Followers

Selasa, 04 Mei 2010

Patung Berusia 2000 Tahun Ditemukan Di Mesir

CAIRO - Para arkeolog di Mesir mengatakan mereka telah menemukan sebuah patung granit tanpa kepala berusia lebih dari 2000 tahun milik seorang raja era Ptolemaic yang tak teridentifikasi.

Pernyataan pada hari Selasa oleh Supreme Council of Antiquities mengatakan tim Egyptian-Dominican yang menemukannya di kuil Taposiris Magna, sebelah barat kota pinggir pantai Alexandria.



Sekjen dewan, Zahi Hawass, mengatakan patung yang terpelihara dengan baik itu mungkin karya pahat terindah ala jaman Mesir kuno. Ia mengatakan patung itu bisa jadi milik Ptolemy IV, yang berkuasa antara 221 dan 205 SM.

Tinggi patung itu 135 cm dan lebarnya pada bahu 55 cm.

Alexandria dulu adalah pusat dari Dinasti Ptolemaic yang berbahasa Yunani, yang memerintah Mesir selama 300 tahun, sampai bunuh dirinya Ratu Cleopatra pada 30 SM.

Tim arkeologi itu mengadakan penggalian di situs Taposiris Magma selama lima tahun dalam pencarian makam Cleopatra dan jendral Roma Mark Antony. Hubungan Antony dan Cleopatra telah menginspirasi kisah-kisah romantis selama berabad-abad, termasuk drama William Shakespeare dan sebuah film Elizabeth Taylor.

Tim arkeologi itu telah melaporkan sebuah penemuan mumi-mumi Greco-Roman dengan wajah mereka menghadap kuil itu -- mengesankan bahwa seorang tokoh penting terkubur disana. Penggalian juga menembukan kepala patung pualam Cleopatra, 22 koin membentuk wajahnya dan sebuah topeng yang dipercaya milik Mark Antony.

sumberrrr...: msnbc.msn.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments