Followers

Sabtu, 22 Mei 2010

golongan darah paling langka di dunia

Quote:
Mungkin kita tidak asing lagi dengan golongan darah A, B, AB, dan 0 ( sebenernya bukan “ O “ huruf alphabet ke 15 tetapi 0 (nol) ).

Golongan darah A memiliki sel darah dengan antigen A
Golongan darah B memiliki sel darah dengan antigen B
Golongan darah AB memiliki sel darah dengan antigen A dan antigen B
Golongan darah 0 memiliki sel darah tanpa antigen
Jadi penyebutnya itu berasal dari antigen yang dimilikinya.

Saat ini mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa golongan darah 0 bisa dipakai untuk transfusi ke golongan darah lain ( A, B, dan AB ) karena itulah golongan darah 0 disebut sebagai “Universal Donor”. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar, karena pemberian golongan darah 0 kepada golongan darah lain pada kenyataannya bisa memberikan efek samping pada si penerima. Terlebih lagi bila di dalam plasma darah, golongan darah 0 ini terdapat anti A atau anti B yang ber”titer” tinggi ( 1/64 ).

Di Negara – negara lain anggapan golongan darah 0 merupakan “Universal Darah” sudah tidak dianut lagi, kecuali kalau diberikan dalam bentuk Packed Red Cells.

G. B. Elliott dalam jurnalnya: “Transiently Dangerous Universal Blood” mengatakan bahwa Universal donor itu berbahaya. Dan sebenarnya pernyataan Dangerous Universal Donor ini sudah diperkenalkan oleh Levine dan Mabee di tahun 1923.

Sering timbul pertanyaan, golongan darah apa sih terbanyak dan terlangka?

Di seluruh dunia, rata – rata populasi terbanyak adalah golongan darah 0, disusul A, B lalu AB.

OK.. langsung ke point pentingnya

Spoiler for golongan darah langka itu:
Sebenarya masih ada 1 golongan darah lain dan ini merupakan golongan darah yang langka, yaitu Bombay Type Blood. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau golongan darah ini ditemukan Bhende di Bombay, India pada tahun 1952. Golongan darah ini sangat langka dengan perbandingan 1 : 250.000. Golongan darah ini tidak memiliki ekspresi antigen sistem AB0 di permukaan sel darahnya. Jika diperiksa dengan sistem biasa maka yang akan muncul adalah golongan darah 0, tetapi pada kenyataannya tidak bisa menerima transfusi darah dari golongan darah 0, karena sebenarnya memang berbeda. Jadi, bila di antara kalian memiliki golongan darah Bombay Type, maka disarankan untuk menabung darah anda sedikit demi sedikit, karena bila sewaktu – waktu anda membutuhkan, anda tidak kebingungan untuk mendapat stoknya.
KABAR BAIK BAGI ORANG YG GOLONGAN DARAH TYPE BOMBAY
Quote:
Orang-orang dengan Bombay blood dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah lain (ABO) baik rhesus positif maupun negative. Tidak ada resiko akan adanya penolakan dari penerima, karena orang-orang dengan Bombay blood tidak mempunyai antigen H. Namun, orang-orang dengan Bombay blood harus menerima darah Bombay blood juga, apabila tidak, maka akan timbul reaksi hemolitik karena transfusi tersebut (hemolitik = sel darah akan pecah)
JADI INTINYA GOLONGAN DARAH BOMBAY ITU DAPAT MENDONORKAN DARAHNYA KESEMUA GOLONGAN DARAH(DONOR UNIVERSAL). TAPI KALO ORANG YG GOLONGAN DARAHNYA TYPE BOMBAY HANYA BISA MENERIMA DONOR DARI YG TIPENYA BOMBAY JUGA.

1 komentar:

  1. The Abercrombie and Fitch style has lived much longer than Abercrombie its counterparts from the 1980s; Abercrombie Sale it may be because of its relatively Cheap Abercrombie inoffensive style or Abercrombie outlet because people just love animals, abercrombie Jeans but it's less frowned upon.Today you can find high quality blanket and sheet sets in a cheetah print. Abercrombie Pants These are common enough that you could Abercrombie Tees even go to a department store and find them, so you should have no problem finding cheetah printed sheets Abercrombie Shorts and blankets if they are what you are looking for. Abercrombie Sweaters These can be a great accent to a more contemporary home theme, though obviously are not great for homes that are more conservatively or classically decorated. Curtains that have this type of pattern are more difficult to come by. You may have to go to interior design specialty stores, or look online order to find curtains with cheetah spots printed on them. However, in most cases if you can find them, they are usually not very expensive.

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments