Followers

Rabu, 02 Juni 2010

Asal Mula HOODIE

Penasaran gak sih kenapa bisa ada benda se-unik hoodie? Gimana, kapan dan siapa yang menciptakannya? After doing some researchs (thanks to the internet!) kita nemuin sejarah terciptanya hoodie. Seperti apa, mari dibaca…

Tahun pastinya terciptanya hoodie ini terjadi di sekitar tahun 1930an, tapiii kemunculan awalnya bahkan udah lebih berabad-abad jauh sebelum tahun itu, di sekitar masa “Middle Age” (kalo yang suka main game pasti tau masa ini.. haha). Jadi, hoodie ini sendiri sebenarnya udah jadi bagian dari seragam pastor pada masa itu sebagai pelengkap dari tunik mereka.

Nah, untuk masa modernnya, hoodie ini pertama kali dibuat oleh perusahaan Champion sebagai seragam bagi para buruh pabrik makanan beku di New York. Gak tau juga deh kenapa pabrik makanan beku kok butuh hoodie di seragamnya. Hehe. Well, saking uniknya seragam mereka ini, lalu orang-orang pun mulai kepikiran buat ngejadiin hoodie sebagai baju olahraga. Kan kita tau sendiri, klo lagi jogging gt matahari panasnya suka nggak toleransi, jadi hoodie dianggap bisa buat ngelindungin kita dari sinar matahari saat lagi olahraga. Dan seorang designer bernama Claire McCardell lalu ngeluarin koleksi sports line nya full of hoodie.

Trus, hoodie mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970an, dimana di Amerika kan lagi booming hip-hop banget di era itu. Dan bagi hip-hopers, hoodie dianggep sebagai simbol anonimitas, karena hoodie ini bisa menyembunyikan wajah dari seseorang, dimana pada masa itu, isu rasial di Amerika juga masih sensitif, dan hoodie dianggap menjadi sebuah pelindung dari kekerasan ras yang sering dialami orang kulit hitam disana. Tapi bagi sebagian orang justru sisi anonimitas hoodie ini dianggap negatif karena dapat memacu timbulnya niat kriminalitas.

Tapi semua anggapan itu lama-lama ilang digantikan sama kemunculan hoodie di lini High Fashion yang dikeluarkan oleh Norma Kamali yang memberikan kesan glamor dan mewah pada setiap rancangan hoodienya.

Pada tahun 1990an, hoodie mulai menjadi statement clothes bagi skaters dan surfers di masa itu, dimana semuanya berkisar diantara umur 14-28 tahun, dan sampai sekarang pemakai hoodie dari sisi demografik ini terus bertahan. Oh ya, dan juga penggunaan hoodie sebagai jaket angkatan di berbagai macam SMU dan Universitas mulai terjadi di tahun ini. Lalu designer sekelas Tommy Hilfiger, Giorgio Armani dan Ralph Lauren menjadikan hoodie sebagai komponen utama dalam koleksi pakaian mereka di masa ini.

Naahhh, itu tadi sekilas panjaaaang dari perjalanan hoodie. I hope you guys read it, dan semoga bermanfaat bagi kalian. Menarik kaan? hehe. Kalo gw sih setelah tau sejarahnya, jadi tambah bangga pake hoodie!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments