Followers

Senin, 17 Mei 2010

Hidung Besar Cegah Penyakit



MESKIPUN hidung besar seringkali menjadi sumber ejekan, peneliti menemukan bahwa hidung besar mencegah serangan demam dan virus flu. Semakin besar hidung, semakin besar pula pertahanan alami yang secara fisik akan menghambat partikel-partikel debu dan bakteri di udara memasuki tubuh.

Temuan tim peneliti dari University of Iowa, Amerika Serikat, ini, merupakan berita bagus untuk aktris Sex and The City Sarah Jessica Parker, penyanyi Barbra Streisand dan Barry Manilow serta aktor Gerard Depardieu yang dikenal karena dimensi hidung mereka.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Annals Of Occupational Hygiene ini menemukan, hidung-hidung berukuran besar menghirup sekitar 7 persen lebih sedikit polutan. Selain itu, hidung besar berperan sebagai penghalang untuk menangkis kuman-kuman agar menjauh dari mulut.

Dalam studi ini, peneliti menciptakan dua hidung buatan. Salah satunya 2,3 kali lebih besar dibandingkan hidung satunya. Masing-masing hidung ditempatkan di kepala buatan secara bergantian dan divariasikan dengan dua set bibir (dengan ukuran yang berbeda juga). Bibir menutup ujung salah satu pipa dan menarik udara yang mengandung serangkaian partikel.

Hasil menunjukkan, hidung yang berukuran lebih besar menarik 6,5 kali lebih sedikit partikel. Selain itu, bibir besar juga mengurangi asupan partikel hingga 3,2 persen.

"Hidung menonjol keluar dan memberikan perlindungan lebih besar kepada mulut. Hidung besar menurunkan risiko terinfeksi. Selain itu, hidung besar juga kemungkinan bekerja menyaring serbuk bunga," tutur pemimpin studi Dr Renee Anthony, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Minggu (16/5). (MI/ICH)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments