Followers

Sabtu, 31 Juli 2010

Iwan Tirta , Maestro Batik Indonesia Telah Berpulang

Quote:


nama : Nusjirwan tirtaamidjaja (iwan tirta)
lahir : Blora, jawa tengah, 18 april 1935
pendidikan :
- school of oriental and african studies, london university
- master of laws, yale university
- fellowship dari yayasan adlai stevenson di perserikatan bangsa-bangsa.
Penghargaan:
- anugerah karya cipta putera bangsa bank bumiputera, oktober 2001
profesi: Desainer
galeri: Menteng, jakarta pusat
sumber: Berbagai sumber, antara lain kompas 18 april 2005
Quote:


Para pemimpin Negara mengenakan Batik Karya Iwan Tirta
Quote:
biografi



iwan tirta
desainer pecinta batik

dalam hal pelestarian budaya tradisional indonesia, namanya tidak diragukan lagi. Ia berhasil ‘menjual’ batik khas indonesia hingga ke mancanegara. Meskipun pendidikan formalnya adalah school of oriental and african studies di london university dan master of laws dari yale university, amerika serikat, ia justru menemukan dunianya sebagai desainer yang cinta batik.

Sumbangan pria kelhariran blora, jawa tengah, 18 april 1935 ini yang paling nyata adalah ketika dia berhasil mentransformasi batik dari selembar kain batik yang secara tradisional digunakan dengan dililitkan di tubuh menjadi gaun indah yang tidak kalah dengan gemerlap dari barat. Kepraktisan berbusana cara barat perlahan tetapi pasti memang telah menggerus cara berbusana tradisional perempuan jawa, dan iwan berhasil memadukan keindahan batik dengan kepraktisan pakaian ala barat.

Nusjirwan tirtaamidjaja yang dikenal dengan nama iwan tirta mulai bersentuhan dengan batik pada tahun 1960-an. Saat itu ia sedang bersekolah di amerika serikat. Selama di sana, ia sering mendapat pertanyaan tentang budaya indonesia yang kemudian membuatnya ingin mengenal lebih jauh budaya negerinya sendiri.

Sebenarnya, iwan tirta sudah bersentuhan dengan budaya khususnya budaya jawa sedari kecil. Iwan berdarah campuran purwakarta, jawa barat, dari ayahnya mr moh husein tirtaamidjaja, anggota mahkamah agung ri (1950-1958), dan sumatera barat dari ibunya yang berasal dari lintau. Iwan yang lahir di blora, jawa tengah, belajar mengenai budaya jawa ketika orangtuanya menjelma menjadi priayi jawa saat ditugaskan di jawa tengah.

Ketertarikan secara khusus kepada batik lahir ketika atas dana hibah dari dana john d rockefeller iii iwan mendapat kesempatan mempelajari tarian keraton kesunanan surakarta. Di sanalah iwan memutuskan mendalami batik dan bertekad mendokumentasi serta melestarikan batik. Hasil penelitiannya ia simpulkan dalam bukunya yang pertama, batik, patterns and motifs pada tahun 1966.

Kepekaan seni dan pergaulannya yang luas dengan berbagai kalangan dari timur dan barat membuatnya mampu membawa batik menjadi busana yang diterima bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Tiga puluh tahun kemudian, pemahaman dan pengalamannya tentang batik yang semakin matang ia tuangkan dalam bukunya batik, a play of light and shades (1996).

Selain merancang busana, iwan juga sampai kepada seni kriya lain. Berkat kedekatannya dengan kalangan keraton jawa, iwan mulai ‘bermain-main’ menumpahkan jiwa seninya ke atas perak. Motif modang, misalnya, dijadikan ragam hias pada tutup tempat perhiasan, sementara seperangkat tempat sirih peraknya menghiasi lobi hotel dharmawangsa di kebayoran baru, jakarta selatan. Ia juga mendesain perangkat makan porselen dengan menggunakan motif batik. Energi kreatifnya juga tersalur dengan merancang perhiasan yang inspirasinya dari perhiasan keraton.

Setelah puluhan berkarya, iwan membagikan sedikit kunci keberhasilannya. "kuncinya adalah pendidikan dan riset. Kita sangat kurang dalam dua hal itu," kata iwan yang selalu berkemeja batik dalam setiap acara, tetapi siap pula mengenakan celana pendek denim dengan kaus ketat ketika di rumah dan siap membatik.

Iwan terus mendokumentasikan motif batik tua, termasuk milik puri mangkunegaran, solo, ke dalam data digital dan ke atas kertas dengan bantuan pengusaha rachmat gobel. Data tersebut menjadi pegangannya dalam mengembangkan motif baru yang terus dia kembangkan sesuai selera zaman dengan tetap mempertahankan ciri khasnya, yaitu antara lain warna yang cerah dan motif berukuran besar.

Saat ibu negara ny ani yudhoyono memintanya untuk ikut menyumbangkan pemikiran dalam pengembangan batik sebagai ikon nasional, iwan mengutarakan keprihatinannya pada kondisi pendidikan, riset, dan kemampuan promosi indonesia sebagai negeri batik. "sekarang malaysia ke mana-mana mengaku batik sebagai milik mereka. Itu karena kita tidak punya kemampuan public relations," kata penerima anugerah kebudayaan 2004 kategori individu peduli tradisi ini.

Dengan fasih iwan menjelaskan di mana kekuatan batik jawa yang menjadi dasar batik nasional yang tidak bakal bisa ditiru negara lain. Pertama adalah adanya teknik yang pasti, yaitu penggunaan malam dan canting; kedua, adanya pakem berupa ragam hias dengan dasar geometris nongeometris; ketiga, jalinan erat dengan budaya lain; dan ketidakterikatan dengan satu agama tertentu.

"itu semua kekuatan batik indonesia yang tidak dipunyai bangsa lain, tetapi untuk mengeluarkan potensi ini perlu pendidikan dan riset," kata iwan kukuh.

Keyakinan itu dan tugas baru yang disandangnya membuat iwan bertekad akan mengabdikan hidupnya sebagai emban seni kriya indonesia. "tugas emban itu ya mengasuh, mendampingi, untuk semua, tidak hanya batik iwan tirta," tuturnya.

Dalam usianya yang semakin senja, iwan malah merasa masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikannya. "banyak hal yang harus dilakukan kalau ingin bertahan dan bahkan berkembang. Saya masih punya banyak ide untuk mengembangkan batik, perak, porselen, dan perhiasan, tetapi waktu kok rasanya singkat sekali," kata iwan di rumahnya yang kental dengan suasana indonesia. Dalam batinnya masih lekat keyakinan bahwa batik adalah hidupnya. "saya tidak melahirkan batik, tetapi saya akan terus mengasuh dan memelihara yang ada. Seperti tugas emban."

di teras samping rumahnya terpampang dua galaran yang padanya tersampir dua kain batik yang masih dalam proses pembuatan motif dengan menggunakan malam. "saya masih terus membatik, tetapi malam hari. Lebih enak karena sepi. Saya akan terus membatik sampai tanganku buyutan," kata iwan diiringi tawanya yang khas. Buyutan adalah istilah umum untuk tangan yang bergetar karena usia lanjut.

dan kurang lebih pukul 08.30 WIB tadi salah sati tokoh negeri ini berpulang ke sang Khalik.. Semoga amal ibadah beliau diterima disisiNya . terima kasih pak, telah kau harumkan nama negeri ini di mata dunia melalui karya-karya mu

sumber

Inilah Foto Keindahan Ejakulasi Dari Perut Bumi

Quote:
Spoiler for pic:

Ejakulasi terindah yang sempat terekam dari perut bumi, luar biasa !


Ini adalah merupakan foto yang sangat menawan dan menakjubkan dari sebuah fenomena alam indah yaitu letusan- erupsi gunung The Eyjafjallajökull di Islandia yang merupakan pulau terbesar kelima di dunia.

Letusan yang saat ini masih terjadi membuat sebanyak 500 orang yang tinggal disekitar gunung berapi yang masih aktif tersebut mengungsi dengan dibantu oleh Palang Merah Internasional. Keindahan yang sekaligus menjadi ancaman yang bisa merenggut banyak nyawa. Fenomena alam seperti ini menjadikan kita lebih mengerti dan mengagumi keindahan dari Maha Karya Sang Pencipta Alam semesta yang juga sekaligus mencuptakan dan mengatur kehidupan kita semua.


Spoiler for pic:

Ejakulasi Terindah dari perut bumi yang berhasil diabadikan dari sebuah letusan gunung berapi di Islandia


Telur Raksasa Terlihat di Kota Leeuwarden, Belanda

Quote:

Quote:
Eggs mark the spot in the town of Leeuwarden in the Netherlands. These sunny-side-up creations are the work of Dutch artist Henk Hofstra. His Art-Eggcident is open to all in the town’s Wilhelmina Square. The eight fried eggs have a diameter of 7.5 meters. Some have a bulging yolk 2.3 meters high. Members of the public have come out of their shell to engage with the artworks. The eggs will fry in the sun for the next six months… While breakfast lovers get to admire his extraordinary talent.
Quote:
Telur raksasa menandai tempat di kota Leeuwarden di Belanda. Kreasi ini adalah karya seniman Belanda Henk Hofstra. Seni Art Eggcident terbuka untuk semua di kota Wilhelmina Square. Delapan telur goreng memiliki diameter sebesar 7,5 meter. Beberapa memiliki kuning menonjol 2,3 meter. Anggota masyarakat telah keluar dari cangkang mereka untuk terlibat dengan karya-karya seni. Telur akan digoreng di bawah sinar matahari untuk enam bulan ke depan ... Sementara pecinta sarapan bisa mengagumi bakat yang luar biasa ini.
Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


SUMBER

Sepakbola yang Unik

Spoiler for 1:
Tahun 1997, pemain internasional Nigeria, Celestine Babayaro mengalami patah kaki saat merayakan gol pada pertandingan debut preseason bersama Chelsea


Spoiler for 2:
Tahun 1957, hanya tersisa 30 menit, Charlton Athletic berhasil membalikkan skor dari ketinggalan 5-1 atas Huddersfield Town menjadi kemenangan 7-6!


Spoiler for 3:
Kiper Arthur Wharton adalah pemain profesional berkulit hitam pertama. Dia lahir di Ghana dan bermain untuk tim liga Inggris Rotherham United tahun 1889


Spoiler for 4:
Klub ASEC Abidjan (Pantai Gading) tak tekalahkan selama 108 games dari thn 1989 – 1994!


Spoiler for 5:

Ada hal yang tak lazim terjadi pada jersey Los Merengues saat mereka bertanding melawan FC Zurich. Ya, mereka beraksi di tengah lapangan tanpa logo sponsor utama bwin.com.

Laman resmi Real Madrid menjelaskan hal itu disebabkan oleh hukum Swis yang hanya mengijinkan iklan situs judi dipasang jika perusahaan tersebut dimiliki oleh negara


Spoiler for 6:
Tahun 1950, India menarik diri dari Piala Dunia karena tidak diijinkan bermain tanpa alas kaki


Spoiler for 7:
Tahun 1954, Turki kalah dari Spanyol saat kualifikasi Piala Dunia karena batang jerami. Pemain Italia Franco Gemma menutup matanya dan mengambil batang jerami dan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan


Spoiler for 8:
Timnas negara Eropa selalu mencapai final di setiap gelaran Piala Dunia, kecuali tahun 1930 dan 1950


Spoiler for 9:
Carlos Caszely (pemain Chili) adalah pemain yang terkena kartu merah pertama di Piala Dunia, tgl, 14 Juni 1974


Spoiler for 10:
20 kartu merah dikeluarkan di sebuah pertandingan Sportivo Ameliano vs General Caballero (Paraguay) thn 1993


Spoiler for 11:
Tahun 1968, Penarol (klub Paraguay) hanya kemasukan 5 gol dalam 18 pertandingan liga dan tak terkalahkan sepanjang musim!


Spoiler for 12:
Penyerang Manchester City Emmanuel Adebayor berlari sejauh 90 meter hanya untuk merayakan golnya ke gawang Arsenal dihadapan pendukung The Gunners.

Kelakuan Adebayor ini sontak mendapat sambutan negatif dan menimbulkan sedikit kekacauan di tribun suporter Arsenal serta mengakibatkan seorang petugas lapangan jatuh pingsan.

Komisi disiplin Liga Primer Inggris berencana akan menjatuhkan hukuman bagi striker Togo tersebut


Spoiler for 13:
Tahun 1996, George Weah membayar sendiri kaos dan gaji pemain (sekaligus teammates) Timnas Liberia


Spoiler for 14:
Penguasa dataran Inggris di era tahun 80an Liverpool mengumumkan telah mencapai kesepakatan sponsorship dengan Standar Chartered selama empat tahun.

Kesepakatan ini diklaim sebagai yang terbesar dalam sejarah klub Liverpool, The Reds bahkan mengklaim hal ini bisa mengmbangkitkan rencana pembangunan stadion baru.

Media Inggris mengklaim perjanjian tersebut bernilai 20 juta poundsterling per tahun.

Jumat, 30 Juli 2010

10 Hal Teraneh Di Alam semesta

TOP 10 STRANGEST THINGS IN THE UNIVERSE

10. Hypervelocity star(Bintang hipercepat)
Spoiler for 10. Hypervelocity star:

Quote:
Bintang hipercepat (Inggris: hypervelocity star atau HVS) adalah bintang yang bergerak dengan kecepatan ekstrim (lebih dari 1000 km/detik). Bintang-bintang ini dihasilkan oleh sebuah perjumpaan (encounter) dinamik antara bintang ganda dekat dengan lubang hitam di Pusat Galaksi kita. Keberadaan bintang jenis ini pertama kali diformulasikan oleh Jack Hills[1] (1988) sebagai sebuah simulasi teoritik.
Yang ingin lebih tau tentang ini


9.Black Holes(lubang hitam)
Spoiler for 9.Black Holes:
Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.
Di pusat galaksi, lubang hitam sekitar 10.000 hingga 18 miliar kali lebih berat daripada matahari diperkirakan ada, diperbesar dengan menelan atas gas, debu, bintang-bintang dan lubang hitam kecil.
Yang ingin lebih tau tentang ini


8.Magnetars
Spoiler for 8.Magnetars:

Quote:
A magnetar is a type of neutron star with an extremely powerful magnetic field, the decay of which powers the emission of copious amounts of high-energy electromagnetic radiation, particularly X-rays and gamma rays.[1] The theory regarding these objects was proposed by Robert Duncan and Christopher Thompson in 1992, but the first recorded burst of gamma rays thought to have been from a magnetar was detected on March 5, 1979.[2] During the following decade, the magnetar hypothesis has become widely accepted as a likely explanation for soft gamma repeaters (SGRs) and anomalous X-ray pulsars (AXPs).
Sebuah magnetar adalah jenis bintang neutron dengan medan magnet sangat kuat, peluruhan yang kekuatan emisi jumlah berlebihan tinggi energi radiasi elektromagnetik, khususnya sinar-X dan sinar gamma. [1] Teori mengenai objek-objek ini diusulkan oleh Robert Duncan dan Christopher Thompson pada tahun 1992, tetapi tercatat pertama ledakan sinar gamma diduga dari magnetar terdeteksi pada tanggal 5 Maret 1979. [2] Selama dekade berikutnya, maka hipotesis magnetar telah menjadi diterima secara luas sebagai kemungkinan penjelasan untuk soft gamma repeater (SGRs) dan anomali X-ray pulsar (AXPs).Yang ingin lebih tau tentang ini


7. Neutrinos
Spoiler for 7. Neutrinos:
Neutrino adalah suatu partikel dasar. Neutrino mempunyai spin 1/2 dan oleh sebab itu merupakan fermion. Massanya sangat kecil, walaupun eksperimen yang terbaru (lihat Super-Kamiokande) menunjukkan bahwa massanya ternyata tidak sama dengan nol. Neutrino hanya berinteraksi lewat interaksi lemah dan gravitasi, tak satu pun lewat interaksi kuat atau interaksi elektromagnetik.
Karena dalam proses interaksi lemah, penampang nuklir sangat kecil, neutrino dapat melewati materi nyaris tanpa halangan. Untuk neutrino-neutrino tipikal yang dihasilkan di dalam Matahari (dengan energi beberapa MeV) diperlukan kira-kira satu tahun cahaya (~1016m) timbal untuk memblok setengah dari jumlahnya.
Quote:
Sekitar 150 miliar kecil, hampir partikel tak bermassa yang disebut neutrino saja melewatinya seakan bahkan tidak ada.Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka berasal dari bintang-bintang (hidup atau meledak), bahan nuklir dan dari Big Bang.
Yang ingin lebih tau tentang ini


6. Dark Matter(materi gelap)
Spoiler for 6. Dark Matter:

Spoiler for Dark matter(materi gelap):
Materi gelap adalah materi yang tidak dapat dideteksi dari radiasi yang dipancarkan atau penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut, tetapi kehadirannya dapat dibuktikan dari efek gravitasi materi-materi yang tampak seperti bintang dan galaksi. Perkiraan tentang banyaknya materi di dalam alam semesta berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya ada jauh lebih banyak materi daripada materi yang dapat diamati secara langsung. Terlebih lagi, adanya materi gelap dapat menyelesaikan banyak ketidakkonsistenan dalam teori dentuman dahsyat.
Sebagian besar massa di alam semesta dipercaya berada dalam bentuk ini. Menentukan sifat dari materi gelap juga dikenal sebagai masalah materi gelap atau masalah hilangnya massa, dan merupakan salah satu masalah penting dalam kosmologi modern.
Pertanyaan tentang adanya materi gelap mungkin tampak tidak relevan dengan keberadaan kita di bumi. Akan tetapi, ada atau tidaknya materi gelap ini dapat menentukan takdir terakhir dari alam semesta. Kita mengetahui bahwa sekarang alam semesta mengalami pengembangan karena cahaya dari benda langit yang jauh menunjukkan adanya pergeseran merah. Banyaknya materi biasa yang terlihat di alam semesta tidaklah cukup untuk membuat gravitasi menghentikan pengembangan, dan dengan demikian pengembangan akan berlanjut selamanya tanpa adanya materi gelap. Pada prinsipnya, jumlah materi gelap yang cukup di alam semesta dapat menyebabkan pengembangan alam semesta berhenti, atau kebalikannya (yang akhirnya membawa kita pada Big Crunch). Pada prakteknya, sekarang banyak anggapan bahwa gerakan-gerakan alam semesta didominasi oleh komponen lainnya, energi gelap.

Quote:
If you put all of the energy and matter of the cosmos into a pie and divvy it up, the result is shocking.
All of the galaxies, stars, planets, comets, asteroids, dust, gas and particles account for just 4 percent of the known universe. Most of what we call "matter" -- about 23 percent of the universe -- is invisible to human eyes and instruments.
For now.
Scientists can see dark matter's gravitational tug on stars and galaxies, but are searching feverishly for ways to detect it first-hand. They think particles similar to neutrinos yet far more massive could be the mysterious, unseen stuff.
Jika anda menempatkan semua energi dan materi alam semesta menjadi pai dan membagi-bagi itu, hasilnya mengejutkan.
Semua galaksi, bintang, planet, komet, asteroid, debu, gas, dan partikel terhitung hanya 4 persen dari alam semesta yang diketahui. Sebagian besar dari apa yang kita sebut "masalah" - sekitar 23 persen dari alam semesta - tidak terlihat mata manusia dan instrumen.
Untuk saat ini.
Para ilmuwan dapat melihat gravitasi materi gelap menarik-narik bintang dan galaksi, tetapi buru-buru mencari cara untuk mendeteksi itu tangan pertama. Mereka berpikir mirip dengan partikel neutrino namun jauh lebih besar bisa menjadi misterius, hal-hal gaib.
Yang ingin lebih tau tentang ini
5. Dark Energy (energi gelap)
Spoiler for 5. Dark Energy:
Spoiler for Menurut Wiki:
Dalam kosmologi, energi gelap adalah suatu bentuk hipotesis dari energi yang mengisi seluruh ruang dan memiliki tekanan negatif yang kuat. Menurut teori relativitas umum, efek dari adanya tekanan negatif secara kualitatif serupa dengan memiliki gaya pada skala besar yang bekerja secara berlawanan terhadap gravitasi. Yang ingin lebih tau tentang ini
Quote:
What really has everyone on the planet confused -- including scientists -- is dark energy. To continue with the pie analogy, dark energy is a Garfield-sized portion at 73 percent of the known universe. It seems to pervade all of space and push galaxies farther and farther away from one another at increasingly faster speeds. Some cosmologists think this expansion will leave the Milky Way galaxy as an "island universe" in a few trillion years with no other galaxies visible. Others think the rate of expansion will become so great that it will result in a "Big Rip." In this scenario, the force of dark energy overcomes gravity to disassemble stars and planets, the forces keeping particles sticking together, the molecules in those particles, and eventually the atoms and subatomic particles. Thankfully, humankind probably won't be around to witness to cataclysm.
Yang benar-benar telah semua orang di planet bingung - termasuk para ilmuwan - adalah energi gelap. Untuk melanjutkan pai analogi, energi gelap adalah bagian berukuran Garfield di 73 persen dari alam semesta yang diketahui. Sepertinya menyerap semua ruang dan mendorong galaksi jauh dan semakin jauh dari satu sama lain pada kecepatan semakin cepat. Beberapa ahli kosmologi mengira ekspansi ini akan meninggalkan galaksi Bima Sakti sebagai "pulau alam semesta" dalam beberapa triliun tahun tanpa terlihat galaksi-galaksi lain. Orang lain berpikir tingkat ekspansi akan menjadi begitu besar sehingga akan menghasilkan sebuah "Big Rip." Dalam skenario ini, gaya gravitasi energi gelap membongkar mengatasi bintang-bintang dan planet-planet, kekuatan-kekuatan partikel-partikel tetap bersatu, molekul-molekul dalam partikel-partikel tersebut, dan akhirnya atom-atom dan partikel-partikel subatomik. Syukurlah, mungkin manusia tidak akan sekitar untuk menjadi saksi bencana alam.
4. Planets
Spoiler for 4. Planets:
Quote:
Quote:
It might sound strange because we live on one, but planets are some of the more mysterious members of the universe. So far, no theory can fully explain how disks of gas and dust around stars form planets -- particularly rocky ones. Not making matters easier is the fact that most of a planet is concealed beneath its surface. Advanced gadgetry can offer clues of what lies beneath, but we have heavily explored only a few planets in the solar system. Only in 1999 was the first planet outside of our celestial neighborhood detected, and in November 2008 the first bona fide exoplanet images taken.
Mungkin kedengarannya aneh karena kita hidup di satu, tetapi planet adalah beberapa anggota yang lebih misterius dari alam semesta. Sejauh ini, tidak ada teori dapat sepenuhnya menjelaskan bagaimana disk gas dan debu di sekitar bintang membentuk planet - khususnya yang berbatu. Tidak membuat hal-hal yang lebih mudah adalah kenyataan bahwa sebagian besar dari sebuah planet yang tersembunyi di bawah permukaannya. Advanced gadget dapat memberikan petunjuk tentang apa yang ada di bawah, tapi kami punya sangat dieksplorasi hanya beberapa planet dalam tata surya. Hanya pada tahun 1999 adalah planet pertama di luar angkasa lingkungan kita terdeteksi, dan pada bulan November 2008 bonafide pertama planet ekstrasurya gambar yang diambil.
3. Gravity
Spoiler for 3. Gravity:
Quote:
The force that helps stars ignite, planets stay together and objects orbit is one of the most pervasive yet weakest in the cosmos Scientists have fine-tuned just about every equation and model to describe and predict gravity, yet its source within matter remains a complete and utter mystery. Some think infinitesimal particles called gravitons exude the force in all matter, but whether or not they could ever be detected is questionable. Still, a massive hunt is on for major shake-ups in the universe called gravitational waves. If detected (perhaps from a merger of black holes), Albert Einstein's concept that the universe has a "fabric" of spacetime would be on solid ground.
Kekuatan yang membantu bintang-bintang menyala, planet tetap bersama dan benda orbit adalah salah satu yang paling meresap namun terlemah di kosmos Para ilmuwan telah melakukan fine-tuned hampir setiap persamaan dan model untuk menjelaskan dan memprediksi gravitasi, namun sumber masalah dalam tetap yang lengkap dan mengucapkan misteri. Sebagian orang berpendapat sangat kecil yang disebut partikel graviton memancarkan kekuatan dalam segala hal, tetapi apakah mereka tidak pernah bisa dideteksi dipertanyakan. Namun, perburuan besar-besaran adalah selama menjabat-up utama di alam semesta yang disebut gelombang gravitasi. Jika terdeteksi (mungkin dari penggabungan lubang hitam), Albert Einstein konsep bahwa alam semesta memiliki sebuah "kain" dari ruang-waktu akan berada di tanah yang kokoh.
2. Life
Spoiler for 2. Life:
Quote:
Quote:
Matter and energy abound in the universe, but only in a few places is the roll of the cosmic dice perfect enough to result in life. The basic ingredients and conditions necessary for this strange phenomenon are better understood than ever before, thanks to abundant access to life here on Earth. But the exact recipe -- or recipes -- to go from the basic elements of carbon, hydrogen, nitrogen, oxygen, phosphorus and sulfur to an organism is a prevailing mystery. Scientists seek out new areas in the solar system where life could have thrived (or still may, such as below the surface of watery moons), in hopes of arriving at a compelling theory for life's origins.
Materi dan energi berlimpah-limpah di alam semesta, tapi hanya di beberapa tempat adalah gulungan dadu kosmis cukup sempurna untuk menghasilkan kehidupan. Bahan dasar dan kondisi yang diperlukan untuk fenomena aneh ini dipahami lebih baik daripada sebelumnya, berkat berlimpah akses kehidupan di Bumi. Tapi resep yang tepat - atau resep - untuk pergi dari unsur-unsur dasar karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor dan belerang ke sebuah organisme adalah sebuah misteri yang berlaku. Para ilmuwan mencari daerah baru di tata surya di mana kehidupan bisa berkembang (atau masih mungkin, seperti di bawah permukaan air bulan), dengan harapan untuk mencapai teori yang menarik bagi asal usul kehidupan.
1. The Universe (semesta)
Spoiler for 1. The Universe:
Quote:
The source of energy, matter and the universe itself is the ultimate mystery of, well, the universe. Based on a widespread afterglow called the cosmic microwave background (and other evidence), scientists think that the cosmos formed from a "Big Bang" -- an incomprehensible expansion of energy from an ultra-hot, ultra-dense state. Describing time before the event, however, may be impossible. Still, atom smasher searches for particles that formed shortly after the Big Bang could shed new light on the universe's mysterious existence -- and make it a bit less strange than it is today.
sumber energi, materi dan alam semesta itu sendiri adalah misteri tertinggi, baik, alam semesta. Berdasarkan Pijaran ekor yang tersebar luas yang disebut latar belakang gelombang mikro kosmik (dan bukti lain), para ilmuwan berpikir bahwa alam semesta terbentuk dari sebuah "Big Bang" - sebuah ekspansi dimengerti energi dari ultra-panas, ultra-negara padat. Menggambarkan waktu sebelum acara, bagaimanapun, mungkin mustahil. Namun, atom, pukulan keras mencari partikel yang terbentuk tak lama setelah Big Bang bisa menjelaskan baru tentang keberadaan misterius alam semesta - dan membuatnya menjadi sedikit lebih aneh daripada sekarang ini


Spoiler for sumber:

10 Masjid Tertua di Indonesia

Quote:
Berikut ini adalah 10 masjid tertua di indonesia, semua masjid-masjid ini dibangun di tanah air kita indonesia. Beberapa masjid berikut berumur mulai dari sekitar 700-400 tahun.

Quote:
1. Masjid saka tunggal (1288)
Spoiler for masjid saka tunggal:

Masjid Saka tunggal terletak di Desa Cikakak Kecamatan Wangon dibangun pada tahun 1288 sebagaimana terukir di Guru Saka (Pilar Utama) masjid. Tapi dalam membuat masjid ini lebih jelas ditulis dalam buku-buku kiri oleh para pendiri masjid ini adalah Kyai Mustolih. Tapi buku-buku ini telah hilang bertahun-tahun yang lalu. Setiap tanggal 27 rajab diadakan ziarah di masjid dan membersihkan makam Kyai Jaro Mustolih. Masjid ini terletak ± 30 km dari kota purwokerto. Disebut saka tunggal untuk membangun tiang yang digunakan untuk membentuk hanya satu tiang (tunggal). Yang menurut bp. Sopani salah satu pengurus masjid adalah bahwa pilar tunggal melambangkan bahwa ALLAH adalah hanya satu ALLAH swt. Di beberapa tempat terdapat hutan pinus dan hutan lainnya dihuni oleh ratusan monyet jinak dan ramah, seperti di Sangeh Bali.

Quote:
2. Masjid Wapauwe (1414)
Masjid ini masih terawat dengan baik.
Kebanyakan bangunan aslinya juga disimpan beberapa benda warisan seperti drum, tulisan tangan s Alquran ', sifat skala batu yang beratnya 2,5 kg, dan logam hiasan dan membaca huruf arab di dinding. Masjid juga masih berfungsi sebagai tempat doa sekitar penduduk.
Jika drum atau beduk dipukuli, maka suaranya akan terdengar sampai seluruh desa, mengundang orang untuk datang ke masjid untuk jemaat.
Spoiler for masjid wapauwe:

kitab suci Alquran tulisan tangan di masjid ini pernah dipamerkan di Festival Istiqlal di Jakarta. Beberapa tambahan baru adalah tempat wudlu, karpet, kipas dan listrik untuk pencahayaan.

Quote:
Quote:
3. Masjid ampel (1421)
Spoiler for masjid ampel:

Masjid Ampel adalah sebuah masjid kuno yang berada di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel, dan didekatnya terdapat kompleks makam Sunan Ampel.
Saat ini Masjid Ampel merupakan salah satu daerah tujuan wisata religi di surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan berarsitektur tiongkok dan arab.
Disamping kiri halaman Masjid Ampel, terdapat sebuah sumur yang diyakini merupakan sumur yang bertuah, biasanya digunakan oleh mereka yang meyakininnya untuk penguat janji atau sumpah.

Quote:
4. Masjid agung demak (1474)
Masjid Agung Demak adalah salah satu mesjid yang tertua di Indonesia. Masjid ini terletak di desa kauman, demak, jawa tengah. Masjid ini dipercayai pernah merupakan tempat berkumpulnya para ulama (wali) penyebar agama Islam, disebut juga Walisongo, untuk membahas penyebaran agama Islam di tanah Jawa khususnya dan INdonesia pada umumnya. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak, pada sekitar abad ke-15 masehi.
Spoiler for masjid agung demak:

Masjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut Saka Guru. Tiang ini konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai 'saka tatal' bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut saka majapahit.
Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di sana juga terdapat sebuah museum, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.

Quote:
5. Masjid sultan suriansyah (1526)
Spoiler for masjid sultan suriansyah:

Masjid Sultan Suriansyah adalah sebuah masjid bersejarah yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Tuan Guru (1526-1550), Raja Banjar yang pertama masuk islam.
Masjid ini terletak di utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, daerah yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan ibukota Kesultanan Banjar untuk pertama kalinya.
Arsitektur tahap konstruksi dan atap tumpang tindih, merupakan masjid bergaya tradisional banjar. Gaya masjid tradisional di banjar mihrabnya memiliki atap sendiri terpisah dengan bangunan utama. Masjid ini dibangun di tepi sungai di Kecamatan Kesehatan.
Quote:
6. Masijd Menara Kudus (1549)
Spoiler for masijd menara kudus:

Mesjid Menara Kudus (disebut juga sebagai Mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar) adalah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 masehi atau tahun 956 hijriah dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama dan terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mesjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.

Quote:
7. Masjid Agung Banten (1552-1570)
Masjid Agung Banten termasuk masjid tua yang penuh nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di pulau Jawa.
Masjid Agung Banten terletak di kompleks bangunan masjid di Desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama Kasultanan Demak. Ia adalah putra pertama Sunan Gunung Jati.
Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid ini adalah adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda china. Ini adalah karya arsitektur china yang bernama Tjek Nan Tjut. Dua buah serambi yang dibangun kemudian menjadi pelengkap di sisi utara dan selatan bangunan utama.
Spoiler for masjid agung banten:

Di masjid ini juga terdapat komplek makam sultan-sultan banten serta keluarganya. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar. Sementara di sisi utara serambi selatan terdapat makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin, dan lainnya.
Masjid Agung Banten juga memiliki paviliun tambahan yang terletak di sisi selatan bangunan inti masjid agung. Paviliun dua lantai ini dinamakan Tiyamah. Berbentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur belanda kuno. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel. Biasanya, acara-acara seperti rapat, dan kajian Islami dilakukan di sini.
Menara yang menjadi ciri khas sebuah masjid juga dimiliki Masjid Agung Banten. Terletak di sebelah timur masjid, menara ini terbuat dari batu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter, diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Untuk mencapai ujung menara, ada 83 buah anak tangga yang harus ditapaki dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang. Dari atas menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan di sekitar masjid dan perairan lepas pantai, karena jarak antara menara dengan laut hanya sekitar 1,5 km.
Dahulu, selain digunakan sebagai tempang mengumandangkan azan, menara yang juga dibuat oleh Hendick Lucasz Cardeel ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata.
Quote:
8. Masjid Mantingan (1559)
Spoiler for masjid mantingan:

Masjid Mantingan adalah masjid kuno di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Masjid ini dilaporkan didirikan di Kesultanan Demak pada tahun 1559. Didirikan oleh ubin lantai tinggi ditutup dengan cina buatan sendiri, dan juga kereta api-undakannya. Semua didatangkan dari Makao. Bubungan atap bangunan gaya termasuk china. Dinding luar dan dalam dihiasi dengan piring tembikar bergambar biru, sedang dinding sebelah tempat imam dan pendeta itu dihiasi dengan relief persegi bergambar margasatwa, dan penari penari diukir di batu kuning tua. Pengawasan pekerjaan konstruksi masjid ini tak lain adalah Babah Liem Mo Han. Di dalam kompleks masjid terdapat makam Sultan Hadlirin, suami dari Kanjeng Ratu Kalinyamat dan adik ipar Sultan Trenggono, penguasa terakhir Demak. Selain itu ada juga makam Waliullah Mbah Abdul Jalil, yang disebut sebagai nama lain Syekh Siti Jenar.
Quote:
9. Masjid Al-Hilal Katanga (1603)
Spoiler for masjid al-hilal katanga:

Masjid ini dibangun pada tahun 1603 masehi pada masa pemerintahan Taja Gowa-24, Aku Manga'ragi Daeng-Manrabbiakaraeng Lakiung, Sultan Alauddin. Kemudian pada tahun 1605 m, masjid ini benar-benar dirubah untuk diberi nama Masjid Katangka. Masjid berukuran 14,1 x struktur 14,4 meter dan sebuah bangunan tambahan 4,1 x 14,4 meter. Tinggi bangunan 11,9 meter dan 90 meter dinding tebel, bahan baku dari batu bata dengan atap ubin dan lantai porselen. Lokasi di Katangka, Gowa.
Quote:
10. Masjid Tua Palopo (1604)
Spoiler for masjid tua palopo:

Madjid Tua Palopo, didirikan oleh Raja Luwu bernama Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604 m, masjid yang memiliki luas 15 m2 ini diberi nama Orang Tua, karena usia yang sudah tua. Sedangkan nama Palopo diambil dari kata dalam bahasa bugis dan luwu memiliki dua arti, yaitu: Pertama, penganan yang terbuat dari campuran beras ketan dan air gula. Kedua, memasukkan pasak dalam lubang tiang bangunan. Kedua makna memiliki hubungan dengan proses pembangunan Masjid tua Palopo ini.

Share My Blog

Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

Recent Comments