 454 spesies tumbuhan dari pulau buatan ini yg didaftarkan.



Sumber: Wikipedia dan Google

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments