Followers

Sabtu, 03 April 2010

Share Manfaat Kacang Hijau



Berikut manfaat dari kacang hijau

Kacang Hijau mengandung banyak sekali manfaat. Untuk mengetahui manfaat-manfaat kacang hijau, kita harus mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu.

Per 100 gram kacang hijau, terkandung zat-zat bermanfaat sebagai berikut :
  • Protein 24 gram.
    Ini berarti kandungan protein kacang hijau cukup tinggi. Pada kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari, bisa dibilang kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik.
  • Lemak 1,3 gram.
    Lemak dalam kacang hijau cukup rendah. Ini berarti kacang hijau bisa dikonsumsi untuk diet. Dikarenakan kadar lemak yang rendah yang terkandung pada kacang hijau, makanan dan minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah menjadi tengik. Lemak kacang hijau terdiri dari 73% asam lemak tak jenuh, dan 27% asam lemak jenuh. Pada umumnya kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Karbohidrat 56,7 gram.
  • Kalsium 124 mg.
    Kalsium dalam kacang hijau bermanfaat untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang.
  • Fosfor 124 mg.
  • Vitamin B1 (tiamin) 0,47 mg.
    Zat ini sangat berguna untuk pertumbuhan badan. Pada awalnya vitamin ini dikenal sebagai anti beri-beri. Tetapi selanjutnya diperoleh hasil penelitian baru bahwa vitamin ini juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan terganggunya proses pencernaan makanan dan selanjutnya berdampak buruknya pertumbuhan. Jika kita mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin B1, di antaranya kacang hijau, maka hambatan pertumbuhanpun dapat kita hindari.
    • Meningkatkan Nafsu Makan dan Memperbaiki Saluran Pencernaan.
      Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus menjadi dua kali lebih lambat yang menandakan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
    • Sumber Energi.
      Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk kemudian diubah menjadi energi dalam tubuh. Jika kekurangan vitamin B1, maka tubuh kita akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
    • Memaksimalkan Kerja Syaraf.
      Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.
  • Vitamin B2 (riboflavin) 0,39 mg.
    Vitamin B2 berguna bagi tubuh, yaitu membantu penyerapan protein dalam tubuh.
    Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Sementara kecambah kacang hijau memiliki manfaat sebagai berikut :
  • Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  • Kandungan vitamin E dalam kecambah membantu meningkatkan kesuburan.
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan karena bersifat alkalis (basa).
  • Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh

Semoga dengan melihat manfaat2 di atas, kita tidak berpikiran lagi kalo kacang hijau itu nggak berguna

Sumber : http://www.kacanghijau.com/10/kacang...t-kacang-hijau

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments