Followers

Senin, 21 Juni 2010

5 Aliran Pencak Silat Yang Paling Disegani

Spoiler for penjelasan singkat:


Pencak Silat atau Silat (berkelahi dengan menggunakan teknik pertahanan diri) ialah seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura tapi bisa pula ditemukan dalam berbagai variasi di berbagai negara sesuai dengan penyebaran suku Melayu, seperti di Filipina Selatan dan Thailand Selatan. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, saat ini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh.
Pencak silat ialah sistem yang terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat.
Dari mbah wiki..


  Pencak Silat seni beladiri asli INDONESIA itu merupakan Seni Beladiri Tangan Kosong yang paling ampuh nomer 2 di dunia ...

PERSAUDARAAN SETIA HATI (SH)

Spoiler for Setia Hati:


Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil. Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.
Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa.
Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan. Dewan pengesahan ini termasuk saudara SH yang terbaik dari yang terbaik yang dipilih melalui musyawarah saudara-saudara SH. Proses kecer tersebut berlangsung pada bulan Syura. Adapun sarat yang harus disediakan dalam pengeceran antara lain: Ayam jago, mori, pisang, sirih, dan lain sebagainya sarat-sarat yang telah ditentukan.
Dalam proses pengeceran ini, kandidat diberi pengisian dan gemblengan jasmani dan rohani dan ilmu ke-SH-an serta petuah-petuah, petunjuk-petunjuk secara mendalam dan luas. Saudara SH yang baru disahkan tersebut, dalam tingkatan ilmu disebut sebagai saudara tingkat I (erste trap). Pada Persaudaraan Setia Hati Terate juga dibagi dalam tiga jenis tingkatan saudara yaitu saudara SH Tingkat I (ester trap), Tingkat II (twede trap), tingkat III (derde trap).
Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.
Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267

ane denger2 nih gan, ni aliran silat disegani krena lbih bnyak pke tenaga dalam gan.. :ngeri


SILAT NASIONAL PERISAI DIRI (PD)

Spoiler for Perisai Diri (PD):


teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu siauw liem sie (shaolin) selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat,
Teknik Kombinasi merupakan teknik-teknik di silat Perisai Diri yang berasal dari perguruan-perguruan silat di seluruh Indonesia yang meliputi 156 aliran. Rangkuman teknik silat tersebut kemudian dipilah dan dikelompokkan sesuai dengan karakter dari masing-masing aliran. Teknik Kombinasi diantaranya adalah Cimande, Betawen, Bawean dan Jawa Timuran. Di samping itu ada juga Teknik Minangkabau yang diambil dari teknik pencak silat tanah Minang yang dilengkapi dengan beberapa teknik lain.
Teknik Asli dalam silat Perisai Diri sebagian besar digali dari aliran Siauw Liem Sie (Shaolinshi). Dengan kreativitas Pak Dirdjo, yang mirip hanyalah sikap awalnya saja, sedangkan gerakan maupun implementasinya sudah dijiwai oleh karakter pencak silat Indonesia. Hal ini yang menjadikan ilmu silat Perisai Diri mempunyai sifat unik, tidak ada kemiripan dengan silat yang lain.
Disebut Asli karena mempunyai frame tersendiri, bukan merupakan kombinasi dari beberapa aliran silat.
Teknik Asli dalam silat Perisai Diri diantaranya yaitu :
1. Burung Meliwis
2. Burung Kuntul
3. Burung Garuda
4. Harimau
5. Naga
6. Satria
7. Pendeta
8. Putri
Disamping itu dikenal juga teknik yang hampir dimiliki semua aliran pencak silat yaitu, Teknik Minangkabau




PENCAK ORGANISASI (P O)



Spoiler for P O:



SEJARAH BERDIRINYA PENCAK ORGANISASI (PO) Pencak Organisasi atau PO berdiri di Kota Lumajang, pada tanggal 27 Agustus 1927, Didirikan Oleh seorang Pahlawan yaitu Guru Besar IMAM SUJA'I, Beliau Seorang Pahlawan yang pada masa itu berjuang untuk Bangsa Indonesia. Bapak IMAM SUJA'I mendirikan Perguruan Silat Pencak Organisasi sebagai gerakan yang "Bawah Tanah" yang menentang Penjajahan. Sebelum Beliau mendirikan Perguruan Ini, beliau telah bergabung di Perguruan Silat "Setia Hati Terate", setelah sekian lama bergabung, lalu beliau menciptakan suatu Perguruan Bela Diri (silat) Pencak Organisasi, Sehingga Beberapa Jurus-jurus PO Mirip dengan SHT, namun tidak sama, Beliau Telah Memodifikasi dan mengembangkan jurus-jurus SHT dengan Pikiran Beliau. Pada Waktu itu beliau dan Murid-muridnya mengadakan gerakan bawah tanah untuk menentang penjajahan dan beliau gugur di medan perang sehingga di Lumajang terdapat nama jalan IMAM SUJA'I sebagai tanda penghargaan dan peringatan untuk Beliau sebagai BUNGA BANGSA. PENCAK ORGANISASI MENEMBUS DUNIA Sekarang PO telah berkembang dimana-mana dan telah meraih prestasi yang membanggakan BANGSA INDONESIA, dengan Pesilat-pesilat yang BerKualitas, PO telah mengharumkan nama bangsa, Sebagai Contoh Menangnya Pesilat-Pesilat PO yang mewakili BANGSA INDONESIA di SEA GAMES Chiang Mai THAILAND. Pesilat PO Berhasil dalam cabang SILAT SENI BELA DIRI yang menampilkan Seni itu Sendiri.


TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH (TS)


Spoiler for Tapak Suci:


PERGURUAN TAPAK SUCI berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama TAPAK SUCI adalah H.Djarnawi Hadikusumo.
Setelah berdiri TAPAK SUCI menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, TAPAK SUCI diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah. Nama perguruan menjadi TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH, disingkat TAPAK SUCI.
Terdapat 8 (delapan) jurus di dalam TAPAK SUCI, yaitu:
1. Jurus Katak
2. Jurus Mawar
3. Jurus Lembu
4. Jurus Merpati
5. Jurus Harimau
6. Jurus Ikan Terbang
7. Jurus Naga
8. Jurus Rajawali

PENCAK SILAT CIMANDE


Spoiler for Cimande:



Pola dasar Cimande
(kutipan singkat dari Gema Pencak Silat Vol. 3, no. 1:20-22)
Cimande pada mulanya menggunakan teknik perkelaian dengan jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki, jarak ini dimungkinkan untuk dapat mudah menghindari serangan lawan. Jarak ini menjadi jarak dominan untuk serang balik.
Setiap pesilat dalam melakukan serangan harus memperhatikan sikap kaki atau kuda-kuda yang bertujuan untuk menjaga jarak lawan. Kuda-kuda pipih yang digunakan dapat dengan mudah dipindah-pindah, dan dapat diubah-ubah dalam kecepatan dan frekuensi tinggi. Karena dipastikan lawan akan memberikan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau tendangan cepat dan tinggi, untuk mengatasinya maka diperlukan jurus agar pesilat dapat mengimbanginya.
Secara garis besar Comande dibagi dibagi dalam tatanan yaitu: Kelid Cimande, Pepedangan Cimande dan Tepak Selancar. Kelid dan Pepedangan merupakan jurus beladiri, sedangkan Tepak Selancar Jurus Seni (dengan iringan musik gendang pencak).
1. Jurus Kelid Cimande
Jurus ini adalah jurus inti yang bertujuan menangkis serangan lawan dengan berusaha merobohkannya. Kelid artinya menangkis serangan lawan sambil berusaha merobohkannya.
Jurus ini berjumlah 33 jurus yaitu:
1.tonjok bareng,
2.tonjok saubelah,
3.kelid selup,
4.timpah seubelah,
5.timpah serong ,
6.timpah duakali,
7.batekan,
8.teke tampa,
9.teke purilit
10.tewekan,
11.kedutan,
12.guaran,
13.kedut guar
14.kelid dibeulah
15.selup dibeulah,
16,kelid tonjok
17.selop tonjok
18.kelid tilu,
19.selup tilu
20.kelid lima
21.selup lima
22 peuncitan,
23.timpah bohong
24.serong panggul,
25.serong guwil,
26.serong guar,
27.singgul serong,
28.singgul sebelah,
29.sabet pedang,
30.beulit kacang,
31.beulit jalak pengkor
32.pakala alit
33.pakala gede
Jika diperhatikan jurus kelid ini nampaknya tertumpu pada ketangguhan tangan sebagai inti kekuatan, seperti:
Tonjok : bentuk tangan mengepal
Teke : menggunakan ruas jari tangan
Tewekan : bentuk tangan pipih menusuk
Kedutan : menggunakan telapak tangan
Guaran : menggunakan sisi tangan bagian luar aupun dalam
Singgulan : menggunakan pangkal tangan
Secara keseluruhan gerakan jurus kelid terlihat agak unik dari gerakan silat lainnya yang pada biasanya keuatan serangan bertumpu kepada kaki seperti silat Minangkabau.
Untuk melatihnya:
Biasanya dilakukan dengan duduk ditempat, sepasang duduk saling berhadapan salah satu kaki dilipat dan lainnya dilonjorkan kedepan demikian pula pasangannya dengan posisi sebaliknya. Pasangan itu melakukan serang bela dalam posisi duduk .
Tujuan latihan ini untuk melatih daya emajinasi seseorang untuk menentukan kuda-kuda yang tepat saat jurus-jurus tersebut dilakukan dengan posisi berdiri. Dengan dikuasainya gerakan tangan tentunya secara otumatis dapat dengan mudah menggunakan kuda-kuda dan serang bela.
2. Jurus pepedangan Cimande
Jurus ini bertumpu kesigapan kaki dan teknik serangan senjata golok. Dalam latihan digunakan senjata dari bambu sebagai pengganti senjata yang sesungguhnya.
Jurus pepedangan ini berjumlah 1 rangkaian jurus yaitu elakan sebeulah - selup kuriling - jagangan - tagongan - piceunan - balungbang- balumbang - sabeulah - opat likur - buang dua kali - selup kuriling langsung - selop bohong.
3. Jurus Tepak Selancar
Jurus ini hanya disajikan sebagai keindahan gerak karena jurus jurusnya memiliki unsur keindahan dan setiap penampilannya harus diiringi musik gendang pencak yang terdiri dari dua gendang besar(indung) dan dua gendang kecil(kulantir) yang berperan sebagai pengiring gerakan dan mengatur tempo lagu. Terompet sebagai melody lagu dan gong kecil (kempul) atau bende dalam penampilannya gerakan pencak selalu ditikberatkan dengan iringan gendang.
Pakem musik yang sudah baku ialah: tepak dua, tepak dungdung , paleredan, golempang dan tepak tilu.

173 komentar:

  1. wah benar2 hebat gan sya salah satu yg ikut sh terate

    BalasHapus
    Balasan
    1. teratai putih selalu mengalir di darah ku

      Hapus
    2. ya sh tereye jg hebet

      Hapus
    3. Salam persaudaraan..
      sinar hati selalu terang di dada sebelah kiri ku.

      Hapus
    4. salam satu jiwa , setia hati terate

      Hapus
    5. Persinas Asad kok gak di tulis atau di pajang di atas ?

      Hapus
  2. bela diri indonesia skarang sngt berkembang...

    BalasHapus
  3. saya senang soalnya saya adalah pesilat Tapak Suci putera muhammadiyah....
    salam juga untuk SH terate yang di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. OLAN SETIA HATI TERATE22 Januari 2012 09.34

      OKE SIP..
      jawab salam:
      wa'alaikum salam Wr. Wb...

      Hapus
    2. riandi psht djaya20 Desember 2012 05.10

      slam persaudaraan dan salam silat setanah air saya dari psht

      Hapus
    3. salam kembali 1922 terate ponorogo

      Hapus
    4. bahu membahu melestarikan budaya Indonesia,dari manapun perguruannya,, salam SH

      Hapus
    5. salam dari psht 1922

      Hapus
  4. Di masyarakat melayu ada ilmu tarung jarak dekat yg namanya kunto, bahkan lbh hebat dari silat manapun, cuma aliran ini agak rahasia krn hanya dimiliki oleh para sepuh atau guru besar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunto itu berkembangnya di kalimantan

      Hapus
  5. mz0k sh teratai kt0t

    BalasHapus
    Balasan
    1. OLAN SETIA HATI TERATE22 Januari 2012 09.36

      OO YO JLAS LEH..
      liat saja realitanya...

      Hapus
    2. tu mulut di jaga,,,ap salah ny saling hormati,,
      kalu di katakan hebat ya hebat semua,,
      di atas langit masih ad langit brother

      Hapus
  6. q adlh sh terate sejati

    BalasHapus
  7. yogi wahyu pratama20 September 2011 00.04

    sh terate tak tertandingi selamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ojo ngunu bro... gak apik.. aku warga sht 1999 dari bojonegoro.. peace bro.

      Hapus
    2. iya jngn bgtu.,.,,.dtkutknnya nnti. publik mndoktrin bhwa smua wrga sht smbong2,..,kita ckup bngga n tetap mnjga nma baik PSHT

      Hapus
    3. salam persaudaraan,,,madiun poesat,PSHT makin di depan,

      Hapus
  8. sh terate itu hatiku

    BalasHapus
  9. ks, pn di libas smua ama sh terate

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga boleh kaya gitu mas...
      warga PSHT g diajarin kya gtu...

      Hapus
    2. jngn adigang adigung adiguno sdraq.,.,.,.,

      Hapus
    3. Kita sebagai Pesilat tidak diajarin tuk, istilahnya pamer /terlalu membsar2kan apapun, karna itu udh d atur ma agama..!!


      Salam dari Pencak Organisasi

      ~_~

      Hapus
    4. Hendro Arek Pencak Organisasi22 Agustus 2012 21.19

      Lanjutan yg d atas

      salam : Hendro Arek Pencak Organisasi

      Tidak membeda2kan Pencak Silat Aliran Apapun, karna kita sama2 silat harus menjalin persahabatan

      Hapus
    5. amin mas, sebagai pesilat harus rendah hati, tidak ada yang hebat di dunia ini kecuali Allah SWT, salut buat mas samsul, mas ilham, mas hendro dan pesilat-pesilat yang masih mempunyai hati yang bersih dan menjaga silaturrahminya sesama pesilat walaupun beda perguruan.saya ingatkan untuk mas yogi : Mengapa Pencak Silat di pandang orang Beladiri Kampungan ???, karena sikap dan perbuatan kita sendiri yang menjadikanya kampungan. Untuk mas yogi, "Tunjukan prestasi dengan segala kerendahan hati."

      Hapus
    6. setuju mas DEDE HIDAYAT ,.

      Hapus
    7. mas dede hidayat,,setuju saya mas,,sma2 pesilat hrus saling bersahabat,,kan masih satu rumpun,,indonesia

      Hapus
    8. mas yog,,,, setahu saya psht gk pernah ngajarin hal yg sprt itu, atau barangkali mas yogi hanya orang yg ngaku2 warga psht???

      Hapus
    9. Pencak silat bukan untuk mencari musuh..
      Musuh tidak perlu dicari, kalau ada musug jangan lari....

      Apakah SH diajarkan sopan santun terhadap perguruan lain?

      Hapus
    10. Salam pesilat indonesia..semua pesilat indonesia tangguh n bertnggung jwb..mari kita sama2 jaga negara ini dg kmampuan kita n tnggung jwb kita..slm putra setia

      Hapus
    11. Salam pesilat indonesia..semua pesilat indonesia tangguh n bertnggung jwb..mari kita sama2 jaga negara ini dg kmampuan kita n tnggung jwb kita..slm putra setia

      Hapus
  10. salam kenal saya dari perguruan ps occ. pangastuti

    BalasHapus
  11. muhamad aji shon haji31 Desember 2011 00.59

    ass. saya dr perguruan pencak silat pagar nusa, salam knal kpd smua pesilat yg lain, trus kembangkan seni dan budaya indonesia wass.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum Salam Wr. Wb.
      Salam kenal Saya dari Kelatnas Indonesia Perisai Diri.
      Salam kepada semua pecinta Silat Indonesia.

      Hapus
  12. sekedar koreksi buat penulis blog ini,
    Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada SH terate tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1999 - 2009 sebanyak 2.080.767
    itu pun masih banyak kesalahan2 nya di karenakan masih belum tertib adminitrasi pada cabang2 baru PSHT di Luar Negeri. jika yang anda gunakan panduan dari http://www.shterate.com/profil-persaudaraan-setia-hati-terate/ itu masih salah, karena website tersebut tidak di terbitkan oleh pusat PSHT madiun.

    dan jika anda bilang di SH terate pake tenaga dalam atau sejenisnya kayaknya tidak ada, SH terate murni melatih kemampuan fisik & mental dr dalam diri kita sendiri apalagi setan jin dan sejenisnya....
    dalam SH terate pencak silat adalah sarana utama untuk meningkatkan persaudaraan saja, jadi kalo mau jd pedekar yg sakti mandraguna bukan di SH yg cocok tempatnya. org SH terate juga makan nasi kok....!!!!

    law untuk permainan pencak silatnya SH terate memang dr himpunan permainan pencak silat dr seluruh nusantara, coz saya sendiri sudah membuktikannya.


    trims, semoga membantu.
    lampers 1922 bagi saudara-saudaraku di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. OLAN SETIA HATI TERATE22 Januari 2012 09.32

      OKE LUR22 SETUJA

      Hapus
  13. iya,,,, SH TeratE tidak ada ilmu tenaga dalamnya,,,, jadi inget dulu ketika pendalaman di gedung wanita jepara,,,, mas didik tingkat 2 ngendiko,,,,, Nabi Muhammad wae menuso paling apik wae perang keno watu godres getihe,,, untune potol,,, meneh kene menuso akeh doso kok pengen rak tedas di bacok rak tedas ditembak,,,, rak mikir apa???

    BalasHapus
  14. SH TERATE 1922 SELALU JAYA ,,,,,,,SALAM BUAT TAPAK SUCi,,

    BalasHapus
  15. SH TERATE ga ada pke tenaga dalam bung =.=

    BalasHapus
  16. Abdul Gani Al-Batawi17 April 2012 06.10

    itu juga tu yang selalu ada di trans 7 tentang silat2tan, ape tu namanya , oh iya namanye "Merpati Putih" pusatnye di Jogja.

    BalasHapus
  17. "ane denger2 nih gan, ni aliran silat disegani krena lbih bnyak pke tenaga dalam gan.. :ngeri"
    untuk penulis mohon di koreksi, SH terate sama sekali tidak mengajarkan tenaga dalam semasa latihan menuju calon warga (pendekar). saya ikut sh terate dari tahun 2003 sampe sekarang tidak ada tuh yang namanya tenaga dalam. Dan perlu di ketahui, tenaga dalam tidak mempan jika adu teknik dengan orang yang sering latihan secara fisik.

    salam sedulur 1922.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul... itulah pendekar sejati... tidak ada melawan dalam kondisi alam bawah sadar

      Hapus
    2. SH teratai tidak menggunakan tenaga dalam, tetapi mengandalkan kepercayaan/kesetiaan dari dalam hati masing2 saat bertarung.

      Hapus
  18. ngomong opo wae nyatanya pendekar psht ngerusak persatuan bangsa dgn cara memusuhi pencak silat laen ngunu kok ngomong masalah pekembangan pencak silat di indonesia mending psht mendirikan negara sendiri wae jgn ikut indonesia merusak semboyan bhineka tunggal ika bangsa kita aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai bungkita umat muslim biar bagaimanapun di mata allah kita saudara muslim. peace bung.. salam damai..

      Hapus
    2. di sini tempatnya orang damai bukan buat tempatnya para profokator. terima kasih.

      Hapus
    3. itu oknumnya mas bukan organisasinya

      Hapus
    4. salam psht 1922 .semoga psht selalu jaya

      Hapus
  19. Muhammad ridholloh10 Mei 2012 08.30

    Assalamu'alaikum...
    Saya pesilat tapak suci dari riau, saya ingin mengklaem dari prgruan sh...
    Semua yg anda ktakn tidk sama dgn apa yg ada pada prgruan sh d sini, mereka memiliki ilmu dalam, bahkn mayoritas ilmu hitam, mereka pun adalh prgruan yang paling smbong krna prsaudaraan nya yang kuat, brang siapa yang membuat masalah olh slah satu dri anggota sh benar atau pun salah, pasti org nya babak belur d kroyok semua anggota...

    Saya pun bru tau dari anda bhwa ssungguh nya sh tdk mmiliki tenaga dlam, tdk sprti d sini...
    Salam kenal dariku, moga prguruam nya makin langgeng insya alloh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. d SH kami tdk d ajarkan ilmu hitam melainkan ilmu ke-SHaan(ilmu kebatinan), trims

      Hapus
    2. Tidak ada tenaga dalam. Ilmu yg diajarkan salah satunya adalah "memayu hayuning bawono". Memperindah dunia yg sudah Indah ini. Menghormati orang tua. Ojo dumeh alias tidak Boleh sombong.

      Hapus
    3. ilmunya orang SH adalah yakin,, dan yang diajarkan pun tentang akidah" agama...

      Hapus
  20. assslamualaikum wr. wb
    selama matahari terbit dari timur dan tnggelam dari barat PSHT te2p jaya,sh terate bukanlah ilmu hitam apalagi menggunakan tenaga dalam ajaran SH terate murni hanya berpacu pada fisik dan berkeyakinan pada ALLOh swt yang berpondasi dari hati
    jika SH terate adalah ilmu hitam kenapa SH terate semakin besar namanya dan mendunia dan semakin banyak pula anggotanya cobalah anda berpikir yang jernih dan jangan sok tau tentang SH terate jika anda hanya berpikir pendek dan tidak mengetahui secara detail apa itu SH terate,kalo SH terate pakek ilmu hitam mungkin sudah musnah dari dulu tapi nyatanya sekarang!!!! SH terate adalah warisan asli budaya bangsa yang ilmunya berasal dari indonesia yang sudah turun temurun,kita orang SH terate selalu menghargai semua pendapat anda tentang kami, di SH terate gk ada tenaga dalam di cubitpun terasa sakit kami manusia normal tapi hatilah dan atas ridho Alloh yang menjadi kekuatan kami sehingga dapat mnglahkan smuanya
    salam perdamaian dari PSHT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk sekedar masukan, ada baiknya mungkin dari PSHT pusat sekiranya meninjau ke PSHT Riau tentang berita yang berkembang, agar pemberitaan yang berkembang tidak menimbulkan Fitnah diantara pesilat yang ada di Riau dan seluruh Indonesia tercinta ini, yang perlu kita ingat, bahwa Hakikatnya pesilat adalah bersaudara tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan. Trims

      Hapus
  21. Assalmualaikum wr. wb.
    cuma ingin ngingtin buat semua pesilat tanah air,pencak silat bukanlah untuk kuat2an atau hebat2tan tp untuk menghadapi musuh kita, dn perlu di ketahui bahwa musuh yg pling kuat adalah hawa nahsu sendiri, berhati hatilah jika di dalam diri kita terdapat kesombongan dan ingin merendahkan yang lain, berarti kita telah kalah dan gagal menjadi seorang PENDEKAR SEJATI, salam perdamaian dari PSHT.

    BalasHapus
  22. budidayakan pencak silat

    BalasHapus
  23. murnikan pencak silat kita .. jangan dicampur2 kungfu xixixixi

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Salam Bunga Sepasang

    Jaya terus Pencak Silat Indonesia...
    KELATNAS INDONESIA PERISAI DIRI

    Salam Akhir
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  25. Punten,
    saya orang asli cirebon dimana sy mengikuti perguruan pencak silat asli dr cirebon. cm tdk terdaftar di IPSI. menurut saya gmn caranya Pencak silat asli tsb bisa berkembang. tekhnik dan gerak nya pun sangat berbeda dr pencak silat lain. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANGGA,
      Saran saya kalau bisa perguruan akang daftar ke IPSI dulu biar akang bisa ikut pelatihan yang diadakan oleh IPSI setempat. Cara mendaftar ke IPSI nda susah kok kang Persyaratannya AD/ART perguruan, Sejarah terbentuknya perguruan, dan keanggotaan minimal 100 orang. Mungkin harus ada penyesuaian gerakan yang direkomendasikan oleh IPSI, kalo akang perlu Literatur tentang pencak silat prestasi, saya siap membantu kang. Hub : email : ags.print@yahoo.com, atau hub. : 0813 5254 9449. Eh hilap, nepangkeun sim kuring Dede Hidayat ti Ciamis, nanging merantau di Kalimantan Barat, tepatna di Pontianak, Alhamdulillah abdi ngiring ngembangkeun kabudayaan Pencak Silat di Pontianak. Wassalam Dede

      Hapus
  26. assalamualaikum
    perkenalkan saya dari PPS BETAKO MERPATI PUTIH
    ni bukan.a gmana" gan, tapi di sini yng nama.a SH gg pernah menang malawan perguruan kami ..
    trims ..
    wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda boleh brkata sperti itu,.,trimaksih inilah sbgai bhan evaluasi kami. ttpi kami mohon pda anda untuk brfikir yg luas. ya mngkin mmng bner dt4 anda mmng SH tdk bsa mngalahkn prgruan saudara (merpati putih. Sh brkmbang dmna2 sdraq.,,.dan bsa mnjukkan prestasinya.
      mlh di t4 kami merpati putih sma s x g ada. yg ada PSHT, IKSPI, cempaka putih, cipta sejati.

      Hapus
    2. makanya itu dikatakan bahwa manusia tidak ada yang hebat di dunia ini.ingat di atas langit masih ada langit

      Hapus
    3. saya setuju dengan mas ilham dan mas yuda, saya jg dr anggota PPS BETAKO MERPATI PUTIH , tp saya tidak berpikir seperti saudara anonim, dalam setiap perguruan pasti ada kelebihan masing" . di dunia ini tidak ad yang terhebat , karna kesempurnaan itu hanyalah milik ALLAH SWT , hehehe

      Hapus
    4. saya setujuh dengan pendapat mas ilham.mas yuda dan mas tyo.

      untuk ap membanggakan ap yg kita punya,egk ad guna nya,yg dpt ny nnti mala ocehan2 dri org,,
      menang atau pun kalah it sudah biasa dlm suatu pertandingan,
      yg menang pun bkn berarti ud bisa mngakui bahwa dia telah mengalakan organisasi tersebut,,,

      it saja masukan dri saya,,
      trims
      salam saudara dulur 1922,psht

      Hapus
    5. sepertinya ada yang kurang info ni.
      dari sejarahnya, PSHT dulu adalah emang untuk pencak sport club dan merupakan organisasi tertua dalam bergabubgnya. sehingga wajar bila dalam dunia atletik PSHT lebih populer.
      akan tetapi bila dilihat dari gelanggang lokal, (maaf) tidak sedikit perguruan yang dengan mudah menjatuhkan PSHT. taruhlah Pagar Nusa, Winongo, IKSPI, dll.
      tapi dari apa yang saya liat emang saya belum pernah menemui Merpati Putih dan Cempaka Putih kalah dengan PSHT.
      saya tidak berlebihan, saya mengakuinya meski saya pribadi adalah IKSPI.

      Hapus
  27. salam pesaudaraan untuk seluruh saudaraku PSHT...

    BalasHapus
  28. senang rasanya karena silat aliranku menjadi salah satu yg di segani hidup cimande

    BalasHapus
  29. Sura Dira Djaya Dhiningrat,Lebur Dining Pangastuti,,Medioen Poesat Menyapa Saudaraku Tunggal Kecer Di Seluruh Penjuru Dunia,salam perdamaian 1922,

    BalasHapus
  30. Iya di daerah ane yg namanya psht gak pernah menang. yg sering malah masuk berita dengan kabar TAWURAN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass

      itukan di daerah sampean,,
      egk di daerah laen,,kalu seluruh psht di indonesia kayak gtu,pasti ud di tutup bkn ny malah berkembang sampai skrng,,

      dan perlu di ingat saudara bek,,egk seluruh pesilat it bisa menang terus pasti suatu saat nnti kala,,di karna kan kita hnya manusia biasa egk lebih,,,


      wassalam,maaf sebelumnya

      Hapus
  31. seng ngelokne sh terate tak enteni neng lapangan margobawero medion!!!

    BalasHapus
  32. gak ada yang merpati putih kah ??

    BalasHapus
  33. assalamualaikum, salam persaudaraan.. Saya adalah warga psht dari ngawi, dulu sblm aq masuk psht aku juga memiliki kbncian thd organisasi tsb, tpi entah ada angin apa pada tahun 2009, aq mulai mengikuti latihan, latihan dmi lathan q jalani, akrnya q bru fham, Yang buruk bukanlah AJARAN PSHT,psht memberikan ajaran mendidik manusia agar berbudi luhur tau benar dan salah, untk warga psht, jgan membawa nama sh untk brbuat onar, psht ada di masyarakat untk memberi kedamaian n kenyamanan, bukan unk meresahkan, masalah tenaga dalam, memang benar, psht punya tenaga dalam yg luar biasa, bukan tenaga dalam yg dari mantra, melainkan tenaga dalam dari hati, sikap optimis,percya diri, yakin,dan rndah hati, itulah tenaga dalam kita
    JIKA SALAH MOHON DIRALAT

    BalasHapus
  34. Mbah google aja bilang kalau PSHT perguruan indo yang uda goO internasional masak iya gak bs menang ama merpati putih perguruan yang cm segelintir aja, yang ada itu merpati putih yang gak pernah bs menang lawan SHT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yang berlatih tekun dan giat, dialah yang menjadi juara. Untuk menjadi seorang juara tidak perlu Besar Kecilnya suatu perguruan, tapi Giat berlatih dan selalu bisa menerima masukan dari perguruan lain. PENYAKIT BELA DIRI DATANG KETIKA PESILATNYA MERASA PERGURUAN DIA BERLATIH PALING HEBAT, DAN SELALU BERPATOKAN PADA CERITA KEHEBATAN PARA PENDAHULUNYA, PADAHAL DIA SENDIRI TIDAK PERNAH MENYAKSIKAN KEHEBATAN PENDAHULUNYA TERSEBUT.
      Bekali Pesilat Kita "ILMU PADI DAN SALING MENGHARGAI SESAMA"

      Hapus
    2. hidup mas DEDE HIDAYAT !!! hehehe

      Hapus
    3. Kalau mau di lihat dari pendahulu,Merpati Putih ga kalah hebat. . . .
      Pendahulunyapun seorang Prabu kerajaan Kraton. . .
      Bahkan Merpati jg ga kalah go international. . .
      Merpati Putih juga luas bkn hanya segelintir. . .
      Tapi apalah arti itu semua?
      Hebat dan tidaknya seseorang itu berdasarkan masing2 individu,bukan berdasarkan besar dan kecilnya perguruan. .
      Dan 1 lagi,seorang pesilat haruslah rendah hati dan saling menghargai. . .
      Salam Perguruan! Saya dari anggota PPS BETAKO Merpati Putih. .
      Trims.

      Hapus
  35. Salam Gan..
    Saya Dari Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Sumatra Selatan..
    Saya Memang pernah mendengar Kehebatan Perguruan2 silat seperti PSHT,Merpati Putih,Cimande,Tapak Suci..

    BalasHapus
  36. salam persaudaraan buat khadang PSHT dan semua perguruan silat di indonesia,..
    mari kita jaga dan lestarikan bela diri asli indonesia

    BalasHapus
  37. SALAM PERSAUDARAAN DARI WARGA PSHT ADD PIN 227AE090.

    BalasHapus
  38. salam persaudaraaan buat seluruh pengikut pencak silat di indonesia,,,,
    saya siswa dari pencak organisasi (PO)....
    buat yang dari occ.pangastuti salam ae wes,,,
    semoga semakin jaya...

    BalasHapus
  39. (PO), CIMANDE, OCC. PANGASTUTI, PSHT, TAPAK SUCI, PAGAR NUSA dan lainnya....
    jagalah nama baik perguruan kalian, kita semua sama, kita sedarah dan sealiran...
    untuk nama perguruan yang disebutkan adalah nama perguruan teman-teman dekatku....
    aku sendiri dari (PO) pencak organisasi...
    salam buat pesilat2 indonesia...
    indonesia jaya selamanya...

    BalasHapus
  40. SALAM BUAT MAS2 SEMUA... saya dari peguruan IKS.PI salut dgn kata2 kalian...

    BalasHapus
  41. salam sejahtera bt semua saudara seperguruanku... dengan usia sy yg sudah tidak muda lagi seperti kalian sy hanya ingin mengatakan satu hal... diatas langit ada langit... kenapa sy mengatakan kalian semua saudara seperguruan...? itu tidak lebih karena sy adalah sesepuh dari perguruan kalian semua...
    wassalam....!

    BalasHapus
  42. d daerah saya pacitan kebanyakan wrga psht sombong. .mreka sring brbuat onar dan tawuran. . .saya dlu pernah ikt psht tpi stelah msuk saya kaget. . .di saat para murit latihan . .para warganya malah minum minuman keras. . .stelah mereka mabuk. . .bru menghajar+memukuli para murit". . .apakah ini seorang pesilat yang di dasari oleh agama. . .tolong para warga sht . .hlangkan kebiasa an seperti itu. . .biar g merusak nama psht itu sndiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sh terate adalah wadah nya,,,

      baik ato buruknya tegantung manusianya yang memilih,,,

      Hapus
    2. iya mungkin itu bisa menjadi koreksi bwt psht, jika terus dibiarkan akan menambah buruk nama baik psht, apalagi yng coment begitu udh lebih dr satu bahkan bapak saya yng merupakan anggota psht (warga) berkata demikian , trmkasih semoga psht terus jaya bersama silat seluruh indonesia

      Hapus
  43. kenapa harus saling membanding"kan perguruan masing" ??
    Cukup satu kata "BHINEKA TUNGGAL IKA"

    BalasHapus
  44. buat apa di ciptakan IPSI kalo tidak bisa mempersatukan pencak di indonesia

    BalasHapus
  45. Semua pencak silat itu sama, yang di butuhkan hanyalah kepandaian seseorang dalam mempelajari suatu ilmu silat.

    By: Aan ( anak MP/ merpati Putih )

    BalasHapus
  46. salam bunga sepasang dariku : Perisai Diri

    BalasHapus
  47. jangan tunjukkan keahlian berpencakmu

    salam persaudaraan 1922

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tunjukkan kelebihan preman kampungmu psht

      Hapus
  48. saya pernah ikut PSHT,tapak suci dan perisai diri,,,,, pada dsar nya smua perguruan itu memiliki klebihn dan kekurngn msing2,jngn pernah merasa paling hebat karna dmana ada kekuatan dsana ada kelemahan,dmana ada ksombngan dsana ada kehancuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuh dengan mas alber,,

      baek buruk nya suatu perguruan it tergantung pada org2 nya,
      dan ingat tak mungkin ad perguruan,org yg di dlm nya egk melakukan hal2 yg neko,karna tidak lah mudah menyatukan sekian bnyak org,sejalan dengan pikiran kita,,,

      salam dari saya,,,1922,,

      Hapus
    2. Salam Buat semua........

      eh ,para sobat
      Aku sering liat di banyak pertandingan silat di indonesia tp Ngk ada istilah Perguruan ini/itu yg lebih baik namun menurut saya indifidulah yang dikatakan hebat karena mereka yang meraih gelar Jura....
      bukan begitu gan...!!!!

      Hapus
  49. kq cma ini mana perguruan yang lainnyaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  50. Iya koq cuma itu aja ya ? yang laen mana ? tapi saya seneng banget mbacanya, juga bisa nambah pengetahuan ttg banyak nya aliran sialt di tanah air tercinta Indonesia.

    Salam persahabatan dan perdamaian
    Rahayu ...

    BalasHapus
  51. persaudaraan setia hati tertatai jaya,,, salam persaudaraan.

    BalasHapus
  52. Sh terate tu mendidik manusia to berbudi luhur spy tau mana yg benar n mana yg salah.
    Salam seduluran dhulur" warga psht sluruh dunia. Tingkatkan prestasimu harumkan negaramu .... 1922 ttp jaya to slama" nya

    BalasHapus
  53. assalamualaikum wr wb
    saya asli orang lumajang,, dari pencak organisasi,
    salam untuk pesilat indonesia...!

    BalasHapus
  54. Ass.. Mf sblum a.. Seru ya panas2An,, mw lebih panas. . ?
    Sparing aja loe2 pada hebAt2AN. . ! Xg mati juga di kubur ! !

    Bye. Kuntaw palembang

    BalasHapus
  55. Bkan mksud pamer,,, tp jujur,,, enek,sepet, nek ndelok wrga sh neng daerahku. Podo adigang adigung adiraguno,
    Tak akui,, q ra tau melu seng jenenge pencak silat, tp Alhamdulillah sering duel ro wrga sh, alhamdulillah kersane Allah, q d paringi slamet. Wargane babk bunyak, ngesoke wargane nyelok bolone nggo ngroyok aku. Alhamdulillah meneh,, sktar wong 20 warga PSHT gak enek seng wani nyenggol awak ku, wedi kbeh gara" tak tungi pistol. ahire pdo mlayu tunggang langgang, ngiprit.

    NB: ra sumbut ro semboyane.

    Slam damai brow,
    Ini hny pngalamanku di daerahku padang sumatra barat

    BalasHapus
  56. menang tanpo ngasorake...iku wejangan leluhur yg patut kita pegang... ngliat obrolan agan2 saya jadi bingung, pilih yg mana ya... ada yg tau silat cikalong?katanya ini mirip taichi, tapi asli cikalong jawa barat. saya suka silat tapi gak pengin jadi jagoan. mungkin aliran "keras" ga cocok dg saya dan bikin males latihan.
    oya apa benar kl beladiri dg fisik akan dibatasi umur? sementara taichi tidak?
    salam. semoga semua berbahagia. sukses. selamat dunia akhirat. menuju indonesia kuat dan jaya. bhineka tunggal ika.

    BalasHapus
  57. semua anggota pencak silat indonesia.
    Knpa kalian harus olok olokan cuma karna perbedaan aliran beladiri.
    Saya yakin semua aliran beladiri mengajarkan kebaikan tapi knpa kalian rusak dg celaan yg kalian tujukan kpada beladiri lain.
    Itu artinya kalian merusak aliran beladiri kalian sendiri.
    Ayo kita bersatu jangan beda bedakan aliran beladiri yang satu dg yg lain.
    From:peminat semua aliran pencak silat

    BalasHapus
  58. salam kenal semua anak anak perguruan silat lainnya.salam saya dari perisai diri

    BalasHapus
  59. Assalamu alaikum
    Bagy para pesilat2 indonesia jngan saling membanggakan apa yg d bnggakn, kita ini mahluk lemah. Semua d hadapan Allah sama. .hanya keimana yg membdakan.
    Tapi pencak silat jg tetap harus d lestrikan coz it warisan nenek myang qt semua.

    Salam bgy semua perguruan . Damai it indah bro
    #sy warga PSHT

    BalasHapus
  60. Mas brow klw gw bleh usul dari smua perguruan pencak silat diindonesia hrus bersatu menjaga kedamaian negara ini... dan klw gw bleh usul buatlah sebuah anggota perdamaian khusus terselubung yg terdiri dari pesilat2 yg tangguh bijaksana dan brjiwa ksatria yg mepnyai ilmu tenaga dalam tingkat s(sempurna)

    BalasHapus
  61. gan mau nanyak kalo pencak silat yang ada dibekasi apaaja..? and kalo teratai putih dimana nya..?

    BalasHapus
  62. gan mau nanyak kalo pencak silat yang ada dibekasi apaaja..? and kalo teratai putih dimana nya..?

    BalasHapus
  63. Ngapunten kang

    PSHT isok'e ngerusak..
    Onok pencak bebas gk tau muncul gk wani munggah
    sakben ulan suro telasan, tawor tok wanine
    gK. Wani sambubg single

    ikuta seng jnenge pendekar..
    Dasar PSHT mbokne ancokkk


    lek gk trimo reneo sambung single

    surabaya petemon timur

    BalasHapus
  64. salam ipsi,,,saya rasyid dari tapak suci lampung,,,pada dasarnya smua perguruan di indonesia itu tidak ada yang mengajarkan kesmbongan,,,merasa paling hebat,,,tpi dri masing2 lah yg merasa paling hebat tpi tidak tau bahwa diatasnya langit masih ada langit...

    BalasHapus
  65. i like vencak silat n semangt terus

    BalasHapus
  66. Salam dari anak netral ( gak melok organisasi opo wae )
    Sehebat"nya orang hebat silat, gak bakal kekal dan abadi...
    Toh mati juga gak bisa jalan sendiri ke makamnya..
    Jadi gak perlu pamer,,, gak juga orang bilang " wwwaaaaooo "...

    Organisasi silat ala fuck..

    BalasHapus
  67. G perlu jelek jelekin g psht g perisai diri,g iks pi ,g p0,g tapak suci smua janc0k busuk busyit!!! Lampers psht p0n0r0g0

    BalasHapus
  68. salam kekeluargaan&persaudaraan by:SATRIA KUDA PUTIH

    BalasHapus
  69. ga salah psht yg no.1..wkkwkw...di tempat saya di kaltim..anak2 psht ga ada yg macem2..wkkwk..pernah ada siswa kesurupan pas latihan...lucunya para pendekar psht ga bisa sembuhin tuh..

    BalasHapus
  70. Di sni tmpat sya tnggal mmang akeh wong trate tp mrka pda smbong dan seolah" mereka yg brkuasa mereka sllu syirik dn td bsa mlhat bndra prguruan lain brkibar... Apakh itu yg d ajarkn oleh sesepuh psht?

    BalasHapus
  71. salam silat...
    sy pesilat juga ^ ^
    mari berteman, bersama lindungi bangsa indonesia dr musuh...itulah silat :)

    BalasHapus
  72. Silat itu seprti kendaraan apapun macam dan bentuk silat y.yg bisa bkin hebat itu dri diri y sndri.

    BalasHapus
  73. Saya masih kecewa melihat perseteruan pencak silat di indonesia ...
    saya himbau agar . jangan ada kerusuhan lagi di kalangan masyarakat kita...

    itu aja dari saya
    Anggota kepolisian
    Briptu. Metro jaya

    BalasHapus
  74. Sabar bg wlyh yg kn dampak onar warga2 psht.


    BalasHapus
  75. kayaknya sh terate gak pakek tenaga dalam deh :/
    mereka murni hasil olah raga.

    BalasHapus
  76. coba saya ingin tanya ke admin, apa kategori yg menjadi dasar dr "PALING DISEGANI' , apa dr jumlah anggota atau prestasi di kejuaraan ato apa? :) kalo dihitung dr yg "pernah" ikut tentu saja yg paling banyak adalah TAPAK SUCI krn selain dr maniak beladiri, juga menjadi ekstra dr sekolah SD SMP SMA Universitas yg Muhammadiyah, tapi setelah tamat dr situ apa semua meneruskan pencarian ilmunya? kalo dr keeratan antar anggota tentu saja itu para SETIA HATI dr aliran manapun, meski tak pernah berlatih lagi, dr kejuaraan ya gonta ganti, tergantung bibit & pelatihan khususnya, ato dr manfaat ketika praktek & amal bakti beneran di didunia nyata ( lawan rampok , kegiatan masyarakat dsb ) ?

    BalasHapus
  77. Assalamu'alailum wr.wb
    salam terhadap pesilat seluruh indonesia .
    Dn salam bunga sepasang terhadap anggota perisai diri {PD}

    BalasHapus
  78. Saya pesilat zukfikor Mahesa Kurung .. tpi saya juga atket taekwondo hihi

    BalasHapus
  79. PSHT perusak, g ada yang bener tu PSHT, beraninya cuman petetang-peteteng,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas, itu perguruan g bisa liat perguruan lain senang, itu perguruan iri hati, bukan setia hati

      Hapus
  80. Salam Silat Indonesia..
    dari Silat Perisai Diri

    BalasHapus
  81. Ssama beladiri silat seharusnya dan semestinya saling bersaudara bukan saling betseteru semua aliran pencak silat itu hebat tinggal bagaimana kita menyikapinya bukan dgn perseteruan tpi dgn persaudaraan ayo saling berjabattangan jaga tali persaudaraan untuk pencak silat dan indonesia yang lebih baik

    BalasHapus
  82. walaupun berbeda-beda tapi kita tetap satu tanah air,
    so yuk kita saling menghargai dan saling hormat menghormati!!!
    :) :) :)

    salam persaudaraan.

    BalasHapus
  83. Salam untuk kawan kawan dari saya, anggota MERPATI PUTIH

    BalasHapus
  84. Bhakti Negara juga gan...

    BalasHapus
  85. .mas aq penggemar PSHT ndek TALUN,aq pengen masuk PSHT tapi ndek kene jarang enek....tulong SOLUSINE.

    BalasHapus
  86. Saya hanya ingin bertanya(maaf kalau pertanyaan saya sedikit menyinggung),apakah benar Warga PSHT kalau mau naik tingkat harus mengambil sabuknya di kuburan dan sabunya di pendam dalam kuburan? saya antara percaya dan tidak percaya soalnya banyak teman-teman saya yang mengatakan hal seperti itu.agar menjadi jelas mohon di respon,trims !!

    BalasHapus
  87. Salam Damai semuannya #1986 ...............

    BalasHapus
  88. Barang siapa yg mau melatih dan berlatih pasti akan ketemu apa yg diinginkan ya.buat dulor dulor dimana pun berada tetap rendah hati dan berlatih kedalamanya

    Kosong adalah isi
    Isi adalah kosong

    Oh iya setau ku ilmu itu gx ada yg hitam semuah sama datang ya dari allah tergantung kegunaan ya bila allah telah berkehendak maka terjadilah.

    Lamperss22 wonogiri. Dari anak ingusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. uke mas...mkasih info`ne ,

      Hapus
  89. Salam hormat, salam damai, salam satu hati..

    perbedaan suatu seni kehidupan..
    meski beda perguruan tapi tetap satu tujuan,yaitu hidup secara kebersamaan..

    Salam damai kepada perguruan TS, PD, PO, CIMANDE, IKSPI, PN..

    Salam PSHT Lamongan.

    BalasHapus
  90. Salam untuk semuanya, perkenalkan saya dari perguruan satria muda Indonesia...

    BalasHapus
  91. Salam kenal, salam persahabatan friend...
    Untuk para pendekar"/ pesilat" asli indonesia darisabang sampai merauke
    Salam Nur Harias (NH)

    BalasHapus
  92. Ingin ikut Terate dn tapak suci !
    Tpi, bgaimna crax ??
    Q brasal dri daerah Probolinggo .
    Add fb q, Heki Huzza .

    BalasHapus
  93. Tolong d bntu yh ??

    Q sdah ikut silat sebelumx , tpi rsax msih kurang.
    Krna brhenti d tgah jalan.

    BalasHapus
  94. Atau langsung sms nomerq .
    0812 5253 5279.
    081 939 545 295.

    BalasHapus
  95. OJO RUMONGSO BISO NANGING BISO O NGRUMANGSANI

    LAMPERS22 MADIUN SELATAN

    BalasHapus
  96. SALAM HANGAT DARI TAPAK SUCI PIMDA 148 PACITAN,,
    SALAM UNTUK SAUDARA2 IPSI

    BalasHapus
  97. salam opersaudaraan bagi warga PSHT seluruhnya.
    saya [pengesahan dari batam. .

    BalasHapus
  98. Apa yg bisa kalian sombongkan sedangkan apa yg kalian miliki hanyalah titipan...

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments