Followers

Kamis, 06 Mei 2010

Sampah Terapung di Laut Pasifik, seluas Texas.

Quote:

North Pacific Gyre
adalah sebuah area di laut Pasific. Gyre sendiri artinya lingkaran atau Putaran Arus. Pada area yang berada tepat antara garis khatulistiwa dan 50o Lintang Utara ini terdapat sebuah pulau hasil karya manusia. Hanya saja pulaunya adalah Pulau Sampah!!!
Spoiler for tempatnya gan:


Quote:
Pusaran arus ini memiliki area yang sangat luas, hampir 2 kali benua Amerika. Disini angin berhembus sangat pelan dan tekanan air juga tinggi. Para pelaut, terutama Kapal layar selalu menghindari daerah ini karena terlalu sedikit angin yang berhembus. Karena kondisi alam tersebut maka banyak benda-benda yang terjebak disini dikarenakan area ini merupakan pusat perputaran arus air dan angin. Hingga menjadikannya area mati.

Kemudian diketemukan pada tahun 1997, Charles Moore (seorang kapten kapal dari California) melintasi area ini untuk mencari jalan pintas pulang setelah mengikuti lomba Layar di Asia. Dalam perjalanan pulang dia menemukan kumpulan sampah yang terjebak disini hingga menjadi sebuah pulau, nyaris 2x luas Texas.

Diperkirakan berisi sekitar 100 juta ton sampah (dan terus bertambah). Kebanyakan berasal dari setiap negara di Pasific Utara, dari Amerika Utara hingga Asia Timur dan Australia. Area inilah, yang kemudian dikenal dengan Great Pacific garbage, North Pacific Gyre, Trash Vortex, dan Plastic Graveyard
Nih poto satelit kumpulan sampahnya
Spoiler for poto satelit:

Quote:
Pulau sampah ini telah menimbulkan banyak masalah. yang paling utama tentu saja masalah plastik. Pulau Plastik raksasa ini tidak akan pernah berkurang. Karena (tentu saja) plastik tidak bisa terurai menjadi bahan organik. Sinar Ultraviolet hanya menguraikan mereka menjadi bagian-bagian kecil bahkan hingga seukuran plankton. Dan hanya 4% yang hilang jika dimusnahkan, sisanya tetap ada, hanya mungkin berubah bentuk. Padahal Amerika saja menghasilkan sekitar 60.000.000.000 kg sampah plastic per-tahunnya.

Yang lebih parah lagi jika partikel Plastik tersebut dimakan oleh hewan, apalagi ikan yang kita konsumsi. Racunnya pasti mampir ke Meja makan kita.

Membahas bagaimana pulau plastik ini bisa terbentuk mungkin menjadi tidak terlalu penting. Akibat yang ditimbulkannya-lah yang menjadi isu utama plus gimana nanggulanginya?
indonesia ikut buang sampah ke laut gak ya?
tetep ReUse - Reduce - Recycle ya...

nih poto2nya laennya dari Google :
Spoiler for poto2 laen:
Spoiler for poto2 laen:


Spoiler for poto2 laen:



Spoiler for poto2laen:


Spoiler for poto2laen:


Spoiler for poto2laen:

HEWAN2 YG MERANA GARA-GARA SAMPAHNYA
Spoiler for hewan:
Spoiler for hewan:

Spoiler for hewan:


Spoiler for hewan:


kesian, dari kecil sudah kejebak

Spoiler for hewan:


tutup botol pun jadi

Spoiler for hewan:


ikan isi plastik


 sumber:
http://sicmagazine.org/chrisjordan/
http://www.treehugger.com/galleries/...bage-patch.php
http://robeeon.net/search/Gyre+Sticker

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments