Followers

Selasa, 18 Mei 2010

Candi Sewu Yang Terlupakan

Quote:

Masih terdapat di Obyek Wisata Candi Prambanan, di ujung sebelah utara terdapat Candi Sewu. Candi Sewu ini jarang disinggahi wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan karena jarak tempuh ke Candi Sewu ini sejauh 800 meter ini cukup melelakan bila ditempuh dengan berjalan kaki.
Quote:
Quote:
Candi Sewu adalah candi buddha yang dibangun pada abad ke-8. Merupakan komplek candi Buddha terbesar kedua setelah candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada candi Prambanan. Sebenarnya hanya terdapat 257 candi, oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Candi “Sewu” yang berarti “seribu” dalam bahasa Jawa. Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang.Berdasarkan prasasti yang berangka tahun 792 dan ditemukan pada tahun 1960, nama asli bangunan ini adalah “Manjus’ri grha” (Rumah Manjusri). Manjusri adalah salah satu Boddhisatwa dalam ajaran buddha. Candi Sewu diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada akhir masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran (746 – 784) adalah raja yang termahsyur dari kerajaan Mataram Kuno. Adanya candi Sewu yang bercorak buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak hindu menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup secara harmonis dan adanya toleransi beragama.Candi perwara (pengawal) ukurannya kedua terbesar setelah candi utama. Setiap penjuru mata angin terdapat sepasang candi perwara yang saling berhadapan, tetapi kini hanya candi perwara kembar timur dan satu candi perwara utara yang masih utuh.
Kompleks Candi Sewu
Spoiler for Candi Sewu:

Spoiler for Candi Sewu:

Quote:
Suasana Candi Sewu tampak sepi pengunjung, cukup wajar mengingat wisatawan yang datang ke candi ini kebanyakan menggunakan kereta wisata yang berhenti sebentar untuk mengambil foto di luar kompleks candi.
Arca Dwarapala
Spoiler for Candi Sewu:

Spoiler for Candi Sewu:

Quote:
Memasuki gerbang masuk candi Sewu, disebelah kiri dan kanan terdapat Arca Dwarapala, yang merupakan raksasa penjaga candi. Kondisi arca masih terawat dengan baik walaupun ada beberapa bagian yang mengalami pelapukan.
Candi Sewu
Spoiler for Candi Sewu:

Quote:
Seperti halnya Candi Prambanan, Candi Sewu ini juga mengalami kerusakan akibat Gempa Jogja 2006 kemarin. Candi utama saat ini sedang mengalami perbaikan sehingga wisatawan dilarang memasuki candi utama ini. Candi-candi kecil mengelilingi candi utama. Kompleks Candi Sewu dilihat dari udara membentuk pola Mandala.Walaupun masih mengalami perbaikan, wisatawan diperbolehkan mengelilingi candi ini dan hanya dilarang memasuki candi Utama yang terdapat di tengah-tengah Kompleks Candi Sewu.
.Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments