Followers

Sabtu, 01 Mei 2010

katak Yang bisa membunuh manusia dalam beberapa menit

Katak dart



Katak bernama Dart ini merupakan salah satu hewan paling beracun yang pernah ada di muka bumi. Seekor katak dari spesies ini yang panjangnya hanya dua inci / lima centimeter mempunyai cukup racun untuk membunuh sepuluh orang dewasa, terutama yang berwarna emas. Racun mereka terletak hampir di seluruh permukaan kulit, terutama di punggung mereka.

Indigenous Emberá, orang-orang asli Kolombia telah melumuri sejata mereka dengan racun katak ini ketika berburu. Oleh sebab itu senjata mereka diberi nama “blowgun dart” sesuai dengan nama kataknya. Jika anda pernah menonton film “Apocalypto” arahan Mel Gibson, anda pasti ingat ketika sang “jaguar” atau pemeran utamanya melumpuhkan musuh dengan sejenis tulup (senjata tiup yang biasanya menggunakan bambu kecil dan panah beracun ) yang dilumuri racun dari punggung katak.



Katak Dart beracun ini mempunyai warna yang paling indah dan mengagumkan di dunia tergantung dari habitat mereka. Habitat mereka adalah sepanjang Costa Rika hingga Brasil. Warna mereka bisa bermacam-macam seperti kuning, emas, tembaga, merah biru, hijau atau hitam. Banyak spesies berwana mencolok yang merupakan hewan paling mematikan di dunia.



Jika anda tersesat di hutan maka sebaiknya menghindari hewan atau tumbuhan dengan warna mencolok. Mereka seakan memperingatkan bahwa “aku tidak enak dimakan”. Yang menarik, salah satu guru kimiaku waktu SMU pernah berkata bawa biasanya zat kimia dengan warna biru adalah berbahaya. Namun kenapa ada Pepsi Blue?

Beberapa spesies katak ini mempunyai “parenting habit” seperti membawa telur mereka dipunggung. Pejantan sering kali secara eksklusif menjaga sarang mereka dan berperan penting dalam tugas transportasi telur. Makanan alami mereka adalah lalat, jangkrik, semut, rayap dan kumbang.
Para ilmuan belum yakin darimana asal racun yang mengagumkan tersebut, beberapa dugaan bahwa katak ini membuat racunnya dengan mencerna beberapa jenis racun tumbuhan, yang dibawa oleh mangsa mereka. Katak Dart yang tumbuh dalam penangkaran dan terisolasi dari serangga di habitat asli tidak pernah menghasilkan racun.

Profile singkat

Tipe : amphibi
Makanan : karnivora
Umur rata-rata dalam penangkaran adalah 10 tahun
Ukuran : 1 inci ( 2,5 centimeter )
Nama kelompok : Army
Did you know? Satu-satunya pemangsa alami dari katak Dart emas adalah ular yang disebut Leimadophis epinephelus, yang telah mengembangkan kekebalan terhadap racun katak jenis ini.
Status : terancam punah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments