Followers

Rabu, 09 Juni 2010

Tazos, mainan idola yang kini tinggal kenangan

kalian pasti sudah tak asing lagi dengan mainan anak-anak yang satu ini, Tazos namanya. mainan ini memang sudah ada sejak saya kecil. tepatnya tahun 90 an lah. tazos adalah mainan anak berupa disk kecil yang biasanya bergambar tokoh-tokoh kartun anak-anak. Tazos pertama kali dibuat oleh Frito-Lay, yaitu sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari Pepsi Ltd yang berada di Amerika.

Spoiler for penampakan:


Tazos dibuat sebagai mainan hadiah dari minuman ringan dan snack ringan pada masa itu (walaupun ada yang menjual tazos secara terpisah). bagi anak-anak, mengoleksi tazos adalah satu hal yang sangat menarik, hal ini kemudian memicu kenaikan penjualan produk-produk yang memberikan hadiah tazos pada setiap penjualanya.

Karna kesuksesanya itulah maka kemudian tazos menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan produk anak-anak, bahkan di tahun 1992, terjadi invasi besar-besaran dimana tazos mulai dipakai di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

bentuk Tazos sendiri sebetulnya bermacam-macam, mulai dari lingkaran, segi delapan, sampai lingkaran bergerigi (bentuk inilah yang paling terkenal di Indonesia). bahan dasar pembuatanya pun bermacam-macam. ada yang dibuat dari plastik,seng, dan bahkan beberapa seri telah dihasilkan dari karton atau aluminium (seperti Australian Yu-Gi-Oh! Metallix seri. Tazos mulai menampilkan gambar-gambar karakter Looney Tunes, tetapi di seluruh dunia juga fitur Pokémon, The Simpsons, Star Wars, AFL dan NRL, Beyblades dan banyak lagi

berikut adalah berbagai variasi tazos yang pernah beredar :

Spoiler for tazos:

Spoiler for tazos:

Spoiler for tazos:

Spoiler for tazos:

Spoiler for tazos:


Tazos bisa dikoleksi dengan membeli produk makanan yang meberi hadiah tazos, atau dengan memainkanya (dimainkan dengan teman kita, jadi intinya kalo kita menang, tazos teman kita menjdi milik kita). berikut adalah beberapa cara memainkan tazos :

a. tembak sasaran
dua pemain atau lebih mengumpulkan tazosnya dengan jumlah sesuai kesepakatan, kemudian tazos yang terkumpul ditumpuk menjadi satu, kemudian setiap pemain bergantian menembak tumpukan tazos tadi , barang siapa yang bisa mengenainya, maka tumpukan tazos itu menjadi miliknya

b.gambar atau logo
setiap pemain memilih satu tazos jagoan, kemudian tazos dilempar. barang siapa yang tazosnya jatuh dalam posisi gambar berada di atas, maka dialah yang menang (cara permainan ini adalah yang paling sering dimainkan)

c.attack and defense
permainan ini membutuhkan sedikit pemikiran dan strategi, karna cara permainan ini hampir mirip dengan yu gi oh, jadi pada intinya kita mengolah tazos agar menjadi kombinasi tazos dengan nilai tertinggi (dihitung berdasarkan jumlah bintang yang tertera pada tazos).

d. congkel
setumpuk tacos di kumpul dengan gambar menghadap ke atas,, kemudian secara bergantian mencongkel tacos dari bagian paling bawah dengan menggunakan gaya pegas.. tacos ditaro 1/2 doank.. ditarik keatas trus di lepas gan.. trus tacos yang tertutup menjadi milik pencongkel..

Di Indonesia sendiri, tazos bisa didapatkan dengan membeli makanan ringan chiki.

Spoiler for Chiki, idola masa lalu:


Tazos di Indonesia yang paling terkenal adalah tazos pokemon, tazos ini tenar di tahun 2000 an, walaupun sebelumnya tazos looney tones lebih dulu tenar, tapi puncak ketenaran Tazos di Indonesia ya pas era Tazos Pokemon ini.

Spoiler for beginilah penampakan tazos pokemon:


Tapi kini, sayangnya tazos mulai jarang ditemukan. anak-anak jaman sekarang sudah maju, sudah banyak yang tak tertarik dengan mainan kenangan ini.
Sumber

2 komentar:

  1. Ada yang tau produsen yg memproduksi tazos? Ane baru gan dalam bidang snack. Mau coba utk masukin hadiah tazos dlm snack ane...mau booming-in lg tazos ini..jika ada kenalan mohon di bantu gan
    Ini nmr hp saya, 08973837001 a.n nino yosiano. Thx

    BalasHapus
  2. permisi, kalo ada yg mau jual tazos-tazos tersebut borongan dengan harga murah boleh gan...

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments