Followers

Selasa, 20 April 2010

RI Bantu Mesir Olah Eceng Gondok Sungai Nil

Jakarta - Indonesia telah sepakat untuk membantu Mesir untuk mengolah dan memanfaatkan tanaman eceng gondok sungai Nil mulai Juni 2010.

"Kesepakatan ini sebenarnya sudah terjadi beberapa tahun lalu, dan tindaklanjutnya akan ditandatangani Pak Menteri (Sjarifuddin Hasan) awal Juni 2010," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Guritno Kusumo, di Jakarta, Senin.

Itu artinya Indonesia telah sepakat untuk membantu pemerintah Mesir memanfaatkan tanaman eceng gondok yang tumbuh liar dan mulai mengganggu keseimbangan ekosistem di sungai Nil, Mesir.

Eceng gondok tersebut, kata Guritno, sebagian besar akan diolah menjadi bahan baku meubel dan kerajinan seperti yang selama ini dilakukan oleh pelaku UKM di Indonesia.

"Kami juga mempertimbangkan soal Haki (Hak Kekayaan Intelektual), bahwa produk bisa mereka gandakan tetapi hak paten dan idenya tetap milik kita. Itu tertuang dalam dokumen kerja sama yang akan ditandatangani," katanya.

Pihaknya masih membicarakan persoalan teknis tentang kerja sama tersebut. Menurut rencana, pihaknya akan mengirim sejumlah perajin eceng gondok ke Mesir untuk melatih masyarakat di sana mengolah eceng gondok.

Selain itu, pihaknya juga menggandeng Asmindo (Asosiasi Perajin Meubel dan Kerajinan Indonesia) untuk membentuk usaha patungan dengan perusahaan serupa di Mesir. "Kemudian kesepakatan akan berlanjut B to B antara Asmindo dengan pengusaha Mesir," katanya.

Soal penggunaan merek untuk produk yang akan dihasilkan, Guritno menegaskan, hal itu juga merupakan domain bisnis antara Asmindo dengan calon mitranya di Mesir. Imbal hasil kerja sama juga menjadi domain bisnis mereka. "Ini juga sebagai bentuk mempererat persahabatan dua negara antara Indonesia dengan Mesir," tambah Guritno.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments