Followers

Sabtu, 12 Juni 2010

Ditemukan Sepatu Kulit Tertua di Dunia



Sekitar 5.500 tahun lalu seseorang di pegunungan Armenia telah mengenakan alas kaki yang sekarang menjadi sepatu kulit tertua yang pernah ditemukan di muka bumi.

Alas kaki yang terawat dengan baik itu terbuat dari satu bagian kulit, yang terikat tali depan dan belakang, menurut peneliti yang melaporkan di jurnal Perpustakaan Umum Sains PLoS One.

Sepatu untuk kaki kanan itu ditemukan di sebuah gua itu bersama dengan bukti pendudukan manusia lainnya. Sepatu itu penuh dengan rumput, yang berasal dari masa yang sama dengan kulit sepatu- antara 5.637 dan 5.387 tahun yang lalu.

"Ini adalah keberuntungan yang besar," puji Ron Pinhasi arkeolog dari University College Cork di Cork, Irlandia, yang memimpin tim peneliti.

"Kami biasanya hanya menemukan pot rusak, tapi kami memiliki sedikit informasi mengenai kegiatan sehari-hari dari orang-orang kuno "

“Apa yang mereka makan apa? Apa yang mereka lakukan? Apa yang mereka kenakan? Ini adalah kesempatan untuk mengtahui dan memberikan kita kilasan nyata mengenai masyarakat," katanya.

Sebelumnya, sepatu kulit tertua ditemukan di Eropa atau Asia adalah menempel di Otzi "manusia es" terkenal yang ditemukan membeku di Alpen beberapa tahun yang lalu dan sekarang diawetkan di Italia.

Otzi hidup 5.375 dan 5.128 tahun yang lalu, beberapa ratus tahun lebih baru daripada sepatu Armenia.

Sepatu Otzi yang terbuat dari kulit rusa dan beruang yang disatukan dengan tali kulit. Sepatu Armenia tampaknya terbuat dari kulit sapi, kata Pinhasi.

Sandal kuno ditemukan di sebuah gua di Missouri, tetapi terbuat dari serat bukannya kulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments