Followers

Rabu, 30 Juni 2010

Proses Pembuatan Bakpia Pathok Yogyakarta



Bakpia Pathok 25 Yogyakarta
Quote:

Ada yang belum pernah makan "BAKPIA", pastinya banyak yang udah pernah kan...makanan ringan yang terasa manis dilidah yang berisikan kacang hijau di dalamnya. Namun sekaran bakpia juga hadir dengan berbagai rasa, misalnya rasa buah - buahan , cokelat, maupun keju. Dengar kata bakpia pasti kita inget donk, tempat pembuatan bakpia yang paling terkenal, dimana lagi kalau bukan di Yogyakarta. Kali ini saya akan tampilkan salah satu pabriknya yang paling terkenal, yaitu Pabrik "BAKPIA PATHOK 25", udah pernah denger kan tentunya.

Spoiler for bakpia:



Perusahaan Bakpia Pathuk "25" terletak di jalan Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, desa Pathuk Yogyakarta. Lokasinya terletak di belakang Malioboro, sehingga memudahkan dalam pemasaran dan pengadaan bahan baku.

Bakpia sesungguhnya berasal dari Tiongkok. Aslinya bernama Tou Luk Pia. Artinya kue pia ( kue ) kacang hijau. Mulai diproduksi di kampung Pathok Yogyakarta, sejak sekitar 1948. Pada 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia bakpia lain dengan merek dagan nomor berlainan. Demikian pesatnya perkembangan “kue oleh oleh” itu hingga mencapai booming sekitar 1992.

Perusahaan Bakpia Pathok “25” mempunyai tiga toko cabang yakni dua toko cabang di jalan AIP KS Tubun dan satu toko cabang di jalan Bhayangkara. Toko toko cabang ini biasanya mengambil bakpia dari pusat produksi dengan merek dagang 25.

Spoiler for bakpia:



Tampak pekerja pekerja Bakpia Pathok "25" di Sanggrahan Pathuk, Yogyakarta,dengan tekun sedang mengisi adonan kulit dengan isinya ( kacang hijau ). Semua pekerja di sana mengenakan seragam kuning bertuliskan Bakpia Pathok 25.

Dalam pembuatan bakpia Pathok ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan yakni persiapan proses ( penyiapan bahan baku ), pembuatan adonan, pembuatan kumbu/isi, pencetakan, pemanggangan, pendinginan dan pengemasan.
Pendinginan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pengembunan saat produk dikemas yang dapat mengakibatkan penurunan daya simpan bakpia. Sebab, bila terjadi pengembunan dalam kemasan maka mengakibatkan tumbuhnya jamur.

"Pendinginan bakpia di perusahaan ini dilakukan dengan meletakkan hasil pengovenan di atas tampah dan diletakkan di atas rak pendinginan bertingkat yang terbuat dari kayu. Rak pendinginan tersebut dibuat dlam keadaan terbuka serta tidak dilengkapi dengan penutup," lanjut Fitri. Tahap selanjutnya adalah pengemasan, distribusi dan pemasaran.

Spoiler for bakpia:



Dimasa liburan sekolah dan libur Nasional produktifitas meningkat sehingga membutuhkan tenaga hingga sekitar 200 orang. Tampak suasana kesibukan pekerja pekerja di Perusahaan Bakpia Pathok "25

Spoiler for bakpia:



Sebelum dilakukan pemanggangan, bakpia yang sudah dicetak ditata dalam loyang. Untuk satu loyang kecil terdiri dari sekitar 54 buah dan untuk loyang besar kurang lebih 150

Spoiler for bakpia:



Sebelum melakukan pengovenan terlebih dahulu oven dilakukan pemanasan kurang lebih 30 menit atau sampai tercapai suhu yang diinginkan. "Pemanggangan dilakukan sekitar 5 menit. Nggak lama kok. Setelah 2 menit dilakukan pembalikan. Pembalikan di sini agar bakpia yang dihasilkan tidak mengalami kegosongan," jelas Fitri, salah satu karyawati.

Spoiler for bakpia:



Tampak Bakpia yang masih dalam keadaan panas dilakukan pendinginan di rak rak sebelum diletakan dalam keadaan ditumpuk tumpuk

Pengawasan Mutu
"Pengawasan produk jadi dilakukan dengan cara sortasi terhadap bakpia yang tidak memenuhi syarat atau standart. Untuk sortasi ini biasanya dilakukan dengan melihat bakpia yang tidak gosong, kenampakan menarik dan tidak cacat atau pecah," ujar Fitri, ramah.

Distribusi pemasaran
Dalam pemasarannya, pihak perusahaan Bakpia Pathuk "25" banyak bekerja sama dengan perusahaan Tour dan Travel, hotel hotel, sekolah sekolah dan perguruan tinggi. Perusahaan Bakpia Pathuk "25" itu sendiri dipimpin langsung oleh Bapak Arlen Sanjaya yang dalam hal ini dibagi antara bagian administrasi, pemasaran dan proses produk.

Spoiler for bakpia:



Plang Nama bakpia pathok 25

Spoiler for bakpia:



para pekerja telaten mengolah adonan

Spoiler for bakpia:



pekerjanya banyak juga ya

Spoiler for bakpia:



Bahan isi bakpia

Spoiler for bakpia:



Blok pembuatan bakpia yang isinya keju

Spoiler for bakpia:



Nah kalo ini isinya coklat

Spoiler for bakpia:



Gudang bahan baku bakpia

Spoiler for bakpia:



dapur pabrik

Spoiler for bakpia:



tempat pembelian oleh-oleh



Bakpia Emang Paling Enak !

Quote:
sumber :disini

3 komentar:

  1. Pakai mixer taiwan kami akan lebih memberikan hasil maksimal dalam pengocokkan telur dan pengadukkan tepung.
    Kunjungi website saya :

    http://www.breadtool.blogspot.com/

    Terima kasih dan sukses selalu!!!

    BalasHapus
  2. emang jogja kota kenangan ya

    BalasHapus
  3. paling suka rasa coklat, keju, sama ubi ungu, enak naan (y)
    maaf sekalian ngasih info nih, kalo ada yang mau pesen katering murah ada disini, dari nasi box sampai prasmanan dan ada berbagai macam menu yg bisa dipilih, cek dulu yaa :)
    Terimakasih..

    http://www.bumentik.com/search/label/Menu%20Buffet

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments