Followers

Senin, 06 September 2010

Sejarah IP MAN

kalian sudah pernah nntn IP Man?



Ip Man 1 & 2 diperankan oleh Donnie Yen. Ip Man 3 diperankan oleh Dennis To. Ketiga wajah (Ip Man asli, Donnie Yen dan Dennis To) sangat mirip terutama Donnie Yen dan Dennis To

Apakah anda menyebutnya dgn pelafalan inggris Ip Man seperti Superman, Batman, Spiderman, dll?

Taukah anda bahwa Ip Man sebenarnya adalah nama chinese yg diambil dari nama Yip Man (simplified Chinese: 叶问; traditional Chinese: 葉問; Mandarin Pinyin: Yè Wèn)

IP MAN (6 November 1893-2 December 1972)


Yip Man atau Ip Man dikenal sebagai ahli bela diri pertama yang mengajarkan Wing Chun (jenis bela diri) secara terbuka. Dia memiliki beberapa murid yang menjadi guru-guru bela diri, termasuk Bruce Lee.

Ip Man lahir dari pasangan suami istri Yip Oi-dor dan Ng Shui, dan merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara. Dia tumbuh dalam keluarga kaya di Foshan, Guangdong, dan menerima pendidikan cina tradisional. Kakak laki-lakinya bernama Ip Kai-gak, Kakak perempuannya bernama Ip Wan-mei dan adik perempuannya bernama Ip Wan-hum

Ip mulai belajar Wing Chun dari Chan Wah-shun ketika ia berumur 13 dan merupakan murid terakhir Chan karena Chan menerimanya sbg murid pada umur 70 tahun. Karena Chan sudah berumur, Ip harus belajar kemampuan dan tekniknya lebih banyak kepada murid tertua kedua Chan yaitu Ng Chung-sok. Chan meninggal 3 tahun setelah Ip memulai latihannya dan salah satu pesan kematiannya adalah agar Ng tetap melanjutkan mengajar Ip.

Pada umur 15, Ip pindah ke Hong Kong dengan bantuan relasinya, Leung Fut-ting. Satu tahun kemudian Ip bersekolah di St. Stephen's College. Sekolah menengah untuk keluarga kaya dan orang-orang asing yang tinggal di Hong Kong. Dalam suatu insiden ketika belajar di St. Stephen's College, Ip campur tangan setelah melihat seorang polisi asing memukuli seorang wanita. Polisi itu berusaha untuk menyerang Ip, tetapi Ip malah menjatuhkannya dan berlari ke sekolah bersama teman-temannya. Kemudian, salah satu temannya memberitahu kepada orang tua yang tinggal di apartemen Ip. Ip diundang untuk bertemu dengan orang tua itu dan ditanya kungfu apa yang dipelajarinya. Orang tua itu berkata kepada Ip bahwa, bentuk kungfu seperti itu "tidak terlalu hebat". Ip kemudian diperkenalkan dengan chi sao (bentuk latihan yang melibatkan serangan dan pertahanan yang terkendali). Ip melihat ini sebagai kesempatan untuk membuktikan kemampuannya, namun kemudian dikalahkan oleh laki-laki tersebut setelah hanya beberapa serangan. Lawan Ip ternyata adalah Leung Bik, kakak seperguruan Chan Wah-shun dan anak dari guru Chan, Leung Jan. Setelah pertemuan itu, Ip melanjutkan belajar dari Leung Bik.

Ip kembali ke Foshan ketika ia berumur 24 dan menjadi polisi. Ia mengajar Wing Chun kepada bawahannya, teman dan relasi, tetapi tidak menjalankan sekolah bela diri secar resmi. Beberapa dari murid informalnya yang lebih dikenal adalah Lok Yiu, Chow Kwong-yue (周光裕), Kwok Fu (郭富), Lun Kah (倫佳), Chan Chi-sun (陳志新) dan Lui Ying (呂應). Diantara mereka Chow Kwong-yue disebut sebagai yang terbaik, tetapi ia beralih ke perdagangan dan berhenti berlatih bela diri. Kwok Fu dan Lun Kah mengajar murid mereka sendiri dan ilmu Wing Chun di Foshan dan wilayah Guangdong diturunkan secara langsung dari mereka. Chan Chi-sun dan Lui Ying pergi ke Hong Kong tetapi tidak satupun dari mereka menerima murid. Ip hidup dengan Kwok Fu selama perang kedua Sino-Jepang dan hanya kembali ke Foshan setelah perang, dimana ia melanjutkan karirnya sebagai polisi. Ip meninggalkan Foshan ke Hong Kong pada tahun 1949 setelah Komunis mendirikan Republik Rakyat Cina di Cina daratan.

Ip meninggalkan warisan besar tentang Wing Chun yang telah mendunia. Beberapa murid-muridnya yang dikenal adalah: Leung Sheung, Leung Ting, Chu Shong-tin, Wong Shun Leung, Wong Kiu (王喬), Yip Bo-ching (葉步青), William Cheung, Hawkins Cheung, Bruce Lee, Wong Long, Wong Chok, Law Bing, Lee Shing, Ho Kam-ming, Moy Yat, Duncan Leung, Derek Fung Ping-bor (馮平波), Chris Chan Shing (陳成), Victor Kan, Stanley Chan, Chow Sze-chuen, Tam Lai, Lee Che-kong, Kang Sin-sin, keponakannya Lo Man-kam, dan anaknya Ip Ching dan Ip Chun.

Kuburannya Ip-Man:


Ini salah satu muridnya yg terkenal:




(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Yip_Man)

2 komentar:

  1. thanks artikelnya..atpi kok masalah iseri ip man gak da dibahas ya?

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan nya !

Jangan Lupa di Komentar ya !

-SatSutPut-

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments