Followers

Minggu, 20 Juni 2010

Bagaimana Tornado itu Terjadi?

Quote:




~Apa Itu Tornado?~


Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyentuh tanah dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km. Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat.



~Kenali Ciri Ciri datangnya TORNADO~


1. Langit terlihat hitam atau mendung

2. Terjadi hujan es di sekitar daerah (biasanya durasi selama 20-25mnt)

3. Setelah terjadi badai hujan maka suasana akan tenang namun langit semakin hitam gelap

4. Awan bergerak cepat sehingga mengitari daerah kita

5. Kemunculan Tornado bisa didengar. Awalnya suara nya seperti air terjun, namun lama lama berubah menjadi seperti suara jet yang sangat keras

6. Ingat biasanya tornado bergerak dari barat daya ke timur laut. Mereka juga bergerak da ke arah timur, tenggara, utara, dan bahkan barat laut.



~Bagaimana Proses nya?~

Bagaimana tornado terjadi/terbentuk ? Perubahan lapisan udara merupakan pemicu lahirnya Tornado dalam hal ini jika lapisan udara dingin berada diatas lapisan udara panas, udara panas naik dengan kecepatan 300-an km/jam, udara yang menyusup dari sisi inilah yang mengakibatkan angin berputar sehingga membentuk tornado, dan bila sudah sempurna maka sebuah tornado bisa memiliki kecepatan hingga 400 Km/jam serta lebar cerobong antara 15 - 365 meter. Yuk kita lihat cara kerja munculnya TORNADO
Quote:
Yuk kita lihat bagaimana Proses Terjadinya TORNADO

Spoiler for :








Badai cepat berkembang - disertai hujan, guntur dan kilat. Ketika suhu tanah meningkat, udara panas dan lembab mulai naik.



Spoiler for :


Ketika hangat, udara lembab dan dingin memenuhi udara kering, itu terangkat ke atas, masuk ke lapisan udara atas. Sebuah awan petir mulai terbentuk pada fase ini.



Spoiler for :


Pergerakan udara ke atas sangat cepat. Angin dari sisi samping menyebabkan arah yang berbeda dan membentuk sebuah pusaran pusat yg kuat.


Spoiler for :


Sebuah kerucut hasil putaran udara yang berpilin tersebut mulai terbentuk dan terlihat dari awan ke permukaan tanah sehingga terbentuklah TORNADO.
Quote:
~Tornado Terbesar Sepanjang Masa: The Super Outbreak (April 3-4, 1974)~

Dari namanya saja sudah mengerikan gan, bagaimana dengan badainya? Yang hanya bisa dijelaskan pada saat itu adalah 148 tornado yang sedang memporak porandakan 13 negara bagian di Amerika. Badai ini tidak berlangsung dalam 1-2 jam saja, tapi berlangsung selama 24 jam penuh!.
Akhirnya pada tahun 1974, berita resmi mengumumkan korban meninggal sebanyak 330 orang dan 5,000 orang terluka. Jika 148 tornado tersebut digabungkan, maka akan menghasilkan badai seluas 2,500 mil/segi.


Spoiler for :

Terjadi di Ohio, USA



Terjadi di Xeina High School mencapai F5 Damage



Terjadi di Grenee Memorial Hospital

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments