Followers

Minggu, 13 Juni 2010

Evolusi Bola Yang Pernah Dipakai Dalam Ajang Piala Dunia

SEJARAH DARI BOLA PIALA DUNIA






Spoiler for Story:
Quote:
Sejak tahun 1970, Piala Dunia selalu memakai bola produk Adidas sebagai alat pertandingan resmi. Teknologi sebuah bola selalu di up date dari tahun tahun agar menghasilkan bola yang nyaman jika digiring, dioper, dan ditembak oleh kaki. Tidak terlalu berat dan juga tak terlalu ringan. Bola, juga mesti sesuai dengan tekanan udara disekelilingnya agar meluncur cepat dan tepat.

Piala Dunia 1970 di Meksiko adalah permulaan Adidas memperkenalkan bola yang diberi nama Telstar. Selanjutnya, berturut turut lahir lah Telstar Durlast, The Tango, Tango Espana, Azteca, Etrusco Unico, Questra, Tricolore, Fevernova, Teamgeist, dan Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan akan menggunakan bola bernama Jabulani.

Selamat ber-World Cup bagi 32 negara yang ikut merayakannya pada Juni-Juli 2010 mendatang. Dan kita? Mungkin cukup puas hanya dengan duduk manis di depan televisi atau beramai ramai nonton di cafe, yang ini sih khusus bagi mereka yang punya dana lebih.


BERIKUT BOLA YANG PERNAH DIPAKAI SEJAK PERTAMA SAMPAI YANG TERBARU DALAM PIALA DUNIA/WORLD CUP


Quote:
Spoiler for 1930 & 1934:

Keterangan :
Bola ini merupakan bola pertama yang dipakai dalam ajang Piala Dunia, Bola ini pernah dipakai di Piala Dunia 1930 di Uruguay dan Piala Dunia 1934 di Italy

Spoiler for 1938:

Spoiler for 1950:

Spoiler for 1954:

Spoiler for 1958:

Spoiler for 1962:

Spoiler for 1966:

Spoiler for 1970:

Keterangan :
Telstar adalah desain dari sepak bola yang dibuat oleh Adidas. Ini adalah salah satu dari dua pertandingan bola resmi dari Piala Dunia FIFA 1970 di Meksiko, bersama dengan Chile. The Telstar Durlast serupa adalah bola resmi Piala Dunia FIFA 1974 diadakan di Jerman Barat.

Ini adalah pertama Piala Dunia bola menggunakan bola ikosahedron dipotong atau Bucky untuk desain, yang terdiri dari 12 hitam pentagonal dan 20 panel heksagonal putih, yang kemudian menjadi desain rutin bola. bola lama telah terdiri dari kelompok garis, mirip dengan konfigurasi voli modern.

Spoiler for 1974:

Spoiler for 1978:

Keterangan :
Hal ini memperkenalkan desain baru yang akan digunakan selama dua puluh tahun ke depan: Dua puluh panel identik dengan 'menciptakan triad' kesan dari 12 lingkaran. Itu adalah bola yang paling mahal dalam sejarah, pada waktu itu, dengan tag harga £ 50. Seperti pendahulunya, Adidas Tango Durlast terbuat dari kulit asli dan menyombongkan diri dengan waterproofing coating mengkilap Durlast.

Spoiler for 1982:

Keterangan :
Tango España oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1982 di Spanyol. Para España Tango telah meningkatkan kualitas tahan air melalui lapisan karet tersebut. Ini tidak begitu tahan dan mengakibatkan bola harus diganti beberapa kali selama beberapa permainan. bola ini adalah bola terakhir kulit asli untuk digunakan dalam Piala Dunia.

Spoiler for 1986:


Keterangan :
Azteca Meksiko oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1986 di Meksiko. Itu juga yang pertama sepenuhnya sintetik bola Piala Dunia FIFA.

Desain yang penuh dihiasi diilhami oleh arsitektur asli bangsa Aztek hosting dan mural.

Spoiler for 1990:

Keterangan :
The Unico Etrusco adalah bola sepak yang dibuat oleh Adidas di awal 1990-an. Itu adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1990 di Italia dan Euro 1992 di Swedia. Nama dan desain yang rumit mengambil inspirasi dari sejarah kuno Italia dan seni halus dari Etruria. Tiga Etruscan kepala singa menghiasi setiap 20 triad Tango.

Spoiler for 1994:

Keterangan :
Questra adalah nama yang diberikan kepada keluarga sepak bola awalnya diproduksi oleh Adidas untuk acara internasional terkemuka di pertengahan 1990-an. Nama itu berasal dari kata kuno yang berarti "pencarian bintang"

Bola pertama keluarga hanya bernama Questra dan awalnya dirancang untuk bola pertandingan resmi Piala Dunia FIFA 1994 di Amerika Serikat. Karena popularitas bola itu, ada dua edisi baru dari Questra dirilis pada tahun 1996. Salah satunya bernama "Questra Europa" dan dimaksudkan untuk bola pertandingan resmi UEFA Euro 1996 di Inggris, sedangkan yang lainnya adalah bertuliskan nama "Questra Olympia" dan bola pertandingan resmi dari turnamen sepak bola di Olimpiade 1996. Kedua bola melaporkan warna.

Spoiler for 1998:

Keterangan :
Tricolore oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1998 di Perancis. Ini adalah multi-bola berwarna pertama yang digunakan dalam tahap akhir turnamen dan juga final Piala Dunia bola untuk menanggung Tango desain klasik, diperkenalkan pada turnamen 1978. Rancangan triad biru dihiasi dengan motif ayam jago diadopsi untuk mewakili warna bendera Perancis. Tricolore juga Adidas pertandingan pertama Piala Dunia bola diproduksi di luar Eropa (dibuat di Maroko) sejak 1970 Adidas Telstar.

Spoiler for 2002:

Keterangan :
Fevernova adalah bola pertandingan resmi Piala Dunia FIFA 2002 di Korea / Jepang. Diproduksi oleh Adidas, itu menandai keberangkatan dari desain bola Tango tradisional.

The Adidas Fevernova adalah pertama Piala Dunia sejak tahun 1978 Ball Sesuai untuk bagian dari desain tradisional Tango diperkenalkan pada tahun 1978. Tampilan warna-warni dan revolusioner dan penggunaan warna seluruhnya didasarkan pada budaya Asia. The Fevernova menampilkan lapisan busa sintaktis halus untuk memberikan bola karakteristik kinerja yang unggul dan tiga-lapis, chassis rajutan, yang memungkinkan untuk jalur penerbangan yang lebih tepat dan dapat diprediksi setiap saat.
bola ini dikritik karena terlalu ringan, namun beberapa gol spektakuler yang dicetak dengan itu selama turnamen. Bola juga dipersalahkan atas sejumlah gangguan yang terjadi di babak

Spoiler for 2006:

Keterangan :
Bola + Teamgeist merupakan bola resmi untuk Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Tanda plus dalam namanya diperkenalkan untuk tujuan dagang, karena kata Teamgeist reguler Jerman, yang berarti "semangat tim", tidak bisa dagang.

Bola didesain oleh Adidas Innovation Team dan Corporation cair dan dibuat oleh Adidas, yang telah memberikan bola yang digunakan dalam semua pertandingan Piala Dunia sejak Piala Dunia 1970 ketika Telstar diperkenalkan. Bola + Teamgeist berbeda dari bola sebelumnya hanya memiliki 14 panel melengkung (membuat bola topologi setara dengan segi delapan dipotong), bukan 32 yang telah standar sejak tahun 1970. Di lain pertama, panel yang terikat bersama-sama, bukan dijahit.

Masing-masing dari 32 federasi memenuhi syarat menerima 40 bola cocok untuk tujuan pelatihan.

Spoiler for Jabulani 2010:


Keterangan :
The Jabulani Adidas adalah pertandingan bola resmi untuk Piala Dunia 2010 FIFA. Bola diresmikan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 4 Desember 2009. Jabulani berarti "merayakan" di Zulu.

Bola juga digunakan sebagai pertandingan bola tahun 2009 FIFA Club World Cup di Uni Emirat Arab, dan versi khusus dari bola, di Angola Jabulani, adalah pertandingan bola dari Piala Afrika 2010 Bangsa-Bangsa. bola ini juga digunakan dalam 2010 Turnamen Clausura Argentina serta musim MLS 2010 di Amerika Serikat pada liga warna biru dan hijau


Sumber = Google & wikipedia

1 komentar:

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments