Followers

Minggu, 11 April 2010

SEA DRAGON (Naga Laut)

Naga Laut (Sea dragon) seperti halnya Kuda Laut (Sea Horses) adalah salah satu dari tipe Pipe fish.
Naga laut, tidak seperti kuda laut yang memiliki ekor pengikat/pencengkeram. Namun, mereka mempunyai organ tambahan seperti alga yang membantu mereka untuk bergantung pada lamun. Organ ini juga membantu mereka untuk sembunyi didalam padang lamun yang sangat mereka sukai untuk hidup. Untuk membantu penyamaran mereka, naga laut bergerak maju mundur untuk menyamai gerak lamun ketika digerakkan oleh arus laut. Mereka memiliki berbagai warna, termasuk kuning, merah muda dan oranye
Tubuh dari naga laut sangat keras seperti baju zirah. Bagian terluar dari kulit yang keras ini disebut ‘Hide’ terbuat dari cincin bertulang. Cangkang luar ini membuat tubuh naga laut menjadi berat sehingga susah bergerak dan mudah ditangkap.
Naga laut suka makan udang mysid kecil yang disebut ‘sea-lice’, plankton dan ikan-ikan kecil. Mereka tidak punya gigi sehingga mereka makan dengan cara menyedot sedikit air yang mengandung mangsa mereka.
Naga laut memiliki ritual pacaran yang terjadi sebelum mereka kimpoi. Selama waktu ini laki-laki mengalami perubahan warna yang cepat ketika dekat dengan perempuan. Naga laut jantan membawa telur. Ini dikenal sebagai Paternal Brooding. Naga laut wanita meletakkan sekitar 200 telur merah muda di brood patch laki-laki yang terletak di sisi bawah ekor.
Naga laut merupakan spesies endemic di selatan WA dan Australia selatan. Mereka bias ditemukan di daerah yang punya padang lamun, padang alga dan sekitar terumbu karang. Dengan semakin berkurangnya padang lamun, naga laut semakin sempit ruang hidupnya. Mereka biasanya berenang di perairan dangkal tapi pernah juga terlihat di kedalaman 50 meter.
Naga laut dapat dipisahkan menjadi dua:
1. Leafy Seadragon
2. Weedy Seadragon

Leafy Sea Dragons
Phycodurus equus







Leafy seadragon mempunyai bagian tubuh seperti daun dari pada Weedy seadragon dan punya panjang kira-kira 15 cm. Spesies ini hanya ditemukan di pantai selatan Australia, Pulau Kangaroo, Australia selatan dan Rottnest Island.

Weedy Sea Dragons
Phyllopteryx taeniolatus





Weedy seadragon hidup dalam batuan yang tertutup kelp (alga) sekitar pantai selatan Australia, dari New South Wales tengah hingga Rottnest Island, Australia Barat. Weedy seadragon mempunyai hidung seperti pipa dengan mulut terminal kecil. Makanan mereka adalah mysid dan udang2an kecil dan mereka hidup pada umumnya di habitat Algae.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments