Followers

Minggu, 16 Mei 2010

Menakjubkan, Gerhana Venus Terekam dalam Foto

Sebuah peristiwa astronomi yg jarang terjadi, berlangsung tadi malam.

Dikenal sebagai okultasi astronom planet, fenomena ini diamati di langit senja ketika bulan berada antara Venus dan Bumi.

okultasi adalah suatu peristiwa yang terjadi ketika satu objek tersembunyi oleh obyek lain yang lewat di antaranya dan pengamat.


Spoiler for penampakan:




gerhana Venus langka dan hanya terjadi ketika Bumi, Bulan dan Venus sejajar satu satu sama lain.

Selama musim semi, Venus bersinar cerah, dan foto-foto ini menunjukkan, Venus muncul sebagai objek terang sebelum menghilang di belakang bulan dan kemudian muncul kembali di sisi lain seperti dalam permainan petak umpet.

'Acara ini dimulai saat matahari terbenam ketika Venus dan bulan muncul dari senja di dekat satu sama lain, "kata juru bicara publik NASA.

"Bulan akan menjadi ramping, lima persen bulan sabit pada hari Sabtu, dan sedikit lebih gemuk 10 persen bulan sabit pada hari Minggu


Spoiler for penampakan:




Spoiler for penampakan:




'Antara ujung bulan sabit, gambar bayangan bulan purnama dapat dilihat. cahaya bumi sendiri dipantulkan balik ke bumi oleh kegelapan bulan.

"Dalam hubungannya dengan Venus, sebuah bulan sabit dengan cahaya bulan dianggap sebagai salah satu pemandangan paling indah di langit."

Kali berikutnya Venus lewat di antara bumi dan Matahari akan pada terjadi tanggal 5 Juni 20112, ketika benar-benar akan melewati tepat di depan Matahari seperti yang terlihat dari Bumi, yg disebut transit.

Venus secara bertahap semakin dekat dengan Bumi. Minggu ini jaraknya menjadi 1,4 unit astronomi, dengan jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari (sekitar 93 juta mil).



sumber: dailymail.co.uk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments