Followers

Jumat, 18 Juni 2010

10 Spesies Kura-kura Teraneh dan Terunik di Dunia

Quote:


Kura-kura merupakan salah satu reptil yang sangat populer di dunia. Beberapa spesies di antaranya dijadikan sebagai hewan piaraan ada tak jarang dikonsumsi sebagai makanan. Beberapa spesies begitu colorful dan beberapa berbentuk aneh.




1. Texas Spiny Softshell Turtle (Apalone spinifera emoryi)
Spoiler for Texas Spiny Softshell Turtle:




Salah satu spesies kura-kura yang paling mempesona dengan bentuk yang aneh adalah Texas Spiny Softshell Turtle. Bentuk yang tak biasa namun unik ini merupakan subspesies dari Softshelled Turtle (kura-kura dengan tempurung lunak). Spesies ini endemik, hanya bisa ditemukan di Texas dan New Mexico, AS.



2. Spiny Turtle (Heosemys spinosa)
Spoiler for Spiny Turtle:




Spiny Turtle (Spiny = Berduri) ini merupakan spesies kura-kura dengan bentuk paling unik dan tak biasa. Mereka tinggal di daerah lembah, perbukitan di hutan hujan tropis dan sungai-sungai kecil di Asia Tenggara, seperti Filipina, Brunei, Thailand, Singapura, Indonesia dan Malaysia.



3. Indian Flap-Shelled (Lissemys punctata)
Spoiler for Indian Flap-Shelled:




Cute-kah kura-kura ini? Ini adalah Indian Flap-shelled Turtle, bisa ditemukan di kawasan Asia Selatan, seperti Pakistan, India, Nepal, Bangladesh juga Myanmark. Banyak juga ditemukan di kepulauan Andaman dan Nikobar, India.



4. Barbour’s Map Turtle (Graptemys Barbouri)
Spoiler for Barbour’s Map Turtle:




Barbour’s Map Turtle merupakan penghuni asli AS bagian timur, seperti Florida, Georgia dan Alabama. Di Georgia dan Alabama jenis kura-kura ini dilarang untuk ditangkap alias dimiliki. Sedangkan di Florida, dibatasi hanya boleh dua kura-kura tiap orang. Jenis kura-kura ini tidak boleh dijual jika panjangnya masih kurang dari 4 inchi. Makanan mereka adalah siput, serangga dan ikan kecil



5. Argentine Snake-necked Turtle (Hydromedusa tectifera)
Spoiler for Argentine Snake-necked Turtle:




Spesies ini bisa ditemukan di Argentina, Uruguay, Paraguay dan Brazil. Dan banyak diminati untuk dijadikan hewan piaraan. Hewan ini memiliki leher yang panjang.



6. Cantor's giant soft-shelled turtle (Pelochelys cantorii)
Spoiler for Cantor's giant soft-shelled turtle:




Spesies aneh ini bernama Cantor's Giant Soft-shelled Turtle, merupakan jenis kura-kura air tawar yang bercirikan memiliki kepala besar dan mata yang kecil yang berdekatan dengan moncongnya yang panjang. Mereka bisa berkembang hingga memiliki panjang 2 meter dan berat 50 kg. Kura-kura ini menghabiskan 95% hidupnya terkubur dalam pasir, dengan hanya mata dan moncong yang menonjol keluar. Mereka ke permukaan hanya dua kali dalam sehari untuk bernafas lega.



7. Alligator Snapping Turtle (Macrochelys temminckii)
Spoiler for Alligator Snapping Turtle:




Alligator Snapping Turtles merupakan spesies kura-kura air tawar terbesar di dunia. Spesies ini akan memakan apapun yang bisa ditangkapnya, seperti alligator, ular dan kura-kura lainnya. Jenis kelamin bayi kura-kura ini tergantung pada temperatur dimana telur-telur tsb diinkubasi.



8. Leatherback Turtle (Dermochelys coriacea)
Spoiler for Leatherback Turtle:




Leatherback Turtle alias penyu belimbing merupakan jenis penyu (kura-kura laut) terbesar di dunia, dan merupakan reptil keempat terbesar setelah tiga spesies buaya lainnya. Penyu belimbing bisa menyelam hingga kedalaman 1.280 meter, dan karena itu mereka masuk pula dalam kategori penyu penyelam terdalam di dunia. Penyu dewasa memiliki panjang hingga 2 meter dan berat dari 250 hingga 700 kg. Yang terbesar pernah ditemukan dengan panjang 3 meter dan berat 916 kg. Saat berenang kura-kura ini bisa mencapai kecepatan 9.8 meter per detik atau 35.28 km per jam, karena itu dia masuk kategori reptil tercepat di dunia. Hewan ini banyak ditemukan di kepulauan Derawan, Berau, Kaltim dan Papua. Satu lagi: hewan ini dilindungi karena terancam kepunahan.



9. Eastern Long-neck Turtle (Chelodina longicollis)
Spoiler for Eastern Long-neck Turtle:




Hewan ini bukan bentuknya saja yang aneh, namun prilakunya juga. Ketika ketakutan kura-kura ini akan menyemprotkan cairan berbau tajam dari kelenjar glands mereka. Hewan ini dikenal memiliki tabiat yang buruk (English: Stinker)



10. Spiny Softshell Turtle (Apalone spinifera)
Spoiler for Spiny Softshell Turtle:




Spesies aneh ini dikenal dengan nama Spiny Softshell Turtle, bisa ditemukan di Kanada, AS dan Meksiko, dan merupakan spesies kura-kura bertempurung lunak. Dan merupakan spesies kura-kura air tawar terbesar di kawasan Amerika Utara.



SUMBER: di sini

Quote:
Tambahan...

11. Diamondback Terrapin (Malaclemys terrapin)
Spoiler for Diamondback Terrapin:




Diamondback Terrapin merupakan jenis kura-kura yang menghuni rawa payau di sepanjai pantai timur dan selatan AS, dari Semenanjung Cod, Massachusetts hingga Semenanjung Sable, Florida.

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Diamondback_terrapin



12. Common Snapping Turtle
Spoiler for Common Snapping Turtle:




Kura-kura ini merupakan salah satu kura-kura air tawar terbesar dari famili Chelydridae. Banyak ditemukan di Kanada, Mexiko dan Ekuador

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Common_Snapping_Turtle



2 komentar:

  1. artikel nya bagus, makasih untuk info2 nya :)

    BalasHapus
  2. Maaf..u tuk foto alligator snapping turtle nya salah itu...itu seharus nya fto commong snapping turtle

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments