Followers

Sabtu, 12 Juni 2010

Mengintip Keunikan Stasiun Grafiti Stockholm

Quote:
KETIKA mengunjungi Stockholm, Swedia, sangat dianjurkan untuk bepergian dengan menggunakan kereta api. Di kota kedua yang paling banyak dikunjungi di negara-negara Nordik ini, Anda akan menemukan sesuatu yang unik dan menarik saat mengunjungi stasiunnya.

Stasiun Metro Stockholm mempunyai dua bagian stasiun yang berbeda. Bagian pertama mengacu pada 53 stasiun kereta yang berada di lantai atas dan bagian kedua untuk 47 stasiun kereta di bawah tanah. Sehingga total keseluruhan stasiun Metro Stockholm mencapai 100 unit.

Selain bersih dan terawat dengan baik, stasiun Metro Stockholm, khususnya yang berada di bawah tanah menyajikan sesuatu yang berbeda dan unik. Selama menyusuri lorong-lorongnya, Anda bisa melihat berbagai karya artistik yang menghiasi dinding dan juga grafiti (lukisan dinding).

Setidaknya ada tujuh nomor stasiun di antara stasiun 10-19 yang memiliki tiga warna graffiti yaitu hijau, merah dan biru bergaris (blue lines). Setiap baris warna memiliki dua atau tiga baris nomor stasiun yang telah terhubung langsung ke lokasi Stockholm City Centre.

Berbagai warna dan kreasi begitu kental di stasiun Metro Stockholm. Mulai dari warna-warna gua batu, dinding berpintu kuning, arah panah yang unik hingga huruf M besar terpampang jelas di sana.

Beberapa karya berbentuk kubus yang menyatu dengan lantai ataupun dinding-dinding mosaik beraneka warna juga akan selalu nikmat untuk dipandang.

Saat ini, stasiun Metro Stockholm juga mempunyai stasiun bawah tanah baru. Stasiun tua Bagarmossen yang gagal digunakan, kemudian dibongkar dan kembali digunakan. Bahkan stasiun baru ini bisa Anda manfaatkan untuk menuju ke stasiun kereta Skarpnack..

Sejak pertengahan 1980-an, Metro Stockholm memang sengaja diwarnai dengan nilai seni grafiti yang begitu tinggi. Bahkan biaya grafiti dan tulisan lelucon lainnya yang dikeluarkan pengelola stasiun pada saat itu bisa mencapai Rp120 miliar per tahun.

Meski terkesan bebas, namun pihak pengelola stasiun Stockholm Transit System (SL) bersama pemilik MTR Corporation tetap memelihara lingkungan stasiun agar tetap kondusif .

Nah, jika berada di sini jangan lupa mengecek kedatangan kereta. Jangan sampai Anda ketinggalan kereta karena terlalau asyik melihat berbagai karya seni yang indah dan menarik. (*/OL-5)
Quote:
Spoiler for pic 1:


Spoiler for pic 2:


Spoiler for pic 3:


Spoiler for pic 4:


Spoiler for pic 5:


Spoiler for pic 6:


Spoiler for pic 7:


Spoiler for pic 8:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments