Followers

Sabtu, 17 Juli 2010

Gigi Kuning, Ini Dia Penyebabnya

Bertambahnya usia dan seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengadung zat pewarna menjadi salah satu faktor penyebab warna gigi kusam atau menguning.

Warna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen yang bisa menempel pada gigi. Begitu juga dengan keasaman makanan dan minuman. Keasaman membuat warna makanan mengikis gigi, sehingga gigi lembek dan chromogens mudah menempel.

Rutin menggosok gigi dan menghindari rokok merupakan salah satu cara agar gigi tetap sehat, putih, bersih. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda waspadai.


Ini dia deretan makanan & minuman penyebab gigi kusam, kuning dan bernoda :


Permen
Bahan utama dari permen adalah gula. Banyak mengkonsumsi permen ternyata juga mempengaruhi kesehatan gigi, tidak hanya akan membuat gigi bolong dan keropos tapi juga dapat meninggalkan noda pada gigi.

Minuman bersoda
Umumnya minuman bersoda mengandung bahan pewarna yang kaya akan asam dan chromogens.Jika diminum secara rutin, molekul pigmen yang terkandung akan menempel pada gigi sehingga gigi cepat kusam.

Minuman berenergi
Asam yang terkandung dalam minuman berenergi dapat melunakan email gigi. Dan jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini akan lebih cepat mengikis email gigi sehingga lebih gigi mudah menguning.

Teh hitam
Teh hitam kaya akan tannin dan chromogens yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Bukan hanya itu saja, teh hitam pun bisa meninggalkan kerak jika diminum terlalu sering. Untuk membuktikannya, seduh teh hitam pada cangkir dan diamkan selama lebih dari 5 jam. Buktikan apa yang terjadi, sisa noda teh pasti akan menempel pada dasar dan batas air teh pada cangkir.

Kopi
Kopi mengandung kafein yang lebih banyak daripada teh, sedangkan kafein itu mempunyai sifat mewarnai gigi. Apalagi kopi yang mempunyai ampas banyak, jika anda minum pasti ampas kopi akan menempel pada gigi anda dan itu yang menyebabkan perubahan wana gigi.

Saus
Saus kedelai, saus tomat, saus kari dan saus berwarna pekat lainnya juga diyakini potensial meninggalkan noda di gigi.

1 komentar:

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments