Followers

Selasa, 06 April 2010

Rekor Baru Uang Kertas Pecahan 100 Triliun Dollar

Zimbabwe kembali menghebohkan dunia dengan menerbitkan uang kertas pecahan 100 triliun dollar. Ini merupakan uang kertas dengan pecahan tertinggi. Sebelumnya, Zimbabwe sudah mengedarkan uang kertas pecahan tertinggi 100 miliar dollar.


Foto: Uang Kertas 100 Triliun Dollar

Penerbitan uang kertas dengan nilai spektakuler ini merupakan upaya terbaru negara Afrika itu untuk menahan hiperinflasi yang telah membuat perekonomian negara itu compang-camping. Uang kertas baru dengan 14 digit nol (100.000.000.000.000) itu akan setara sekitar 300 dollar AS atau sekitar Rp 3,3 juta.

Surat kabar pemerintah, Herald, melaporkan, Jumat (16/1), Reserve Bank of Zimbabwe juga akan menerbitkan tiga uang kertas lainnya dalam denominasi triliun dollar, yakni 10, 20, dan 50. Padahal, baru pekan lalu bank itu mengeluarkan uang kertas dalam denominasi miliar dollar, masing-masing 10, 20, dan 50 dengan tujuan yang sama.

Namun, uang-uang kertas itu tidak lagi cukup untuk menjaga hiperinflasi. Nilai mata uang dollar Zimbabwe terus turun setelah inflasi mendera hingga sebesar 231 juta persen pada Juli. Para pakar keuangan memperkirakan nilai inflasi akan naik lebih tinggi berkali-kali. (kompas..com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments