Followers

Selasa, 11 Mei 2010

Kampus Islam Pertama di Amerika

Perguruan Tinggi Islam pertama di Amerika Serikat, Zaytuna College California, sudah berdiri dan tengah menerima mahasiswa baru untuk kelas pertamanya. Pihak kampus akan menutup pendaftaran 1 Maret 2010.

Zaytuna College didirikan tiga cendekiawan dan tokoh Muslim AS, yakni Imam Zaid Shakir, Syaikh Hamza Yusuf, dan Dr. Hatem Bazian. “Kami telah menunggu saat-saat seperti ini,” ujar Imam Zaid Shakir dalam wawancara khusus dengan IslamOnline.net. “Kami menempuh jalan panjang untuk sampai di sini, Alhamdulillah.”

Meski berlabel Islam, kampus ini tidak hanya menerima mahasiswa Muslim, tapi juga non-Muslim. Menurut Shakir, siapa saja boleh menjadi mahasiswa, termasuk orang-orang Yahudi yang mau belajar di universitas itu. Karena menurutnya, di Zaytuna Institute banyak siswa Yahudi yang ikut kursus bahasa Arab.

Kampus Islam ini menggunakan motto “Where Islam Meets America” (Tempat Islam Bertemu Amerika). Cikal bakal dari universitas ini sudah dirintis sejak tahun 1996, ketika Hamza Yusuf mendirikan Zaytuna Institute di San Francisco yang memberikan program pendidikan dan kursus bahasa. Lima tahun kemudian, Imam Zaid Shakir membuat proyek percontohan dengan membuka program teologi dan hukum.

Untuk tahap awal, Zaytuna College akan membuka dua jurusan; jurusan bahasa Arab serta Studi Agama Islam dan Hukum Islam.

Rencana pembangunan universitas Islam Zaytuna College mendapat respon positif di AS karena dianggap menanamkan ajaran “Islam moderat”. Omid Safi, profesor di jurusan studi Islam University of North Carolina-Chapel Hill mengatakan, Zaytuna College bisa menjadi institusi yang berpengaruh dalam membentuk pola pikir Muslim Amerika. “Di satu sisi, mereka banyak membahas bagaimana untuk menjadi orang Amerika. Disisi lain, mereka juga memberikan kurikulum yang mengglobal Muslim Amerika yang menjadi mahasiswanya,” ujar Safi.

Tidak akan ada pemisahan antara mahasiswa dan mahasiswi di dalam kelas. Salah satu tujuan kampus ini adalah melahirkan sarjana Islam yang menjadi produk sistem pendidikan Amerika.

Situs Kampusnya: http://www.zaytuna.org

sumber: http://icmijabar.or.id/?p=183

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments