Followers

Kamis, 24 Juni 2010

kegunaan biang es

PERNAH lihat bagaimana orang men”dinginkan” makanan dalam satu kotak, tapi es yang digunakan seperti lebih “berasap”? atau pernah melihat aksi panggung dengan kepulan asap yang “segar”? atau mungkin kamu pernah melihat bagaimana seculik “es” yang melesat ketika kamu lemparkan ke permukaan air?. Benda apakah itu? Apa kegunaannya? Dan berbahayakan bagi kamu?

Spoiler for gambar 1:


Benda itu bernama es kering atau dry ice. Yaitu karbondioksida yang “dibeku-kan” sehingga bisa digunakan sebagai pengganti es batu. Es kering ini tidak “mencair” namun menguap menjadi gas, disebut juga me-NYUBLIM. Tidak seperti sewaktu kamu menggunakan es batu biasa, menggunakan es kering tidak akan menyebabkan wadah menjadi basah atau lembab.

Es kering memiliki temperatur yg lebih rendah dari es biasa, yaitu -79oC (yaitu 79 oC dibawah titik nol). Walaupun nitrogen cair memiliki temperatur yang lebih rendah lagi, tapi nitrogen cair lebih repot untuk di bawa-bawa.

Es kering dibuat di pabrik yang khusus membuat itu, yaitu dengan cara “memasukkan” cairan karbondioksida ke ruangan yang bertekanan tinggi. Pada saat tekanan dikeluarkan, karbondioksida cair itu akan berubah menjadi butir-butir padat yang kemudian dibentuk menjadi dry ice alias es kering.

Dalam dunia panggung es kering yang di campur air akan membentuk asap dan kabut yang “mengalir” seperti air, yang memberi sensasi tersendiri.

Spoiler for gambar 2:


Hati-hati jika kamu ingin menyentuh es kering, suhu yang dingin dapat “merusak” tangan kamu. Gunakan sarung tangan untuk memindahkannya. Juga pastikan kotak penyimpan es kering memiliki ventilasi udara. Karena karbondioksida yang “menguap” dari es kering itu jika terkumpul, dapat bersifar racun.

Spoiler for gambar 3:


Ayo deh, cobalah bermain-main dengan es kering, pasti menyenangkan.*

sumber : http://b0cah.org/index2.php?option=c...dmin+b0cah.org.

1 komentar:

  1. ini diperjualbelikan secara umum tidak? trus harganya kisaran berapa? terima kasih

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments