Followers

Selasa, 04 Mei 2010

Indonesia Juara 1 Australian Rafting Champs 2010






Quote:
Quote:
Tim putra Indonesia 2 mengarungi jeram dalam nomor down river race Australasian Rafting Champs 2010 di Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (27/4).
Tim putra Indonesia 2 mencatat waktu tercepat 1 jam, 7 menit, 17,09 detik.
Magelang, Kompas - Tim Indonesia putra dan putri menjuarai Australasian Rafting Champs yang digelar pada 25-27 April 2010. Tim Indonesia 1 putri unggul di semua nomor dengan mengumpulkan total 1.000 poin. Adapun tim Indonesia 1 putra—yang berhasil mengumpulkan 916 poin—kedodoran, dikalahkan tim Indonesia 2 di nomor down river race serta di nomor slalom oleh Slowakia, yang hadir sebagai peninjau.

Race Director Australasian Rafting Amalia Yunita mengatakan, ini adalah gelar juara satu yang pertama kali diraih Indonesia selama tiga kali penyelenggaraan Australasian Rafting Champs.

”Ini sekaligus membuktikan, Indonesia bisa berprestasi di lomba arum jeram berskala internasional,” ujarnya, Selasa (27/4), seusai kompetisi down river race di Sungai Progo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kemenangan ini mengobati kekecewaan Indonesia karena hanya menjadi runner-up dalam kejuaraan arung jeram internasional di Jepang pada tahun 2008.

Amalia mengatakan, keunggulan tim Indonesia kali ini lebih karena Indonesia menjadi tuan rumah sehingga mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan uji coba menguasai medan. ”Tim Indonesia sudah berkali-kali menggunakan Sungai Serayu, Elo, dan Progo sebagai tempat latihan, sedangkan tim dari negara-negara asing baru melakukan uji coba beberapa hari sebelum kejuaraan ini berlangsung,” ujarnya.

Di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, nomor yang diperlombakan adalah sprint, head to head, dan slalom. Nomor down river race yang menjadi nomor penentuan sengaja dilaksanakan di Sungai Elo dan Progo di Kabupaten Magelang, yang memiliki jeram-jeram besar.

Manajer Tim Indonesia 1 Putra, Tony Dumalang, mengatakan, dalam Australasian Rafting Champs ini, lawan terberat adalah tim dari negara sendiri, yaitu tim Indonesia 2. Selain itu, dalam nomor slalom, dia pun mengakui, secara teknis, tim Indonesia 1 kalah jauh dibandingkan dengan Slowakia.

”Oleh karena itu, sekalipun hanya hadir sebagai peninjau, Slowakia tetap kami akui sebagai juara nomor slalom,” ujarnya.

Secara umum, Tony mengatakan, tim Indonesia masih harus banyak berlatih untuk memperbaiki teknik permainan. Selain itu, penguasaan tim terkait morfologi medan juga dirasakan masih kurang. (EGI)
Quote:
BANJARNEGARA,(PRLM).- Sebanyak 12 negara sudah memastikan mengikuti Kejuaraan Internasional Arung Jeram "Australasian Rafting Champs 2010" di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, 22-26 April. Iran, Turki, Kazakhstan, Malaysia, Slovakia, dan tuan rumah Indonesia, dan dari Eropa, adalah Rusia dan Slovakia akan meramaikan kompetisi ini.

"Kita harapkan lebih dari 12 negara ikut serta dalam kejuaraan ini," kata Ketua Panitia Lokal Australasian Rafting Champs 2010, Syamsudin didampingi Sekretaris Panitia Lokal, Tien Sumarwati, di Banjarnegara, Sabtu (10/4).

Berdasarkan informasi yang diterima Federasi Arung Jeram Indonesia sebagai panitia pusat, sedikitnya 12 negara dipastikan akan hadir. Dari Indonesia akan menurunkan empat tim yakni tim putra, Arus Liar dari DKI Jakarta dan Riam Jeram dari Sukabumi, sedangkan tim putri akan menerjunkan Kapinis Jawa Barat dan Gadisu Sulawesi Utara.

Syamsudin menambahkan, setiap negara diperbolehkan mengirim dua tim putra dan dua tim putri, masing-masing terdiri atas satu orang manager, satu orang pelatih, enam atlet, satu orang atlet cadangan, dan dari media.

Sungai Serayu sengaja dipilih menjadi tempat penyelenggaraan ARC 2010, lokasinya terjangkau, kejuaraan tingkat dunia dapat disaksikan langsung dari jalan raya, jembatan. Sungai Serayu berada di pinggir jalan raya yang tidak dimiliki wilayah lainnya.

Dalam Internasional Arung Jeram "Australasian Rafting Champs 2010" di Sungai Serayu ada empat nomor yang akan dilombakan dalam kejuaraan arung jeram internasional ini, yakni sprint, head to head, slalom, dan down river race. (A-99/das)***


Australasian Champ 2010 akan diselenggarakan di Indonesia, di sungai Serayu dan Sungai Progo.

Tanggal 20-24 April 2010 diselenggarakan di Sungai Serayu Wonosobo- Banjarnegara dan Tanggal 25-26 April 2010 diselenggarakan di Sungai Progo Kabupaten Magelang .


Nomor yang di Lomba-kan

1. Sprint

Lomba pengarungan jarak pendek (+300m) untuk ke-pentingan seeding. Dari nomor ini diketahui ranking posisi peserta yang digunakan untuk menentukan masing-masing lawan di lomba berikutnya.


2. Slalom

Lomba ketangkasan dimana setiap tim harus melewati gawang sesuai dengan urutan nomor. Terdapat dua macam gawang yaitu yang harus dilalui dari hulu ke hilir (downstream) atau sebalik-nya (upstream). Nomor ini paling menarik untuk ditonton.


3. Head to Head

Lomba adu kecepatan jarak pendek (+300m). Peserta yang kalah gugur, yang menang akan diadu lagi sam-pai ke Final.


4. Down River Race

Lomba jarak jauh untuk menguji ketangkasan , ketangguhan dan juga nyali karena dalam pengarungan akan melewati jeram - jeram dengan tingkat kesulitan IV (Advance).



Jadwal Kegiatan (22 - 28 April 2010)



22 APRIL

· PENATARAN JURI

· KOMPETISI RIVER BOARDING & KAYAK

23 APRIL

· PENATARAN JURI

· KOMPETISI KAYAK & SLALOM SELEBRITI

· LATIHAN SPRINT, HEAD TO HEAD & SLALOM

· ACARA PEMBUKAAN (Alun-alun Banjarnegara, 23 April 2010, 14.30 – 21.00)

24 APRIL

· KOMPETISI SPRINT & HEAD TO HEAD

· PEMBERIAN HADIAH SPRINT & HEAD TO HEAD

25 APRIL

· KOMPETISI SLALOM

· PEMBERIAN HADIAH SLALOM

26 APRIL

· MENUJU KE SUNGAI PROGO - MAGELANG

· LATIHAN KOMPETISI DOWN RIVER RACE

27 APRIL

· KOMPETISI DOWN RIVER RACE

· ACARA PENUTUPAN & PENYERAHAN HADIAH

28 APRIL

· PERJALANAN MENUJU CANDI BOROBUDUR



Tempat Kegiatan :



1. Tanggal 20-24 April 2010 diselenggarakan di Sungai Serayu ; Kabupaten Banjarnegara & Wonosobo

2. Tanggal 25-26 April 2010 diselenggarakan di Sungai Progo ; Kabupaten Magelang, Jawa Tengah



Peserta



• Tim arung jeram unggulan hasil seleksi nasional negara-negara di Asia & Australia :

1. Australia 7. Kazakhstan

2. China 8. Korea

3. India 9. Nepal

4. Indonesia 10. New Zealand

5. Iran 11. Philippines

6. Japan 12. Malaysia

• Setiap negara diperbolehkan mengirim 2 tim putra dan 2 tim putri. Total jumlah peserta diperkirakan 20 Tim dimana setiap tim terdiri dari :

1 orang Manager Tim, 1 orang pelatih, 6 orang atlit,

1 cadangan, 1 orang Media

Total jumlah peserta yang diharapkan sebanyak : 200 orang

Dengan kegiatan pendukung lain :

1. Lomba Kayak

2. Lomba Body Boarding

3. FUN Rafting.

4. Bazaar

5. Hiburan Rakyat

6. Fam Tour 
ANTARA - Kejuaraan Internasional Arung Jeram "Australasian Rafting Champs 2010" yang digelar di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, 22-26 April, dan Sungai Progo, Kabupaten Magelang, 27-28 April, hanya diikuti lima negara.

Ketua Harian Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Ikin Sodikin, saat membuka kejuaraan internasional ini di Alun-alun Banjarnegara, Jumat, mengatakan, kelima negara tersebut adalah Kazakhstan, Iran, Slovakia, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia.

Menurut dia, kejuaraan arung jeram ini diharapkan dapat turut memromosikan pariwisata Indonesia kepada dunia internasional.

"Kami berharap kegiatan ini memberikan citra Indonesia yang kondusif di mata dunia internasional serta mengenalkan olahraga arung jeram bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, para peserta kejuaraan arung jeram ini diharapkan dapat menunjukkan sportivitasnya dalam bertanding.

Sementara itu Presiden International Rafting Federation (IRF) Raffael Gallo dalam sambutan yang dibacakan perwakilan IRF, Asino Sigata menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan masyarakat Banjarnegara terhadap pelaksanaan kejuaraan ini.

"Sambutan dari masyarakat benar-benar luar biasa," katanya.

Dia juga mengucapkan selamat bertanding bagi para peserta kejuaraan arung jeram ini.

Upacara pembukaan Kejuaraan Internasional Arung Jeram ini juga diisi dengan defile negara-negara peserta kejuaraan yang diawali pergelaran Marching Band Akademi Kepolisian Republik Indonesia dan setiap tim dikawal oleh satu regu musik "Tek-Tek" dari Banjarnegara.

Dalam defile tersebut, tim arung jeram dari Iran menyempatkan berhenti di depan panggung kehormatan untuk sekadar menyanyikan lagu kebangsaan mereka.

Demikian pula yang dilakukan tim arung jeram Indonesia yang berjoget sambil menyanyikan lagu Poco-Poco saat berada di depan panggung kehormatan.

Sementara tim dari Malaysia, Kazakhstan, dan Slovakia hanya sekadar lewat dan melambaikan tangan saat melintas di depan panggung kehormatan.

Selain defile, dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang eksibisi kayak dan "river boarding" yang merupakan acara pendukung Kejuaraan Internasional Arung Jeram ini.

Medali emas dan perak dalam eksibisi kayak nomor "sprint" diraih dua kayaker Iran, yakni Heidari Baghbaderani Heidar dan Javary Arya, sedangkan medali perunggu diraih Abu Hanifah dari Noars Probolinggo (Indonesia).

Pada eksibisi kayak nomor "up stream", medali emas dan perak tetap diraih dua kayaker asal Iran, Heidari Baghbaderani Heidar dan Javary Arya, sedangkan medali perunggu diraih Supriyadi dari Indonesia.

Sementara pada eksibisi "river boarding", seluruh medali berhasil dikuasai atlet-atlet Indonesia, yakni emas direbut Edi Buaya dari Noars (Probolinggo), perak diraih Arman dari Pinisi (Jawa Barat), dan Nyoman dari Noars (Probolinggo) hanya mendapat medali perunggu.

Kejuaraan arung jeram yang digelar Sabtu (24/4) akan menampilkan nomor "sprint" dan "head to head".

Nomor "sprint" merupakan lomba pengarungan jarak pendek, yakni sekitar 300 meter untuk kepentingan "seeding". Peringkat peserta akan digunakan untuk menentukan masing-masing lawan di lomba berikutnya.

Sementara untuk nomor "head to head" merupakan lomba adu kecepatan jarak pendek, yakni sekitar 300 meter. Peserta yang kalah maupun menang akan diadu lagi hingga final. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments